Home » » GMPK Kecam Bulog Lampura,Diduga Salurkan Rastra Tak Layak Dikonsumsi

GMPK Kecam Bulog Lampura,Diduga Salurkan Rastra Tak Layak Dikonsumsi

Written By Faktaonlline.net on 12 Juni 2017 | 23.15

Contoh beras raskin yang tak layak di konsumsi

Lampung Utara I Faktaonline.net - Ditemukannya beras tidak layak konsumsi di gudang III Mulangmaya Bulog Subdivre Lampung Utara (Lampura) yang diduga akan dioplos dengan Beras Prasejahtera (Rastra) untuk masyarakat menuai reaksi berbagai elemen.
Salah satunya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Lampura yang mengecam tindakan Bulog Sub divre Lampura tersebut.
’’Jika memang benar begitu (menyalurkan beras tak layak konsumsi,), kami dari GMPK Lampura mengutuk keras apa yang dilakukan Bulog,” tegas Humas DPD GMPK Lampura Adi Rasyid kepada sejumlah wartawan,Minggu(11/6).
Menurutnya, sangat tidak manusiawi ketika masyarakat berpenghasilan rendah penerima Rastra, memperoleh beras yang tak layak konsumsi.
“Kita ini harus memanusiakan manusia. Kalau mereka diberikan beras tak layak konsumsi itu sama saja tidak manusiawi. Disini kami patut menduga, jika ada oknum-oknum yang “bermain” dalam pendistribusian Rastra. Dan bagi pihak berwenang, untuk dapat menyelidiki persoalan ini,” bilangnya.
Karena itu, lanjut Adi Rasyid, pihaknya akan mengerahkan massa untuk berunjuk rasa di Bulog Subdrive Lampura, jika dalam sepekan kedepan tidak ada perbaikan sistem dari Bulog serta memastikan bahwa akan mendistribusikan beras yang layak.
“Kami juga menyarankan kepada Pemkab untuk lebih ketat dalam mengawasi pendistribusian Rasta. Karena bagaimanapun, warga Lampura penerima Rastra harus menerima beras yang layak. Dan kami juga mengapresiasi langkah DPRD Laampura yang telah melakukan sidak dan mendapati ratusan ton beras tak layak konsumsi di gudang milik Bulog,” tukasnya.
Sementara itu,Kasubag Perekonomian Rakyat Bagian Perekonomian Sekretariat Pemkab Lampura Elidiasari, mengaku terkejut melihat beras yang dibawa anggota DPRD dari gudang Bulog.
 “Saya kaget lihat beras itu. Itu jelas tidak layak konsumsi. Karena setiap kami meninjau Rastra digudang Bulog, selalu diperlihatkan beras yang layak. Tentunya hal ini akan saya laporkan ke pimpinan saya,” terang Elidia.
Diberitakan sebelumnya, Bulog Sub Divre Lampura ditengarai mengoplos beras Rastra dengan beras tak layak konsumsi. Itu dibuktikan dengan adanya ratusan ton beras dengan kualitas buruk yang tersimpan di salah satu tempat penyimpanan di gudang Bulog Lampura di Desa Mulangmaya.
 “Selain itu, Bulog juga diduga mengurangi isi dalam karung sehingga beras yang diterima Rumah Tangga Sasaran (RTS) tidak sampai 15 Kg.
Diketahui adanya beras tak layak konsumsi itu, setelah sejumlah anggota DPRD Lampura meninjau langsung gudang Bulog, terkait banyaknya keluhan masyarakat tentang Rastra yang mereka terima berkualitas buruk atau tidak layak konsumsi. (Rasyid)

Posting Komentar