Home » » Hardiknas di Sergai Diwarnai Dengan Upacara dan Peninjauan UNBK/UNKP

Hardiknas di Sergai Diwarnai Dengan Upacara dan Peninjauan UNBK/UNKP

Written By Faktaonlline.net on 04 Mei 2017 | 21.58


Sergai,Faktaonline.net - Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017 yang dipusatkan di halaman SD Negeri 101943 Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan, Selasa (2/5).
Peringatan Hardiknas tersebut mengusung tema “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan Perwira Upacara Sugianto, S.Pd, serta Komandan Upacara Darma Eka Surbakti, SE.
Hadir dalam peringatan Hardiknas tersebut Kapolres Sergai AKBP. Eko Suprihanto, SH, SIK, MH, Kajari Sergai Jabbal Nur, SH, MH, Wabup Sergai Darma Wijaya, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, Kadis Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Santun Banjarnahor, Kakan Kemenag DR. H.M. Safii, MA, Kepala OPD, UPTD Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah SD/SMP/SMA/SMK se-Sergai, tenaga pendidik dan siswa siswi peserta upacara.
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman saat membacakan pidato Menteri Pendidikan Republik Indonesia dan Kebudayaan (Mendikbud RI) Muhadjir Effendy mengatakan atas nama pemerintah menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di tanah air. Mereka adalah yang mengabdi dan berkorban demi kemajuan pendidikan. Pengabdian dan pengorbanan yang sudah diberikan, sejauh ini telah membuahkan hasil yang menggembirakan meskipun disana-sini masih banyak masalah dan menimbulkan ketidakpuasan. Semoga keberhasilan tersebut semakin memacu semangat dan usaha keras kita. Sedangkan adanya masalah yang belum terselesaikan dan ketidakpuasan yang ada, justru semakin melipat gandakan energi, kehendak dan ikhtiar kita untuk menemukan terobosan-terobosan baru, ujar Mendikbud.
Lebih lanjut disampaikan oleh Mendikbud bahwa pada setiap memperingati Hardiknas kita tidak pernah lupa dengan sosok Ki Hadjar Dewantara, karena peringatan ini didasarkan atas kelahirannya. Beliau dilahirkan tanggal 2 Mei 1889 dan sudah disepakati sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Dengan tanpa bermaksud mengecilkan peran para tokoh pendidikan yang lain, peran Ki Hadjar Dewantara pada awal perintisan pendidikan nasional memang sangat besar. Baik berupa gagasan, pemikiran maupun terawang masa depan. Oleh sebab itu gagasan dan pemikiran beliau tetap relevan dan menjadi acuan bagi pembangunan pendidikan nasional kita, terang Mendikbud Muhadjir Effendy.
Disela-sela upacara tersebut diserahkan trophy kepada pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) tingkat SD dan SMP se-Sergai Tahun 2017 serta Lomba Cepat Tepat (LCT) Program Jaksa Masuk Sekolah Tahun 2017.

 Tinjau UNBK/UNKP Tingkat SMP/MTs 

Masih dalam rangka Hardiknas, usai melaksanakan upacara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya beserta unsur Forkopimda meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs/Paket B Tahun Pelajaran 2016/2017 bertempat di SMPN 1 Pantai Cermin dan MTs Al Hidayah Adolina Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan. Disela-sela peninjauan Bupati berharap pelaksanaan UN ini berjalan lancar dan kondusif dan tanpa hambatan serta tingkat kelulusan mencapai 100% . Dalam hal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa tidak dirugikan karena hitungan waktu dihitung ketika online. Sedangkan untuk Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pinsil (UNKP) dapat memakai waktu yang seperti biasa. Sementara itu Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM melaporkan UNBK dan UNKP tingkat SMP/MTs/Paket B tahun pelajaran 2016/2017 ini diikuti oleh 151 sekolah dengan jumlah 11.187 siswa. Ujian ini berlangsung selama 4 (empat) hari mulai tanggal 2,3,4 dan dilanjutkan pada 8 Mei 2017, jelas Kadis Joni Walker.(putra)

Posting Komentar