Home » » Bupati Sergai Soekirman : Puskesmas Garda Terdepan Dalam Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Dasar.

Bupati Sergai Soekirman : Puskesmas Garda Terdepan Dalam Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Dasar.

Written By Faktaonlline.net on 06 April 2017 | 22.00


Sergai,FaktaOnline.Net  - Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional. Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Puskesmas adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar. Puskesmas yang merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan memberikan fasilitas pelayanan kesehatan. Puskesmas merupakan penyelenggara kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upanya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang tinggi di wilayah kerjanya.
Hal tersebut disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dalam sambutannya pada acara pertemuan penggalangan komitmen bersama pemerintah Kabupaten Sergai menuju puskesmas terakreditasi tahun 2017-2019 di aula Sultan Serdang di Sei Rampah, Rabu (5/4).
Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan Sergai Surian Syahrizal, SH, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sergai Seprinal, SE, Ak, Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr.Bulan Simanungkalit, M.KES. Narasumber dari Kementerian Kesehatan RI Tanti Oktiani S.Kep, Ners dan dr. Berta Pasaribu, Mars, para Kepala SKPD, Camat, kepala Puskesmas se-Sergai serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
Lebih lanjut Soekirman menjelaskan bahwa sesuai peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2015 menjelaskan bahwa tujuan utama Akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program serta penerapan manajemen risiko dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Pendekatan yang dipakai dalam akreditasi puskesmas adalah keselamatan dan hak pasien dan keluarga dengan tetap memperhatikan hak petugas, hal ini ditegakkan sebagai upaya meningkatkan kualitas, keselamatan dan pelayanan.
Dalam kesempatan itu Bupati juga berharap bahwa dengan adanya pertemuan penggalangan komitmen bersama di Sergai ini kiranya dapat mewujudkan akreditasi puskesmas dengan mutu pelayanan yang baik. Akreditasi puskesmas sergai harus kita sukseskan, pembinaan dan pengawasan harus kita berikan sesuai standar pelayanan yang telah di tetapkan oleh pemerintah,” tambah Bupati.
Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan dr.Bulan Simanungkalit, M.KES mengatakan bahwa masih bayak permasalahan pelanyana kesehatan masyarakat di Sergai, seperti kurangnya sarana dan prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan. Maka dengan demikian Dinas Kesehatan Sergai berkomitmen untuk memaksimalkan kondisi yang ada dengan menggalang komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pengakuan melalui akreditasi puskesmas yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, perlindungan SDM dan lingkungan serta meningkatkan kinerja tenaga kesehatan Sergai.(putra)

Posting Komentar