Home » » Semarakan Bulan Suci, Erry Gagas Pondok Ramadhan Sumatera Utara (PRSU)

Semarakan Bulan Suci, Erry Gagas Pondok Ramadhan Sumatera Utara (PRSU)

Written By Faktaonlline.net on Sunday, May 29, 2016 | Sunday, May 29, 2016


Medan,faktaonline.net --Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi menggagas acara PRSU(Pondok Ramadhan Sumatera Utara) dalam menyambut bulan suci ramadhan yang diperkirakan akan jatuh pada tanggal 6 Juni 2016.
Kampusi Promo sebagai pihak Promotor dan even organizer akan menggelar Pondok Ramadhan Sumatera Utara dari tanggal 6 Juni – 5 Juli 2016, dengan diisi berbagai perlombaan dipusatkan di arena eks PRSU Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto Medan.
“Pondok Ramadhan” yang akan digelar selama 1 bulan di area Eks Tapian Daya oleh Kampusi Promo dikemas dengan konsep yang berbeda. Area eks Tapian Daya misalnya, nanti akan dibuat bersuasana Timur tengah mulai dari pintu masuk hingga ke Panggung Utama di bagian belakang. Ada pula area yang disulap seolah padang pasir dengan ikon unta dan pohon kurma sebagai ornamennya yang menarik sebagai tempat mengabadikan foto selfie pun welfie. Meski demikian atmosfer Sumatera Utara tetap ditonjolkan dengan hadirnya 12 stand makanan kuliner dari 12 etnis di Sumut.
Pimpinan Kampusi Promo Herwin didampingi Project Officer Iwan Sarlep dan Media Komunikasi Diurnanta Qelanaputra kepada pers Selasa mengatakan, di antara artis yang akan tampil di Pondok Ramadhan adalah grup Wali, Rhoma Irama, Opick dan lainnya. Wali dijadwalkan manggung pada pembukaan secara resmi pada tanggal 10 Juni 2016, namun soft opening Pondok Ramadhan digelar sejak 6 Juni 2016.
Herwin menjelaskan lagi, kehadiran kuliner dari 12 etnis di Sumut ini memang khusus, dalam arti tidak ada stand kuliner makanan lainnya.
Hal ini bertujuan untuk mengangkat harkat kuliner daerah dan juga mempopulerkannya kepada masyarakat khususnya umat Islam. Untuk masuk ke arena Pondok Ramadhan tidak dikenakan biaya alias gratis.
Sedangkan pada malam hari, di tempat yang sama diadakan secara rutin kegiatan sholat taraweh berjamaah yang diikuti oleh peserta lomba, serta pengunjung. Sementara peserta lomba sendiri nantinya akan diwajibkan mengikuti pesantren selama 2 hari di bawah bimbingan Al Ustadz Rizal.
Selain “Pondok Ramadhan” yang dipusatkan di arena eks PRSU Tapian Daya, Kampusi Promo juga menggelar “Lintas Ramadhan” di 5 kota yaitu Sibolga, Padang Sidempuan, Rantau Prapat, Kisaran dan Tebing Tinggi.
Adapun lomba-lomba di “Pondok Ramadhan” nanti adalah Lomba Adzan Anak-anak pada 11-12 Juni 2016, Lomba Shalawat Remaja (14-15 Juni 2016), Lomba Kaligrafi Islam (18-19 Juni 2016), Kompetisi Hijab Remaja (18-19 Juni 2016), Lomba Saritilawah (21-22 Juni 2016), Lomba Marhaban Putra (25-26 Juni 2016), dan Lomba Band Religi (28-29 Juni 2016). Sedangkan pada “Lintas Ramadhan” di setiap kota akan diadakan Lomba Nasyid dan Lomba Band Religi.
Setiap lomba memperebutkan hadiah Pertama Rp 5 Juta, hadiah II Rp 3 Juta , hadiah III Rp 2 Juta ditambah tropi dan piagam penghargaan. Pendaftaran peserta Pondok Ramadhan dibuka sampai tanggal 2 Juni 2016 di Sekretariat Panitia Kampusi Promo, Jalan Sampul 20 Medan dan tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. Sedangkan untuk Lomba Nasyid dan Band Religi di Lintas Ramadhan di sekretariat masing-masing kota.( red )


Post a Comment