Home » » Prof Dr H A Ya'kub Matondang, MA : UMA Berorientasi Kepada Perluasan Akses Pendidikan dan Peningkatan Mutu

Prof Dr H A Ya'kub Matondang, MA : UMA Berorientasi Kepada Perluasan Akses Pendidikan dan Peningkatan Mutu

Written By Faktaonlline.net on Minggu, 18 Desember 2016 | Minggu, Desember 18, 2016

Medan,faktaonline.net -  Rektor Universitas Medan Area (UMA) Prof Dr H A Ya'kub Matondang, MA menegaskan UMA sebagai lembaga pendidikan tinggi telah melaksanakan fungsinya dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi selama 33 tahun.
Sebagai sebuah perguruan tinggi, usia 33 tahun adalah sebuah usia yang cukup dewasa dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga tinggi.
"Dalam  rentang waktu lebih seperampat abad, UMA semakin meningkatkan peran pengabdiannya di dunia pendidikan tinggi.Pengembangan UMA ke depan, tetap berorientasi kepada pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing serta penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik,”ujar Rektor UMA Prof Dr H A Ya'kub Matondang, MA, di acara wisuda sarjana dan pasca sarjana UMA, priode II tahun 2016, di kampus utama UMA, jalan Kolam, Medan Estate, Sabrtu (17/12/2016).
Para alumni UMA yang  diwisuda berjumlah 1070 orang.  Terdiri dari lulusan S1 871 orang yang berasal dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Biolologi dan Fakultas Psikologi. Sedangkan S2 berjumlah 199 orang yang berasal dari program studi Magister Admintrasi Publik, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Hukum dan Magister Psikologi.
Hadir di acara wisuda, Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) Drs H M Erwin Siregar, MBA, Koordinator Koopertis Wilayah - I Prof Dian Armanto, MPd, MA, MSc, PhD, orangtua wisudawan dan para undangan
Rektor UMA. Prof Dr H A Ya'kub Matondang, MA menjelaskan wisuda merupakan langah awal yang menandai kesuksesan dalam menyelesaikan studi pada strata tertentu dan kemampuan yang sesungguhnya akan diuji di tengah masyarakat.Alumni yang bermutu adalah alumni yang bisa memenuhi standar mutu pendidikan yang diukur dari seberapa besar manfaatnya bagi stake holder, baik dari kalangan internal maupun eksternal.
H A Ya'kub Matondang mengatakan pendidikan pada dasarnya adalah usaha untuk mencerdaskan dan menjadikan alumni menjadi insan kompetitif serta relevan bagi kebutuhan masyarakat global.Untuk itu selama mengikuti perkuliahan di UMA, para wisudawan telah dibekali dengan kompetensi utama yang terdiri dari atas tiga komponen yang terintegrasi yaitu keilmuan, kepribadian dan kewirausahaan.
“Secara kelembagaan, UMA telah membentuk Lembaga Penjamin Mutu (LPM) yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk menangani masalah Penjamin Mutu Internal.UMA secara lengkap telah menyampaikan laporan Evaluasi Program Studi Berdasar Evaluasi Diri (EPSBED) yang merupakan basis data untuk penjamin mutu. Sementara itu, proses pembelajaran UMA menggunakan metode student centered learning (SCL). Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat terlibat aktif untuk mengembangkan pengetahuan, sikap dan prilaku sekaligus diharapkan dapat mengembangkan kualitas SDM yang diperlukan masyarakat, bangsa dan negara,"demikian penjelasan Ya'kub Matondang.
Ya'kub  Matondang memaparkan UMA telah memiliki lima guru besar yakni Prof Ir H Zulkarnain Lubis, MS, PhD, Prof Dr Ir Ahmad Rafiqi Tantawi, MS, Prof Dr Ir Hj Retna Astuti Kuswardhani, MS, Prof Dr Dadan Ramdan, MSc, MEng, dan Prof Dr Ir Hj Yusniar Lubis, MMA. Di tahun ini, dosen UMA berhasil menyelesaikan pendidikan program Doktor (S3) yakni Dr Hj Nina Siti Salmaniah Siregar. Sebanyak 23 dosen sedang melanjutkan pendidikan Doktor di dalam negeri dan di luar negeri.
Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) Drs H M Erwin Siregar, MBA mengatakan perguruan tinggi merupakan institusi yang memiliki peran penting dan posisi strategis, sebagai pencapaian tujuan pendidikan, sehingga perguruan tinggi harus mampu melakukan upaya peningkatan mutu secara berkesinambungan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.
"UMA selalu berupaya maksimal untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya secara berkesinambungan dengan melaksanakan dan menerapkan manajemen mutu melalui ISO : 9001:2015,"tegas Erwin Siregar.
Erwin menyatakan YPHS sebagai penyelenggara UMA, akan tetap mendukung program kerja universitas dan Fakultas dalam melaksanakan percepatan mutu pendidikan dengan mempertahankan status UMA sebagai pergurua tinggi sehat dan akan terus meningkatkan nilai akreditasi bagi semua Fakultasnya menjadi nilai A.(fajaruddin batubara)

Posting Komentar