Home » » Kota Medan Raih 3 Kategori Penghargaan Indonesia’s Atractiveness 2016

Kota Medan Raih 3 Kategori Penghargaan Indonesia’s Atractiveness 2016

Written By Faktaonlline.net on Friday, September 23, 2016 | Friday, September 23, 2016


Medan,faktaonline.net - Kota Medan berhasil menyabet 3 kategori penghargaan di acara Indonesia’s Artactiveness Award 2016 di Ballroom 2 Hotel Mulia Senayan Jalan Asia Afrika Jakarta, Kamis (22/9).
Penghargaan ini diberikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diwakili Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara kepada Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi
Ketiga kategori itu meliputi Kota Terbaik, Kota Terbaik Kategori Investasi serta Kota Terbaik Per Koridor MP3EI.
Penilaian Indonesia Attractiveness Indeksi ( IAI) ini dalakukan terhadap kabupaten/kota yang lolos nominasi dengan 3 indikator yakni kontribusi PDRB terhadap PDRB Provinsi diatas 25% atau PDRB diatas rata-rata PDRB Koidor MP3Ei. Kemudian pertumbuhan PDRB lebih besar dari rata-rata pertumbuhan koridor MP3EI atau PDRB Per Kapita lebih besar dari rata-rata PDRB Per Kapita Koridor MP3EI. Serta kabupaten/kota yang tidak lolos indicator pertama dan kedua tapi mndapatkan penghargaan IAA tahun 2015. Dari ketga kriteria tersebut, terdapat 99 kabupaten dan 33 kota yang lolos nominsi, termasuk Kota Medan (total 137 kabupten/kota).apalagi ini Selain itu pngukuran IAI 2016 ini juga menggunakan empat dimensi yakni investasi, pelayanan public, infrastruktur dan pariwisata. Seluruh dimensi penilaian dilakukan berdasarkan data sekunder dan data primer, kecuali pelayanan public yang dinilai bedasarkan data primer.Sedangkan data sekunder untuk dimensi investasi, infrastruktur dan pariwisata berasal dari berbagai instansi seperti BKPM, BPS, Bank Indonesia dan kementrian-kementrian. kota
Sementara itu untuk pengumpulan data primer dilakukan dengan cara Mystery Calling terhadap 12 institusi di masing-masing kabupaten dan kota.
Diharapkan melalui event dapat meningkatkan kesadaran Kepala Daerah akan pentingnya menjadikan daerah mereka sebgai tujuan investasi pembangunan dan pembangunan daerah. Lalu memberikan inspirasi kepada kepala daerah untuk membangun strategi-strategi yang lebih terarah dan jela dimasa depan. Serta memberikan informasi kepada investor terhadap kesempatan bisnis untuk investasi-investasi di daerah potensi di Indonsia.
Itu sebabnya Menteri Kominfo sangat mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya Indonesia’s Attractiveness Award 2016 yang diselenggarakan Tempo Media Group bekerjasama dengan Frontier Consulting Group ini. Sebab, kegiatan ini mendukung program pemerintah dalam upaya mendorong peningkatan investasi.
 “Apalagi pemberian pemberian penghargaan Attractiveness Award 2016 ini mengunakan empat dimensi yaitu investasi, infrastruktur, pelayanan publik dan pariwisata.
Kita harapkan event ini mampu mendorong untuk berkompetisi dengan era global saat ini,” kata Rudiantara.
Selanjutnya, Rudiantara menambahkan pemenang Indonesia’s Attractiveness Award 2016 ini karena APBD-nya memiliki ruang fiscal yang cukup baik sehingga pemerintah kabupaten/kota dapat menarik investor untuk berivestasi.
Di samping itu juga tidak terlepas dari sosok kepala daerahnya yang memiliki jiwa leadership.
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengaku sangat bangga atas keberhasilan yang diraih Kota Medan ini. Apalagi penghargaan ini merupakan gawean dari Tempo Media Group dan dan lembaga survei yang sudah tak diragukan lagi kredibiltasnya yakni Frontier Consulting Group. Ditambah lagi untuk kategori Kota Terbaik, Kota Medan menempati peringkat ketiga dengan indeks 88,17 sehingga mendapatkan kriteria platinum di bawah Kota Bandung ( 92,00) dan Kota Surabaya (89,85).
Begitu juga untuk kategori Kota Terbaik Kategori Investasi,Kota Medan juga menempati peringkat ketiga dengan indeks 90,65 di bawah Kota Bandung (91,70) dan Kota Surabaya (90,65).
Menurut Eldin, penghargaan ini tentunya semakin memotivasi seluruh jajaran Pemko Medan untuk bekerja lebih lebih keras dan baik lagi dalam rangka menjadikan Koa Medan lebih baik lagi ke depannya.
Menyangkut investasi, Eldin mengaku terus berupaya menarik para investor untuk berinvestasi di Kota Medan.
“Selain menjalin kerjasama dengan sejumlah negara yang tertarik menawarkan kerjasama, kita juga menjalin hubungan sister city seperti dengan Kota Gwangju (Korea), Ichikawa (Jepang), Chengdu (Cina) dan Penang (Malaysia).
Selain itu juga melakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah kota di Indonesia,” jelas Eldin. Tidak itu saja kata Eldin, Pemko Medan juga memberikan insenif bagi para investor yang ingin berinvestasi dnegan memberikan kemudahan segala pengurusan perizinan.
Kemudian terus memperbaiki infrastruktur jalan serta peningkatan kualitas pelayanan
”Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini, semakin banyak investor yang berinvestasi di kota yag kita cintai ini,” harapnya.
Selanjutnya Eldin mendediksikan penghargaan ini kepada seluruh warga Kota Medan.
“Keberhasilan yang kita raih malam ini tidak terlepas berkat dukungan seluruh warga kota Medan, Untuk itu penghargaan ini saya dedikasikan untukseluruh warga Kota Medan,” ujarnya.
 Untuk kategori Kota Terbaik Per Koridor MP3EI, penghargaan kepada Wali Kota Medan diserahkan langsung Menteri Kominfo. Sedangkan untuk kategori Kota Terbaik, penghargaan yang diterima Eldin diserahkan Meneri Pendayagunaan Apratur Negara, Asman Abnur. Semenara iu penyerahan penghragaan Kota Terbaik Kaegori Invesasi dilakukan oleh CEO Frontier Consulting Group, Handi Irawan(red)

Post a Comment