Home » » Perayaan Paskah Oikumenen Kabupaten Sergai Berlangsung Hikmat dan Meriah

Perayaan Paskah Oikumenen Kabupaten Sergai Berlangsung Hikmat dan Meriah

Written By Faktaonlline.net on 23 Mei 2017 | 23.01


Sergai,Faktaonline.Net - Dihadiri tiga ribu lebih jemaat dari berbagai denominasi gereja dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) untuk mengikuti acara Perayaan Paskah Oikumene tingkat Kabupaten Sergai yang dipusatkan di halaman Kompleks Kantor Bupati Sergai di Jalan Negara No. 300 Sei Rampah berlangsung dengan hikmat dan meriah,Minggu (21/5).
Hadir dalam perayaan ini Bupat Sergai Ir. H. Soekirman, Wakil Ketua DPRD Sergai Defriati Tamba SPd, mewakili Kapolres Sergai,Anggota DPRD Sergai, Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan MSi, Ketua Panitia Drs. Fajar Simbolon,MSi. para pendeta dan pengurus gereja, pengurus Badan Koordinasi Antar Gereja (BKAG) Sergai, tokoh pemuda kristiani, tokoh masyarakat dan sejumlah kepala SKPD Sergai.
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya usai berlangsungnya acara ibadah Paskah yang penuh hikmat mengucapkan selamat Paskah kepada seluruh masyarakat Kristiani di Kabupaten Sergai dan syukur serta terimakasih kepada seluruh umat nasrani yang hadir atas terselenggaranya perayaan Paskah Oikumene ini dengan baik dan meriah. Paskah menurut Bupati adalah singkatan dari Peristiwa akan Salib Kristus Atas Hidup kita, ini adalah perayaan kemenangan bagi umat Kristiani, untuk itu setiap umat Nasrani sudah selayaknya menjalaninya dengan ucapan syukur. Melalui perayaan ini sesuai dengan subthema Paskah tahun ini menjadi momentum kebangkitan khususnya bagi masyarakat Sergai untuk mewujudkan masyarakat Kristiani yang unggul, inovatif dan berkelanjutan. Unggul khususnya dalam hal kualitas sumber daya manusia melalui tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) untuk standart di Kabupaten Sergai. Saat ini IPM kita masih menjadi Pekerjaan Rumah bagi pemerintah dan masyarakat untuk terus ditingkatkan karena kita belum unggul dibandingkan daerah lain di Sumut. Unggul yang kita inginkan dapat dicapai lewat pendidikan, untuk kita Bupati Soekirman mengajak para orang tua untuk terus menyemangati anak-anak untuk terus bersekolah dan mencapai pendidikan setinggi-tingginya. Seperti umpama Batak mengatakan “Anakkonki Do Hamoraon Di au”. Kita bangkit menuju umat yang unggul, berpendidikan dan berprestasi dengan semangat yang baru”.
Pada kesempatan ini, Bupati juga mengapresiasi umat kristiani yang berperan dalam menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama di daerah ini. Semoga kerukunan dalam keberagaman dapat terus menjadi nilai-nilai luhur yang terus kita pupuk dan kita tingkatkan di hari yang mendatang. Kebersamaan harus terus kita pelihara dan kita bangun dalam melanjutkan pembangunan di daerah Tanah Bertuah Negeri Beradat yang kita cintai ini, himbau Bupati Soekirman.
Renungan Paskah yang disampaikan oleh Wakil Ketua PGI Sumut Pdt. Eric Jonson Barus. D.Th menyampaikan sebagaimana tema Perayaan Paskah tahun ini dari Kitab Roma 6 :10 “Kuasa Kebangkitan Yesus Kristus Membebaskan kita dari kematian”, tidak hanya berlaku bagi kematian secara fisik maupun jasmani. Namun, hal-hal yang kita anggap tidak bekerja sebagaimana mestinya atau difungsi pun sudah ditebus oleh kematian dan kebangkitan Kristus”. Dalam hal ini, umat Kristiani harus terus berdoa bagi pemerintahan,khususnya Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dan terus memupuk toleransi dan menghormati keberagamaan untuk merajut kebhinekaan guna kesatuan bangsa sehingga tidak mudah terpecah belah. Subthema Paskah tahun ini menurut Pdt Eric Jonson bahwa agar Perayaan Paskah Oikumene Kabupaten Serdang Bedagai dapat dijadikan momentum untuk bangkit dan mewujdukan masyarakat yang unggul, inovatif dan berkelanjutan seperti tokoh di Alkitab yakni Daniel. Pada zamannya Daniel adalah tokoh yang sangat menonjol karena karakter, kualitas, kepintaran yang unggul dibandingkan generasi di zamannya. Keunggulan seperti inilah yang diharapkan menjadi standar unggul bagi generasi Kristiani saat ini. Namun untuk menghasilkan generasi yang unggul membutuhkan kerja keras khususnya para orang tua, pendidik di gereja maupun para pendidik di sekolah. Menjadikan generasi Kristiani yang unggul merupakan tanggung jawab kita semuanya, menjadi tanggung jawab orang tua, gereja, sekolah dan tanggung jawab pemerintah. Dengan kasih karunia yang Tuhan berikan bagi kita lewat kematian dan kebangkitanNya, maka umat Kristiani akan menuju kepada kualitas unggul seperti yang Tuhan inginkan dalam karakter, kualitas kepintaran dan tingkah laku yang penuh kasih,tandas Pdt Eric Jonson mengakhiri khotbahnya.
Di sela-sela acara terebut, Bupati Sergai menyerahkan tali kasih kepada jemaat yang membutuhkan dari 17 Kecamatan dan berasal dari berbagai gereja dan dari Panti Asuhan Sei Buluh.(putra)

Posting Komentar