Home » » Gubsu Terima KPID Sumut Award 2016

Gubsu Terima KPID Sumut Award 2016

Written By Faktaonlline.net on Kamis, 15 Desember 2016 | Kamis, Desember 15, 2016

TERIMA KPID SUMUT AWARD 2016 -  Gubernur Sumatera Utara Ir H T Erry Nuradi MSi,menerima penghargaan KPID Sumut Award Tahun 2016 di Hotel Grandhika Internasional Jl. Dr. Mansyur No. 169 Medan Kamis (15/12).

Medan,faktaonline.net -  Sebagai bentuk penghargaan kepada insan, lembaga dan tokoh penyiaran, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut menggelar KPID Sumut Award 2016.
Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grandhika Internasional Jl. Dr. Mansyur No. 169 Medan Kamis siang (15/12).
Dalam kegiatan ini Gubernur Sumut Ir H T Erry Nuradi MSi, turut menerima award karena peranserta dan dedikasinya terhadap dunia penyiaran di Sumut khususnya selama menjabat sebagai kepala daerah di Kabupaten Sergai dan juga di Provinsi Sumut.
Dalam sambutannya Gubsu Erry Nuradi mengapresiasi terselenggaranya KPID Award 2016,dan Gubsu berharap dengan adanya KPID Award akan semakin memacu lembaga penyiaran lainnya untuk menghasilkan program-program yang berkualitas dan bermutu untuk masyarakat Sumut.
Dia juga berharap, lembaga penyiaran menyiarkan hal-hal positif yang dilakukan Pemprovsu seperti program pencegahan korupsi bersama KPK.
 "Kegiatan ini sangat positif sekali, karena manajemen yang baik ditandai dengan adanya reward dan punishment. Tetapi, dalam konteks pencegahan yang kita lakukan bersama KPK, tidak banyak yang beritakan, tetapi kalau penindakan akan menjadi headline di media masing-masing ,"ujar Gubsu lagi. Tidak hanya mengharapkan lembaga penyiaran menyuguhkan konten yang mendidik, Gubsu juga berharap lembaga penyiaran menyajikan konten-konten lokal yang bermutu. Begitu juga dengan penayangannya dilakukan di saat prime time.
Gubsu juga meminta KPID Sumut terus melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran sehingga tercipta tontonan yang mengedukasi, bermutu dan berkualitas.
"Selama ini kita lihat konten lokal disajikan pada Pukul 02.00 sampai Subuh. Kalau siang antara Pukul dua siang saat orang sibuk kerja atau istirahat. Saya berharap kedepan konten-konten lokal ini disajikan saat Primetime sehingga masyarakat bisa melihat konten lokal yang bermutu,"tuturnya. Sementara itu Ketua KPID Sumut Parulian Tampubolon mengatakan ajang KPID Sumut award 2016 merupakan ajang penghargaan kepada tokoh, insan penyiaran dan lembaga penyiaran yang berjasa dan memberikan program-program acara yang dianggap baik, sehat dan bermutu sehingga memberikan efek yang positif kepada masyarakat Sumut.
 "Penghargaan ini diberikan kepada insan penyiaran, kepada tokoh-tokoh penyiaran yg dianggap perduli dengan penyiaran. Baik karena eksistensinya maupun dari kemajuan dari industri penyiaran itu. Sehingga industri itu akan eksis dan berkembang sehingga nilai ekonomisnya semakin tinggi. Setelah nilai ekonomisnya semakin tinggi maka sudah pasti nilai kegunaannya dan manfaatnya kepada masyarakat semakin tinggi,"ujar Parulian.
Lebih lanjut dikatakan Parulian selama ini pihaknya juga ada menyoroti beberapa program acara yang tidak sesuai dengan undang-undang, dan tidak menjalan Pedoman Prilaku Penyiaran. Terhadap program tersebut pihaknya memberikan teguran atau sanksi dan diumumkan kepada masyarakat. "Sebagaimana saran pak Gubernur, maka tidak hanya penghargaan saja yang diumumkan, lembaga penyiaran yang tidak memenuhi Undang-undang penyiaran minimal kita umumkan juga. Dengan harapan setelah dua tiga kali diumumkan mereka akan berfikir untuk membuat program yang tidak baik lagi,"ujarnya.
Disinggung soal konten lokal, menurut Parulian KPID terus mendorong lembaga penyiaran menyajikan konten lokal. Termasuk lembaga penyiaran yang menerima award merupakan lembaga penyiaran yang memiliki konten lokal.
 "Soal jam tayang kita sedang berusaha, dan kita pernah menggugat lembaga-lembaga penyiaran itu untuk memenuhi kriteria jam tayang dan konten lokal. Sudah kita layangkan ke pengadilan negeri sesuai undang-undang. Waktu itu sudah perjajian dimediasi pengadilan supaya mereka melaksanakan konten lokal. Soal jam tayang di saat prime time sudah kita usulkan,"pungkasnya.(red)

Posting Komentar