Home » » Bupati H Ashari Tambunan Hadiri " Punggahan " Menyambut Ramadhan di Kecamatan Pagar Merbau

Bupati H Ashari Tambunan Hadiri " Punggahan " Menyambut Ramadhan di Kecamatan Pagar Merbau

Written By Faktaonlline.net on 19 Mei 2017 | 21.29

Pagar Merbau,Faktaonline.net - Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menghadiri acara punggahan yang menjadi salah satu tradisi Umat Islam di Kabupaten Deli Serdang dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H.
Acara punggahan ditandai dengan makan nasi ambang secara bersama-sama di pandu oleh tokoh adat jawa Nasib Kutomo yang dipusatkan di Kompleks Polsek Pagar Merbau, Kecamatan Pagar Merbau , Kamis malam (18/5) malam.
Tokoh Masyarakat Kecamatan Pagar Merbau H Waluyo selaku Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan acara punggahan ini bertujuan untuk menggairahkan semangat dalam mengamalkan ajaran agama , khususnya dalam menunaikan ibadah Puasa Ramadhan sehingga dengan ibadah puasa yang dilaksanakan itu dapat mengantarkan umat Islam kepada suatu derajat yang sangat mulia di hadapan Allah, sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat Deli Serdang yang religius.
Kegiatan Punggahan yang menjadi tradisi umat Muslim menyambut Bulan Suci Ramadhan merupakan kearifan lokal yang ada di sebagian masyarakat Muslim di Nusantara ini, khususnya Islam dari Suku Jawa, dalam bahasa Jawa “ Punggahan” berasal dari kata “Munggah” yang artinya adalah “Naik” dengan kedatangan bulan Ramadhan diharapkan Umat Islam yang menunaikan ibadah puasa Ramadhan “ Biso munggah derajate atau naik derajatnya” .
Dikatakan juga selain kegiatan punggahan juga dilaksanakan kegiatan memebersihkan Masjid atau Musholla dan membersihkan tempat pemakaman umum umat Islam.
Bupati H Ashari Tambunan didampingi Ketua TP PKK DS Ny Hj Yunita Ashari Tambunan yang hadir bersama Anggota DPRD Sumut Syahrial Tambunan, Unsur FKPD Kakan Kemenag Tolibuh Pohan MSi, pimpinan SKPD dan Muspika Kecamatan Pagar Merbau, dihadapan Ribuan umat Muslim pada kegiatan punggahan ini menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada kaum Muslimin yang hadir pada kegiatan punggahan menyambut Ramadhan salah satu kegiatan yang mencerminkan kegembiraan menyambut Ramadhan, termasuk kegiatan membersihkan Masjid dan pemakaman . Karenanya mari kita manfaatkan Bulan Ramadan ini untuk meningkatkan amal ibadah karena didalammnya banyak keistimewaan .
Sementara Alustadz Parlaungan Nasution MSi dalam tausiyahnya mengatakan kegiatan punggahan menyambut ramadhan ini menunjukkan tingginya semangat bersilaturrahmi, yang tentu sangat besar manfaatnya bagi kehidupan barmasyarakat , karenanya mari kita jauhkan perselisihan antar sesama, mari saling bermaaf-maafan terlebih-lebih dengan saudara sendiri sehingga amalan –amalan dalam Ramadhan nantinya benar-benar sempurna. (Akd)

Posting Komentar