Home » » Wabup Darma Wijaya : Kampung KB Wujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang dan Keluarga yang Berkualitas

Wabup Darma Wijaya : Kampung KB Wujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang dan Keluarga yang Berkualitas

Written By Faktaonlline.net on 28 April 2017 | 19.37


Sergai,FaktaOnline.net - Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB), adalah suatu wilayah setingkat RW, Dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga (KKBPK) dengan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis . Pembentukan Kampung KB merupakan tindak lanjut arahan dari Presiden RI sesuai agenda prioritas pembangunan (nawacita) agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan diseluruh tanah air.
Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Serdang Bedagai, Darma Wijaya dalam sambutannya pada acara Pencanangan Kampung KB Tahun 2017 di Desa Manggis Kecamatan Serba Jadi, Kamis (27/4).
Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si, Kadis Sosial Misran, SE, Camat Serba Jadi Drs. Zulkan, Muspika Kecamatan, Kepala Desa Manggis Sopian Siregar, TP PKK Desa, tokoh masyarakat, PLKB, serta ratusan masyarakat sekitar.
Lebih lanjut Wabup Darma Wijaya menyebutkan bahwa program KB lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan.Maka dengan pencanangan Kampung KB, program KB diharapkan akan dapat bergema kembali menjangkau masyarakat terutama yang berada di desa-desa, dusun-dusun di seluruh Indonesia. Dengan semangat revolusi mental dan visi nawacita, di tahun 2016 Kampung KB sudah dicanangkan di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin. Pada tahun 2017 atas arahan Presiden RI dan Instruksi Kepala BKKBN Pusat bahwa seluruh kecamatan harus mempunyai satu Kampung KB dan dilakukan pencanangan, terang Wabup.
Kemudian Wabup menghimbau kepada seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan agar berperan aktif dalam memberhasilkan kegiatan ini dengan mengembangkan dan melakukan sosialisasi kebijakan pengendalian penduduk guna mewujudkan pembangunan berwawasan kependudukan dan menyerasikan kebijakan pengendalian penduduk, menjamin ketersediaan serta parameter kependudukan juga melakukan analisis dampak kependudukan, melakukan pembinaan dan peningkatan kesertaan KB melalui pembinaan dan kemandirian ber-KB, ujar Wabup Sergai. Mengakhiri sambutannya Wabup Darma Wijaya berharap agar seluruh sasaran program KKBK Tahun 2017 dapat tercapai guna mewujudkan kondisi penduduk tumbuh seimbang dan keluarga yang berkualitas.
Sebelumnya Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari pencanangan Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Sedangkan kriteria pemilihan Kampung KB di Desa Manggis ini adalah karena pencapaian peserta KB masih rendah terutama KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP),yaitu Medis Operasi Pria(MOP),Medis Operasi Wanita (MOW), Susuk/Implant dan Spiral/IUD, ujar Irwani Jamilah.  (putra)

Posting Komentar