Home » » Kloter I Berangkat 27 Juli 2017, Jemaah Haji Debarkasi Medan Sebanyak 8.448 orang

Kloter I Berangkat 27 Juli 2017, Jemaah Haji Debarkasi Medan Sebanyak 8.448 orang

Written By Faktaonlline.net on 07 Juli 2017 | 23.01



Medan I Faktaonline.net - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir HT Erry Nuradi MSi , mengharapkan penyelenggaraan Haji 2017 untuk Embarkasi/Debarkasi Medan menjadi yang terbaik. Karenanya tugas melayani para jemaah yang akan menunaikan ibadah ke tanah suci harus bisa dilaksanakan secara maksimal dengan persiapan matang. Hal itu disampaikan Gubernur usai melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Medan 1438 Hijriyah/2017 Masehi, sekaligus melihat Meal Test (contoh makanan jemaah haji di pesawat selama penerbangan) di Asrama Haji Medan, Jumat (7/7).
Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Pembinaan Haji Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) RI H Muhajirin Yanis, Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin, para Kakanwil Kemenag Kabupaten/Kota serta panitia.
“Kita ingin pelayanan haji pada tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Kesempatan pelaksanaan ibadah haji bagi saudara-saudara kita hendaknya bisa dilaksanakan dengan nyaman, aman , mudah dan lancar,” ujar Gubsu.
Gubsu Erry berharap dengan pelayanan pelaksanaan ibadah haji yang baik, jamaah calon haji dari Sumut akan memperoleh haji yang mabrur. Dengan demikian, bumi Sumatera Utara semakin berkah dan mendapat rahmat dari Allah SWT. Karena itu penyelengaraan ibadah haji merupakan tugas Nasional, di mana pemerintah berkewajiban memberikan bimbingan, pelayanan dan perlindungan degnan menyediakan layanan administrasi, akomodasi, trasnportasi, kesehatan dan lainnya.
“Pelayanan di embarkasi dan debarkasi haji sangat penting, karena akan memberikan kesan pertama yang dalam kepada para jemaah tentang proses penyelenggaraan dan bahkan merupakan cermin dari kualitas pelayanan haji di tanah air,” sebut Gubsu.
Dijelaskan Gubsu , jumlah jemaah haji tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Hal itu karena kuota yang sebelumnya dikurangi, kini dikembalikan lagi dengan kondisi normal, di mana renovasi kawasan Masjidil Haram sudah dirampungkan. Untuk itu selain mengucapkan selamat dan sukses kepada PPIH, Gubsu Erry juga meminta para penyelenggara bekerja keras, mengutamakan kualitas, sehingga bisa menjadi yang terbaik.
 “Kita pernah jadi yang terbaik, karenanya kita harapkan itu bisa dicapai pada tahun ini. Saat ini kita tahu, Asrama Haji kita termasuk yang terbaik dengan fasilitas hotel bintang 3 (plus),” kata Gubernur yang juga mengingatkan penyelenggara untuk tidak pulang sebelum tugas selesai.
Sementara Direktur Pembinaan Haji Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) RI,  H Muhajirin Yanis menyampaikan terimakasih atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan kepada penyelenggara.
Dikatakannya, tugas penyelenggaraan haji tidak mudah. “Tetapi kami yakin, penyelenggaraan haji khususnya di Medan, akan lebih baik dari sebelumnya,” sebutnya.
Selain itu, Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin menyampaikan jumlah jemaah haji embarkasi/debarkasi Medan 2017 berjumlah sebanyak 8.448 orang dengan rincian 8.343 orang ditambah 105 petugas penyelenggara. Sementara untuk Sumut, dibagi menjadi 22 kloter yang mulai diberangkatkan 27 Juli mendatang.(am)

Posting Komentar