Home » » Bupati Soekirman Buka O2SN, FLS2N dan OLSN Tingkat SD/SMP se- Sergai Tahun 2017

Bupati Soekirman Buka O2SN, FLS2N dan OLSN Tingkat SD/SMP se- Sergai Tahun 2017

Written By Faktaonlline.net on 02 Mei 2017 | 21.06


Sergai, Faktaonline.net - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pendidikan menggelar kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dirangkai dengan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Tingkat SD dan SMP se-Sergai Tahun 2017 yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Jum'at (28/4).
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya yang dihadiri Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Kadis Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Santun Banjarnahor, Ketua KONI Sergai Siswanto, Muspika Kecamatan Perbaungan dan Pegajahan, para guru serta para siswa peserta kegiatan.
Dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menekankan agar selalu menanamkan rasa bangga sebagai putra-putri asli Sergai yang memiliki prestasi tak kalah dengan dengan kabupaten/kota lainnya.
“Kalian adalah anak-anak terpilih yang diutus dari sekolah dan kecamatan untuk membawa nama harum sekolah dan kecamatan. Untuk itu kalian harus dapat bertanggung jawab untuk mewujudkan mimpi dengan prestasi sebagai bentuk siswa yang unggul, jangan hanya ingin dihitung keberadaannya, tapi jadilah siswa yang diperhitungkan dalam setiap kompetisi dengan berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan jiwa sportif,” ujar Bupati Soekirman.
Dalam kesempatan tersebut Bupati juga memotivasi para siswa agar jangan takut membangun mimpi untuk menjadi siswa berprestasi, bukan hanya di Kabupaten Sergai saja, akan tetapi hingga tingkat provinsi bahkan nasional.
Ditambahkan Bupati bahwa segala hal yang belum dijalani memang terlihat sulit, akan tetapi jika sudah dilalui maka akan terasa mudah. Ibarat puncak gunung, jika belum didaki kelihatan tinggi dan sulit, akan tetapi setelah didaki, maka puncak gunung itu akan berada dibawah telapak kakimu, katanya.
Bupati juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kedepannya dapat melahirkan bibit-bibit pelajar berprestasi dalam olahraga dan seni yang dapat mengharumkan nama daerah dikancah nasional dan internasional. Kegiatan ini dapat dipergunakan untuk mengukur kognitif para siswa dalam menangkap pelajaran dan metode yang diajarkan guru tepat sasaran guna menciptakan generasi yang gemilang, cemerlang dan terbilang (diperhitungkan), pungkas Soekirman.
Sebelumnya Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM melaporkan kegiatan yang bertema "Membangun Olahraga Sejak Dini dan Membentuk Pelajar Berprestasi, Berbudi Luhur, Berkarakter dan Cinta Terhadap Seni dan Budaya Bangsa untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan" ini dilaksanakan mulai tanggal 28 s/d 29 April 2017 dan diikuti 323 orang dan 27 grup perwakilan dari SD dan SMP Negeri dan Swasta se-Sergai. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk O2SN menyediakan wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan Kesehatan jasmani dan daya kreatifitas siswa di Kabupaten Sergai.
Kemudian FLS2N menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa, menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. Sedangkan OLSN mendorong dan mengembangkan potensi siswa untuk menyalurkan minat dan bakat sesuai dengan seni berbicara serta membentuk karakter siswa dan kecintaannya terhadap bahasa Indonesia sebagai kebanggaan nasional serta sarana membentuk sikap terpuji, produktif dan inovatif melalui aktifitas. Prinsip penyelenggaraan kegiatan ini adalah Sportif (Fairplay), Kebersamaan (Friendship) dan menjadi yang terbaik (Excellent).
Adapun cabang olahraga yang diperlombakan antara lain O2SN Tingkat SMP seperti atletik, renang, bulu tangkis dan karate. Untuk FLS2N yaitu Festival Musik Tradisional, Festival Kreatifitas Tari, Lomba Gitar Solo, Menyanyi Solo dan Cipta serta Baca Puisi.
Sementara untuk Olimpiade Literasi,yang diperlombakan meliputi Lomba Kreatifitas Cerita Berbahasa Inggris (Story Telling), Lomba Debat Bahasa Indonesia, dan Lomba Cipta Cerpen Berbahasa Indonesia, kata Joni Walker.   (putra)

Posting Komentar