Home » » Plt Gubsu Resmikan Website dan Call Center Tirtanadi

Plt Gubsu Resmikan Website dan Call Center Tirtanadi

Written By Faktaonlline.net on Monday, May 9, 2016 | Monday, May 09, 2016


Medan,faktaonline.net
Pelaksana tugas ( Plt ) Gubernur Sumatera H T Erry Nuradi meluncurkan kontak layanan konsumen Halo Tirtanadi dan website www.pdamtirtanadi.co.id Senin (9/5)  di Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Sunggal.
Kegiatan dirangkaikan dengan peresmian penambahan kapasitas IPA PDAM Tirtanadi menjadi 2.400 liter per detik serta peringatan Isra’  Mi’raj  1437 H.

Dalam sambutannya Plt Gubsu menyambut baik kontak layanan konsumen PDAM Tirtanadi yang bisa menjadi sarana efektif memperlancar arus komunikasi antara PDAM Tirtanadi dengan masyarakat pelanggan.
Ditambahkan Plt Gubsu,website dan nomor telepon Halo Tirtanadi nantinya akan link dengan program Smart Province Pemprov Sumut yang akan dimulai pada tahun anggaran 2016 ini.
“Saya mendorong ini, PDAM jangan kalah dengan PLN yang begitu banyak masalah pemadaman namun tetap bisa membuka diri, transparan dan menerima keluhan masyarakat. 
Saya berharap PDAM Tirtanadi mampu berikan pelayanan konsumen, operator  harus terlatih, yang miliki mental baik sehingga tidak ikut emosional menanggapi keluhan-keluhan pelanggan,” kata Erry.

Direktur Umum PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo menjelaskan untuk terus memberi pelayanan terbaik,sehingga lebih mendekatkan PDAM Tirtanadi dengan pelanggan. 
Call center Halo Tirtanadi yang bisa diakses pada nomor 1500-922 ini dibuka sejak Pkl 08.00-22.00 dimana keluhan akan dicatat dan diteruskan ke cabang-cabang. 
Selain itu, pihaknya melakukan Update website tirtanadi, sehingga melalui website itu pelanggan bisa melakukan register untuk mengetahui berapa tagihan setiap bulannya.”Ini upaya memberi informasi dan pelayanan terbaik,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu langsung menghubungi Halo Tirtanadi dan  berbicara dengan operator dan mencek langsung tagihan rekening air di kediamannya.
Plt Gubsu sebelum peresmian meninjau beberapa unit IPA yang sudah dibangun dan ditingkatkan kapasitasnya.    
Dari kapasitas 1.700 liter per detik, kini IPA Sunggal kapasitas bertambah 700 liter  per detik menjadi 2.400 liter per detik . 
Penambahan kapasitas 700 liter per detik, menurut Plt Gubsu diharapkan dapat menanggulangi deficit air seperti di kawasan Padangbulan, Helvetia, Medan Timur dan Medan Utara. 
“Target 83% cakupan pelayanan air bersih pada tahun 2019, menjadi kerja keras bagi direksi untuk membuat planning agar terwujud,” ujar Plt Gubsu. 
Dia berharap pelayanan PDAM Tirtanadi semakin baik memenuhi pelayanan dari sisi jumlah pelanggan yang bertambah dan kualitas air yang baik.
Mungkin masih banyak pipa yang belum dibersihkan, dan fasilitas lain perlu perbaikan sehingga kualitas air di rumah penduduk memuaskan. 
Dia mengatakan PDAM Tirtanadi hiangga saat ini belum memberi kontribusi terhadap PAD Provinsi Sumatera Utara. 
Hal ini,karena adanya aturan sebelum mampu melayani target pencapaian MDGS, belum wajib memberi PAD, dan keuntungan diinvestasikan kembali untuk meningkatkan pelayanan.

Kembali Plt Gubsu menekankan agar PDAM Tirtanadi terus meningkatkan pelayanan, untuk bangun instalasi yang ada. “Saya melihat instalasi jaman kolonial, di Sibolangit justeru sangat baik dan bertahan lama, jangan sampai yang dibangun sekarang cepat rusak. Perbaikan infrastruktur PDAM perlu diutamakan,” katanya.

Dirut PDAM Sutedi mengatakan pembanguanna IPA Sunggal berasal dari dana penyertaan modal Pemprovsu. “Terimakasih sebesarnya Pemprovsu dan DPRD yang telah bantu sehingga terakhir kali diresmikan 2006, maka tahun 2016 ini ada penambahan kapasitas 500 liter per detik yang baru, 200 liter per detik uprating,” ujarnya.
Pertambahan dari 2006-2016 lebih 125 ribu tambahan sambungan baru. “Ini menjadi penambahan pemikiran karena keterbatasan suplay, kedepan terus berupaya pembangunan instalasi baru dan jaringan baru, untuk mewujudkan tujuan program MDGS,” katanya.
PIhaknya mengatakan terimakasih business plan disetujui, diharapkan penambahan 2.200 liter per detik untuk medan cakupan diatas 83% terpenuhi pada 2019. 
Kendala selama ini adalah investasi, dan pemenuhan suplai air baku yang  sudah kritis. “Kami harap Program pembanguna SPAM Mebidang bisa didukung dan terwujud,” katanya.

Peringatan Isra’Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1437 H dengan penceramah  Al UStad Subki Al Bughury dari Jakarta. Pada kesempatan yang sama, Plt Gubsu didampingi istri Ny Evi Diana menyerahkan bantuan CSR PDAM Tirtanadi kepada warga kurang mampu dan anak yatim piatu di sekitar IPA Sunggal. 
Acara dihadiri Ketua Komisi C DPRD Sumut, para Direksi PDAM Tirtanadi, Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi dan ratusan pegawai PDAM.( red )

Post a Comment