Home » » DUA PASIEN RSUD DELI SERDANG DITANGANI DENGAN BAIK

DUA PASIEN RSUD DELI SERDANG DITANGANI DENGAN BAIK

Written By Faktaonlline.net on Friday, January 20, 2017 | Friday, January 20, 2017


Lubuk Pakam,faktaonline  -  Dirut Rumah Sakit Umum Deli Serdang dr. HANIP FAHRI, MM.M.Ked (Kj) Sp Kj didampinggi oleh Wakil Direktur dr Asriluddin Tambunan SpPD dan Sekretaris dr Erzal Kaban M.Kes, ditemui di ruang kerjanya, Jumat  (20/1) memberikan pernyataan bahwa RSUD Deli Serdang telah menangani dua pasien Jamkesda dengan baik dan cepat.
Adapun pasien tersebut adalah Firza Dwi Aprilia, usia dua tahun beralamat di STM Hulu Desa Tanah Gara Huru Sungai Buaya, kronologis pasien Combutio di Ruang Seroja, pada tanggal 15 Januari 2017 pukul 16.00 Wib, pasien baru di UGD mengalami luka bakar di bagian bokong, paha kanan dan kiri dan daerah kemaluan akibat terkena kuah santan pada saat ada acara di rumahnya, sampai di UGD pasien ditanggani dengan baik dan kemudian dikonsultasikan ke dr SPA ( Spesialis anak) dan kemudian di konsulkan dr SPB dr Hendry Sitanggang SPB dan pasien langsung dirawat di ruang rawat bedah yang sebelumnya dirawat di ruang anak, luas luka bakar pasien 34%.
Tanggal 16 Januari 2017 keadaan Firza Dwi Aprilia sudah baik dan direncanakan untuk pembersihan luka bakar di ruang operasi dengan tim dokter yang ada dan tanggal 17 januari keluarga menyatakan tidak mengerti akan Surat dari Desa sehingga keluarga (orang tua) pasien kesusahan untuk mengurus surat dari desa disebabkan keluarga sibuk kerja sehingga surat belum terurus.
Pagi harinya Bapak Wadir 2 dr Asriluddin Tambunan SpPD visite pasien diruang seroja , tentang masalah pasien langsung disampaikan dan wakil direktur 2 membantu dan meminta bapak/orang tua pasien untuk datang ke RSUD dan diberikan solusi sehingga masalah Surat Kependudukan pasien selesai hari itu juga dan keluarga berterimakasih karena langsung ditolong.
18 Januari 2017 pasien dilakukan cuci luka bakar dan sudah dijadwalkan selesai dari kamar operasi pasien diobservasi diruangan RR dan setelah sadar penuh pasien dirawat diruang Seroja sampai saat ini keadaan pasien semakin membaik.
Pasien yang kedua Gabriel Siagian, usia 4 bulan, alamat Pagar Jati Dusun VI Kecamatan Lubuk Pakam, RM 23 44 26, tanggal masuk ke rumah sakit Selasa 17 januari 2017. Jam 15.30 wib KARU/ NICU menelepon keruang NICU/PICU untuk menjelaskan ada pasien yang akan dijemput dari RS USU dengan diaknosa invaginasi dan salah satu perawat NICU/PICU ikut untuk menjembut pasien tersebut dengan membawa Surat keterangan dari RSU Deli Serdang.
Jam 16.00 wib perawat NICU/PICU dan dokter jaga IGD menjemput pasien Gabriel Siagian ke RS USU bersama dengan keluarga pasien dari managemen RSU Deli serdang tiba pukul 17.30 di RS USU. Perawat dan dokter menjumpai bagian informasi menyampaikan tujuan perawat dan doctor dengan melampirkan surat pengantar dari RSUD Deli Serdang , perawat menghubungi ruang PICU di RS USU , keluarga pasien disuruh keruangan PICU untuk menjumpai pegawai diruangan tersebut ,  kemudian pegawai menelepon bagian managemen,
Setelah selesai urusan administrasi pasien dapat dibawa dengan menandatangani surat pernyataan bahwa alat-alat dapat tidak dilepas seperti CVC, NGT dan drain. Perawat sudah di operan tetapi yang diberikan di RS USU, yang sebelumnya dirawat dengan dokter anak dan dokter spesialis bedah anak.
Kondisi umum pasien saat operasi di PICU RS USU adalah lemah (+), sesak (-), demam T:37,8 derajat celcius, perut kembung(+), disentri (+), peristaktik (_), operasi hari ke 5, dengan diaknosa post op laparatomi ec-invaginasi, menangis (+), NGT hijau lumut (+), drain (+), warna kecoklatan, SPO₂ : 96%, Kesadaran Kompos Mentis, Oksigen tidak terpasang lagi.
Pukul 18 30 keluar dari RS USU, dan tiba di RSU Deli Serdang pukul 19.50 perawat NICU/PICU RSUD operan pasien dari terapi dengan perawat IGD. Kemudian pasien diperiksa oleh dr IGD jam 22.50 pasien tiba di PICU RSUD Deli Serdang, dengan keadaan umum pasien seperti penjelasan diatas. Sudah dikonsultasikan ke dokter anak dr Wazly SpA dan advice: terapi diteruskan dari RS USU dan konsul bedah.
Therapy yang diberikan Inf Ds % + Nad 0,9% (140cc)+D40%(360cc)+KCL 30cc+ca Gluconus 10 cc 7 gttl, Inf aminifusin 25 ggtl, Inf omeprazole 4 mg/12j, Inf ceftriaxone 400 mg/12j , Inf metronidazole 60 mg/8j , Inf Paracetamol 100 mg/6j , Inf Albumin 20% 52cc sudah selesai, cek KGD/6j dan cek output/3 jam dan pasien sudah cek DLR, elektrolit, KGD, Albumin jam 23.50 telpon dari dr Harry SpB bahwa ada pasien dari post op akan dikonsultasikan. (àbd)

Post a Comment