Home » » PENATAUSAHAAN ASET DAERAH HARUS LEBIH BAIK

PENATAUSAHAAN ASET DAERAH HARUS LEBIH BAIK

Written By Faktaonlline.net on Selasa, 13 Desember 2016 | Selasa, Desember 13, 2016

PENATAAN ASET  - Asisten Umum Pemerintah Kota Medan, Ikhwan Habibi Daulay, SH, MH ketika membuka acara Pembekalan Penyusunan Laporan Keuangan Bidang Aset Bagi Pengurus dan Penyimpan Barang SKPD dan UPB SKPD di Lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2016, di Inna Dharma Deli Hotel, Medan,Selasa (13/12).

Medan,faktaonline.net -  Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S, M.Si yang diwakili oleh Asisten Umum Pemerintah Kota Medan, Ikhwan Habibi Daulay, SH, MH  membuka acara Pembekalan Penyusunan Laporan Keuangan Bidang Aset Bagi Pengurus dan Penyimpan Barang SKPD dan UPB SKPD di Lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2016, Selasa (13/12) di Inna Dharma Deli Hotel, Medan.
Arahan Walikota yang dibacakan Ikhwan Habibi Daulay mengatakan,setiap tahun kualitas pengelolaan aset juga menjadi salah satu indikator penting meraih keberhasilan penyusunan laporan keuangan. Karenanya kegiatan pemberkalan ini menjadi bernilai strategis dan sangat penting mengingat dinamika penyelenggaraan pengelolaan barang daerah yang terus berkembang setiap tahunnya.
Untuk itu dirinya berharap pembekalan ini dapat diikuti dengan serius oleh peserta dan menjadi wahana sosialisasi dan edukasi yang efektif dan berdaya guna tinggi dalam membangun sistem penatausahaan aset yang baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Kita sudah harus mengimplementasikan standar akuntansi berbasis akrual dalam penyusunan laporan keuangan Pemerintah Kota Medan. Keluarnya Permendagri No 19 Tahun 2016 menuntut kita terus belajar dan melakukan penyesuaian dalam pengelolaan dan penatausahaan barang daerah sesuai ketentuan tersebut,” ujar Ikhwan Habibi yang didampingi Kepala Inspektorat Kota Medan, Drs. Farid Wajedi.
Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia, Kepala Bagian Perlengkapan dan Aset Setda Kota Medan, Drs. Agus Suriyono dipaparkan pembekalan ini sebagai media lanjutan sosialisasi Peraturan Pemerintah No 27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah serta Permendagri No 19 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, peningkatan kualitas SDM pengelola, pengurus dan penyimpan barang sehingga seluruh pengurus dan penyimpan barang lebih memahami tata cara pelaporan barang yang baik dan benar. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan mendukung program Pemko Medan untuk meraih kembali penilaian WTP dari BPK RI.
Selanjutnya, kegiatan ini sendiri berlangsung selama 4 (empat) hari dimulai dari Selasa (13/12) sampai dengan Jumat (16/12) yang diikuti oleh seluruh pengurus dan penyimpan barang SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan.
“Sebanyak 818 orang peserta dari seluruh pengurus dan penyimpan barang di SKPD akan mengikuti pembekalan selama 4 (empat) hari kedepan, dengan narasumber yang berasal dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Inspektorat Kota Medan, serta Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Medan,” papar Agus Suriyono.(red)

Posting Komentar