Home » » Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Deli Serdang Ke- 71 di Percut Sei Tuan

Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Deli Serdang Ke- 71 di Percut Sei Tuan

Written By Faktaonlline.net on 17 Juli 2017 | 21.55

SEPERANGKAT WAYANG KULIT - Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan (photo kiri) menyerahkan seperangkat wayang kulit kepada Ki Dalang Suripno pada malam kesenian budaya Deliserdang dalam rangka HUT Deliserdang ke 71 di Lapangan Bolakaki Desa Bandar Klippa Kec.Percut Sei Tuan,Jum'at (14/7/2017) malam.

Percut Sei Tuan I Faktaonline.net - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Deli Serdang , tanggal 1 Juli 1946- 1 Juli 2017, serta HUT Bhayangkara ke 71 , masyarakat Kecamatan Percut Sei Tuan menggelar pertunjukan Budaya tradisional daerah Wayang Kulit Sanggar Mardi Lestari ,Gamongan,Reog Ponorogo dan Pertunjukan komedi Rakyat betemakan pembangunan daerah ,di Lapangan Pasar 13 Desa Bandar Kahalipa Kecamatan Percut Sei Tuan, Jum’at (14/7) malam.
Pagelaran kesenian tradisional memeriahkan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Deli Serdang dan HUT Bhayangkara ke 71 ini diawali pemakaian seperangkat pakaian adat Jawa Kepada Bupati H Ashari Tambunan beserta Wakil Bupati H Zainuddin Mars oleh tokoh masyarakat Jawa Kecamatan Percut Sei Tuan Misnan Al Jawi SH MH yang juga anggota DPRD Deli Serdang sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian pemerintah dalam melestarikan budaya daerah dalam bingkai kebhinekaan di daerah ini khususnya kesenian dan budaya Jawa serta berbagai sektor pembangunan lainnya.
Selanjutnya Bupati H Ashari Tambunan menyerahkan anak Wayang Kulit kepada Kidalang Supriono SH MH yang juga sebagai Kepala Desa Bandar Khalipa pertanda dimulainya pagelaran Wayang kulit yang berlangsung satu malam ini.
Bupati H Ashari Tambunan yang juga hadir bersama Anggota DPRD Ir Irawan dan Jaresman Sitanggang, unsur pimpinan FKPD, Sekdakab Drs H Asrin Naim ,Pimpinan SKPD dan para Camat pada acara pagelaran wayang kulit tersebut dihadapan ribuan pengunjung Bupati mengatakan kita patut bersyukur Kabupaten Deli Serdang memiliki keragaman budaya dalam khasanah kehidupan berbangsa dan bernegara, ini adalah kekayaan yang merupakan kebanggaan bersama dan sekaligus menjadi kekuatan kita dalam membangun daerah ini melalui nilai-nilai kegotong royongan dan kekompakan sebagaimana yang telah diwariskan pendahulu kita, ini harus dilestarikan mengingat kecendrungan sebagian masyarakat kita mengikuti budaya luar dan menjadi trend baru yang tidak sesuai dengan adat budaya yang kita miliki.
Dikatakan Bupati ,kita ingin Deli Serdang yang maju ,berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan ,yang masyarakatnya juga berbudaya .
Untuk itulah peringatan Hari Jadi Kabupaten Deli Serdang ini kita jadikan sebagai momentum terbaik bagi pembinaan seni budaya dan sarana hiburan sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap seni dan budaya sebagai kearifan lokal. Seraya Bupati menyampaikan terimakasih kepada penyelenggara kegiatan yang telah menggagas acara ini dengan baik, apa yang dilakukan ini akan lebih memperkokoh persaudaraan dan kebersamaan didaerah ini. Harap Bupati.(Akd).

Posting Komentar