Home » » TIM VERIFIKASI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI KUNJUNGI SMKN 1 PERCUT SEI TUAN

TIM VERIFIKASI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI KUNJUNGI SMKN 1 PERCUT SEI TUAN

Written By Faktaonlline.net on 21 Mei 2017 | 12.20

ADIWIYATA - Kepala Sekolah  SMKN 1 Percut Sei Tuan Drs Kasni MPd  (duduk ) didampingi Wakasek Sukirman SPd ( photo kanan ) memaparkan tentang lingkungan SMKN 1 Percut Sei Tuan  secara mendetail kepada tim verifikasi Adiwiyata Mandiri,Sabtu (20/5/2017).

Percut Sei Tuan .Faktaonline.- Tim verifikasi Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,didampingi dari Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara serta perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang lakukan kunjungan ke SMKN 1 Percut Sei Tuan untuk mengadakan verifikasi sekaligus seleksi,karena SMKN 1 Percut Sei Tuan diproyeksikan sebagai salah satu sekolah yang akan menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri tingkat Nasional di Jalan Kolam Desa Medan Estate,Sabtu (20/5).
Kedatangan tim verifikasi langsung diterima Kepala Sekolah SMKN 1 Percut Sei Tuan Drs Kasni MPd,para wakil kepala sekolah,guru dan siswa,serta pengurus Komite Sekolah,nampak hadir diantaranya Ketua Komite SMKN 1 Percut Sei Tuan H.Ismayadi SH,Kepala Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Faizal Arifin SH,bertempat di taman sekolah sebagai ruang terbuka hijau Sekolah yang menambah keasrian alami sebagai salah satu syarat sekolah berbasis lingkungan.
Kepala Sekolah SMKN 1 Percut Sei Tuan Kasni,MPd pada sambutannya menjelaskan kepada tim Penilai Verifikasi Sekolah Adiwiyata Mandiri,bahwasanya sekolah SMKN ! Percut Sei Tuan telah mengikuti program sekolah berbasis lingkungan dimulai tahun 2012 yang lalu
" Sekolah kami (SMKN 1,red) telah mengikuti program sekolah berbasis lingkungan dimulai tahun 2012,dan ditahun yang sama SMKN 1 Percut Sei Tuan,telah menerima penghargaan Adiwiyata sebagai sekolah yang berbasis lingkungan tingkat Kabupaten Deliserdang" sebut Kasni.
Ditambahkan Kasni,ditahun 2014 yang lalu SMKN 1 Percut Sei Tuan juga telah memperoleh penghargaan Adiwiyata sebagai salah satu sekolah berbasis lingkungan tingkat Provinsi Sumatera Utara dan ditahun 2014 juga menerima penghargaan Adiwiyata sebagai sekolah berbasis lingkungan tingkat Nasional.
Usai melakukan verifikasi salah seorang tim dari Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan,Akhmad kepada wartawan ketika dikonfirmasi mengatakan antara lain adalah dalam penetapan Sekolah Adiwiyata ada beberapa tahapan yang mesti digunakan untuk pengelompokan program Adiwiyata antara lain Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan berwawasan Lingkungan (SPBL),Pengembangan kurikulum berbasis lingkungan,Pengembangan kegiatan,Pendidikan berbasis partisipatif,Pengembangan dan pengolahan sarana dan prasarana.
Untuk menentukan Sekolah bisa menjadi Sekolah Adiwiyata ada beberapa Jenjang atau beberapa tahapan dari Tingkat Kabupaten,Propinsi,Nasional dan Mandiri dan serta untuk mencapai Sekolah Adiwiyata Mandiri harus ada sepuluh sekolah yang dibina dan selain verifikasi keadaan Sekolah,tim juga akan melihat langsung 10 Sekolah binaan yang telah berbasis lingkungan.
Kepada Sekolah yang masuk nominasi Sekolah Adiwiyata Mandiri dan ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri bisa memotivasi untuk menjadikan sekolah menjadi sekolah yang berbasis lingkungan sehingga kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik,ujar Akhmad.
Kepsek SMKN 1 Percut Sei Tuan Drs Kasni MPd didampingi Wakasek bidang ketenagaan Sukirman SPd juga memaparkan kepada tim verifikasi bahwa Sekolah binaan di bawah Pembinaan SMKN 1 Percut Sei Tuan adalah SMKN 1 Patumbak,SMKN 1 Pantai Labu,SMKN 1 Biru Biru,SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan,SMAN 1 Percut Sei Tuan,SMA Unggulan OT Foundation SDN 106162 Medan Estate,SDN 101774 Sampali,SDN 106812 Sei Rotan,dan SDN 107399 Bandar Klippa.(Akd).

Posting Komentar