Home » » Plt Gubsu Terima Audensi PW Aisyiyah Sumut

Plt Gubsu Terima Audensi PW Aisyiyah Sumut

Written By Faktaonlline.net on Senin, 09 Mei 2016 | Senin, Mei 09, 2016


Medan,faktaonline.net
Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi memberikan apresiasi kepada Pengurus Wilayah (PW) Aisyiyah Sumatera Utara yang secara konsisten melaksanakan program penanggulangan penyakit menular Tuerkulosis (TB) berbasis masyarakat. “Program Penanggulangan TB ini Aisyiyah ini adalah upaya dan peran serta untuk terlibat dalam pembangunan kesehatan di Sumut,” kata Erry Nuradi.

Hal itu disampaikannya saat menerima silahturahmi PW Aisyiyah Sumut  periode 2016-2020 di Kantor Gubsu, Rabu (4/5). 
Hadir dalam kesempatan itu Ketua PWA Sumut Hj Elynita, Sekretaris Azwinar Apt, Bendahara Yuniar R Yoga, Kpala SR TB Care Aisiyah Hj Radesnir, Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah Deliserdang Yenny Dermawan, Tim Advokasi TB Care Aisiyah SUmut  Roland Muary dan MonevTB Care Aisiyah Hadi Saputra Panggabean.  Sementara itu, Plt Gubsu didampingi Plt Kesbangpolinmas Zulkifli dan  Assisten Kesos OK Zulkarnain.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu mengungkapkan apresiasinya atas kerja keras Aisiyah dalam penanggulangan penyakit menular TB di Sumut. “Apa yang sudah dilakukan Aisiyah selama ini sangat positif, yang sebenarnya adalah tugas pemerintah, namun untuk percepatan penanggulangannya tentu semua elemen harus terlibat aktif mendukung dan membantu masyarakat termasuk Aisiyah,” ujar Erry.
Dia menilai, program dalam rangka membantu penyebuhan TB adalah hal yang sangat mulia. Karena masih banyak masyarakat yang belum faham mengenai gejala dan keluhan yang diderita serta kerap menganggap enteng sebagai batuk biasa.  
Melalui program penanggulangan TB berbasis masyarakat, Aisyiyah menurut  Erry berupaya dan berperan serta dalam pembangunan kesehatan di Indonesia dan pencapaian target Millineum Development Goals (MDGs). “Kegiatan seperti ini yang bentuknya pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan sangat positif dan baik sekali, kami atas nama pemerintah sangat menyambut baik dan memberi apresiasi,” ujar Erry.
Pihaknya akan membuat edaran ke pemerintah kabupaten/kota untuk mendukung Pengurus Daerah Aisyiyah di tingkat kabuaten/kota untuk penanggulangan penyakit TB dan HIV. “ Kami sangat bersyukur dibantu karena memang Dinas kesehatan provinsi memiliki kemampuan dan sumberdaya yang terbatas,” ujar Erry..                                                                                                                       

Selanjutnya secara khusus, Erry kemudian menyarankan agar Aisyiyah bisa ikut juga berpean aktif dalam program pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba. 
Hal itu mengingat dampaknya sudah begitu mengkhawatirkan terhadap kehidupan bernegara dan bermasyarakat. 
“Karena Aisyiyah memilki kader-kader yang tersebar di pelosok Suatera Utara, kalau bisa ditambah lagi program bagaimana bantu mengurangi penyalahgunaan narkoba,” pesan Erry kepada PW Aisyiyah Sumut yang baru saja terpilih pada Musyawarah Wilayah di Kisaran belum lama ini.

Ketua PWA Sumut Elynita  menjelaskan bahwa sebagai amanat Muktamar dan Tanwir ‘Aisyiyah, upaya penanggulangan TB ini dilakukan baik didaerah yang mendapatkan dukungan dari donor maupun secara mandiri. 
Program Community TB Care ‘Aisyiyah terus dikembangkan di 33 propinsi di seluruh Indonesia, termasuk Sumatera Utara.
Dijelaskannya,Program Community TB Care ‘Aisyiyah dilaksanakan sejak tahun 2012, dan belakangan ini program ditambahkan HIV/AIDS.
Dijelaskannya, untuk Kota Medan saja kami sudah temukan suspect TB sekitar 7.000 orang lebih, dimana setelah diperiksa ternyata 3,500 orang positif. 
Dari 3.500 sudah sembuh 1.200 orang. PW Aisiyah mencari dan mendidik kader-kader yang kemudian mencari orang yang terkena gejala penyakit TB dengan bekerjasama pihak dinas kesehatan serta kelompok masyarakat lainnya. 
Atas peran serta ini, PW Aisyiyah SUmut menerima penghargaan dari Walikota Medan selama dua tahun berturut atas kepedulian terhadap kesehatan.
Elynita mengatakan Angka TB Sumut termasuk tinggi yang merupakan terbanyak ke lima dari seluruh Indonesia. “Inshaallah kami akan lanjut ke daerah yang lainnya. Kami akan mendatangi para kepala daerah untuk menjalin kerjasama yang baik,”ujarnya. Dalam kesempatan itu, Elynita menyampaikan undangan kepada Plt Gubsu agar dapat menghadiri acara Peringatan Hari TB sedunia di Kota Medan pada 14 Mei mendatang di Gelanggang Remaja.( rel )

Posting Komentar