Home » » Bupati Sergai Serahkan SPPT dan DHKP PBB 2017

Bupati Sergai Serahkan SPPT dan DHKP PBB 2017

Written By Faktaonlline.net on 04 April 2017 | 17.31


Sergai,FaktaOnline.Net Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman di dampingi Wabup Darma Wijaya menyerahan langsung Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) dan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak dan Pembayaran (DHKP) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2017 kepada 17 kecamatan se-Sergai bertempat  di aula Sultan Serdang , Senin (3/4) sore.
Turut hadir dalam acara itu Sekda Kabupaten Sergai Drs. Hadi Winarno, MM, Kaban Pendapatan  Zuhri Lubis, SE,  Camat se-Sergai, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Sujendi, tokoh pemekaran Sergai H OK David Purba.
Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya mengatakan bahwa sejak Januari 2013 Pemkab Serdang Bedagai telah mengelola Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan serta Perkotaan (PBB P2) menjadi pajak daerah. Hal ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk melakukan Pengelolaan dan Pelayanan yang lebih baik.
Seluruh unsur pemerintah kabupaten mulai dari Kepala Dusun, Kepala Desa/Lurah, Camat dan Badan Pendapatan Daerah harus bekerjasama dan sama-sama bekerja untuk mewujudkan tiga kunci sukses PBB P2 yaitu: (1) Pelayanan Prima, (2) Akurasi dan Validasi Data, (3) Peningkatan Penerimaan Asli Daerah.
Perlu diketahui bahwa sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, PBB P2 merupakan pajak yang di pungut dan dikelola oleh Pemerintah Pusat dan sebahagian hasilnya sebesar 64,8% dikembalikan kepada pemerintah daerah. Dengan demikian tentunya pemerintah daerah mempunyai kepentingan yang sangat besar terhadap pajak ini. Pola tax sharing seperti ini memang dahulu sangat di perlukan terutama sebagai salah satu fungsi pajak itu sendiri yaitu sebagai pengatur, ungkap bupati.
Dalam kesempatan itu Bupati juga mengingatkan bahwa, dengan membayar PBB tepat waktu berarti masyarakat sudah berperan besar terhadap pembangunan Kabupaten Sergai.
 “Karena berapa pun PBB yang saudara bayar sangat berarti  bagi pembangunan yang sedang kita laksanakan. Manfaat lainnya adalah apabila PBB terealisasi 100% di desa saudara, maka hal ini akan menjadi satu variabel penilaian Pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan Alokasi Dana Desa (ADD).
Pada akhir sambutannya bupati memerintahkan kepada para kepala SKPD dapat turut berpartisipasi aktif dalam usaha pencapaian target PBB tahun 2017 ini dengan menghimbau seluruh ASN dan Tenaga Kontrak di SKPD nya yang memiliki objek pajak di Sergai untuk segera melunasi kewajiban setelah menerima SPPT sebagai contoh teladan bagi masyarakat.
Sebelumnya Kaban Pendapatan Sergai Zuhri Lubis, SE  melaporkan bahwa PBB P2 ini tidak lepas dari peran serta wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pajaknya di samping memaksimalkan intensifikasi dan ekstensifikasi yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sergai.
Pelayanan kepada masyarakatini akan terus  dilakukan dengan melaksanakan langkah-langkah strategis, yaitu penyempurnaan data khususnya PBB P2 di seluruh kecamatan se-Kabupaten Sergai,” ujarnya.
Bupati Ir H Soekirman bersama Wabup Darma Wijaya dan Sekda Kabupaten Sergai Drs. Hadi Winarno, MM seusai acara penyerahan SPPT PBB, langsung melakukan pembayaran PBB secara online yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah Sergai di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.(putra)

Posting Komentar