Home » » Dinas Pendidikan Gelar Peringatan Israk Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1438 H,Tingkatkan Nilai Agama dan Pacu Semangat Untuk Pendidikan dan Karakter

Dinas Pendidikan Gelar Peringatan Israk Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1438 H,Tingkatkan Nilai Agama dan Pacu Semangat Untuk Pendidikan dan Karakter

Written By Faktaonlline.net on 23 Mei 2017 | 23.14

Sergai, FaktaOnline.Net - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) didampingi Wabup Darma Wijaya menghadiri peringatan Israk Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438 H yang digelar jajaran Dinas Pendidikan di SMPN 1 Dolok Masihul, Kamis (18/5).
Hadir dalam acara tersebut Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, perwakilan Forkopimda, Kepala OPD, Ketua DW Dinas Pendidikan Ny. Ningsih Joni Walker, Kepala BNN Sergai Drs. Adlin Tambunan, Camat Dolok Masihul M. Syarif Sitopu, Muspika, Muballigh Mukhlis Almarwadzi, S.PdI, Kepala UPT, Pengawas, Kepala Sekolah SD/SMP se-Sergai, pendidik dan tenaga kependidikan serta para para siswa.
Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang didampingi Wabup Darma Wijaya menyampaikan bahwa peringatan Israk Mi’raj Nabi Muhammad SAW hari ini seyogyanya dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk meningkatkan nilai-nilai agama dalam memacu semangat pendidikan dan karakter bangsa menuju masyarakat Sergai yang Unggul secara pribadi dan dapat bertanggung jawab secara akhlak dan nilai agama. Dengan semangat kenabian hari ini mari kita tingkatkan Indeks Prestasi Masyarakat yang ukurannya adalah pendidikan dan cara orang tua dan guru mendidik anaknya. Guru memang bukanlah orang yang hebat, akan tetapi tidak ada orang hebat yang tidak ditangani oleh guru, kata Bupati.
Bupati Soekirman berharap kepada seluruh ekosistem pendidikan untuk terus melakukan inovasi dan kreasi dalam proses peningkatan pendidikan dan kebudayaan dan selalu memberikan contoh yang baik dilingkungan sekolah dan masyarakat guna mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan, pungkas Soekirman.
Dalam kesempatan yang sama Wabup Darma Wijaya juga mengajak kepada seluruh yang hadir, melalui momen peringatan Isra' Mi'raj ini untuk meneladani sifat Rasulullah yakni salah satunya wirausaha. Rasulullah SAW adalah enterpreneur sejati dengan ketekunan dan kejujurannya sehingga dijuluki Al Amin atau yang dipercaya. Wabup meminta kepada para orang tua agar mendidik anak-anak sebagai generasi penerus untuk menjadi enterpreneur atau wirausaha. Hal ini dirasa sangat penting dan bermasa depan cerah karena sebagai seorang wirausaha yang menghasilkan rezeki untuk penghidupan yang lebih baik dan nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, ujar Wabup. Sebelumnya Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM mengatakan kegiatan yang bertema "Dengan Israk Mi'raj Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Dalam Rangka Menciptakan Insan Pendidik yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan", kegiatan ini mempunyai tujuan yakni: pertama adalah untuk memperteguh keimanan umat Islam keluarga besar Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai. Kedua menanamkan nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan insan keluarga besar Dinas Pendidikan yang kesemuanya itu menjadi satu tujuan meningkatkan iman dan ketaqwaan menuju pendidikan Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan dalam menyongsong dan mempersiapkan sumber daya manusia Sergai dimasa yang akan datang, katanya.
Kemudian lanjut Joni Walker Dinas Pendidikan Sergai akan terus berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan yang salah satunya melalui Gerakan Green, Clean and Life (GCL) yang artinya gerakan hijau, bersih dan kehidupan yang nyaman dan menyejukkan disekolah-sekolah. Gerakan GCL ini dimulai di SD 106224 Desa Kerapu Kecamatan Dolok Masihul. Selain itu ada kegiatan Expedisi Pendidikan dan Inovasi (Xpansi) dengan sepeda motor trail kembali akan dilaksanakan pada bulan ini. Kegiatan Xpansi atau yang bernama awal Tour of Education and Development Sergai ini mengunjungi daerah-daerah terpencil di Sergai untuk melihat langsung kondisi infrastruktur dan mutu pendidikan di pelosok Sergai, ungkap Joni.
Pada akhir acara ditutup dengan siraman rohani oleh Al Ustadz Mukhlis Almarwadzi, S.PdI yang menyampaikan tausiyah tentang sholat dan maknanya. Ada hal yang menakjubkan tentang sholat seperti halnya perjalanan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW untuk menerima perintah sholat dari Allah SWT. Sholat dapat menghindarkan dari perbuatan keji dan munkar seperti penyakit angkuh, iri, dengki dan serakah (AIDS), paparnya.(putra)

Posting Komentar