Home » » Prof Dr H A Ya'kub Matondang, MA : Alumni Mampu Berfikir Inovatif, Bermoral dan Berakhlak

Prof Dr H A Ya'kub Matondang, MA : Alumni Mampu Berfikir Inovatif, Bermoral dan Berakhlak

Written By Faktaonlline.net on 21 Juli 2017 | 21.11

Medan I Faktaonline.net -  Rektor Universitas Medan Area (UMA) Prof Dr H A Ya'kub Matondang, MA,menegaskan,di era globalisasi ini yang diperlukan bukan hanya keahlian tetapi juga keberanian, keterampilan, kearifan dan integritas kepribadian.
 "Pada era ini pula terjadi pergeseran nila-nilai sosial dalam masyarakat, karenanya pendidikan etika dan akhlak hendaknya menjadi perhatian khusus bagi kita. Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki tanpa dibarengi dengan etika akan menghancurkan eksistensi umat manusia. Di sinilah relevansi UMA dengan visinya menghasilkan sumber daya manusia inovatif, berkepribadian dan mandiri,"demikian kata sambutan Rektor UMA Prof Dr H A Ya'kub Matondang, MA, di acara wisuda sarjana dan pasca sarjana UMA, priode -I 2017, di kampus utama UMA, jalan Kolam, Medan Estate, Sabtu (15/7/2017).
Ya'kub Matondang berharap agar alumni UMA mampu berfikir inovatif, bermoral dan akhlak mulia serta memiliki kemandirian.
"Intelektual yang inovatif dan berakhlak dicitrakan sebagai intelektual yang bertaqwa di mana seluruh aktivitas kesehariannya dipandang sebagai ibadah kepada Tuhan. Dalam kegiatan keilmuan dan teknologi tentunya ia tidak melepaskan diri dari sitem tata nilai dan etika,"tegas Ya'kub lagi.
Saat ini, papar Ya'kub, UMA memiliki lima guru besar yakni Prof Ir H Zulkarnain Lubis, MS, PhD, Prof Dr Ir Ahmad Rafiqi Tantawi, Prof Dr Ir Retna AstutiKuswardani, MS, Prof Dr Dadan Ramdan, MSc, M.Eng dan Prof Dr Ir Hj Yusniar Lubis, MMA. Di tahun ini, 18 dosen UMA sedang melanjutkan pendidikan doktor di dalam dan luar negeri.
Ketua Yayasan pendidikan Haji Agus Salim Drs H M Erwin Siregar, MBA mengatakan UMA selalu berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dengan melaksanakan sistem penjamin mutu dan telah menerapkan sistem manajemen mutu melalui ISO 9001:2015 sehingga ke depan UMA mampu meningkatkan akreditasnya menjadi rata-rata A, yang saat ini hanya Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah mendapat akreditas A.
Wisudawan yang mengikuti wisuda berjumlah 670 orang. Terdiri dari program S1 berjumlah 459 orang sedangkan S2 sebanyak 211 orang.
Acara wisuda di hadiri Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti DR Ir Agus Indarjo, M.Phil, Koodinator Kopertis Wilayah - I Prof Dian Armanto, MPd, MA, MSc, Phd, kalangan civitas akademika UMA yakni Dekan Fakultas teknik Prof Dr Dadan Ramdan, MSc, M.Eng Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Syahbudin Hasibuan, MSi, Dekan Fakultas Hukum Dr Utary Maharany Barus, SH, MHum, Dekan Fakultas Isipol Prof Dr H M Arif Nasution, MA, Dekan Fakultas Psikologi Prof Dr H Abdul Munir, MPd, Dekan Fakultas Biologi Dr Mufti Sudibyo, MSi dan para undangan. Di acara wisuda itu, Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Syahbudin Hasibuan, MSi dinyatakan sebagai dosen terbaik.Sedangkan Mulyadi nomor pokok mahasiswa 148210066, sebagai mahasiswa UMA berprestasi se Kopertis Wilayah - I tahun 2017 dan menjadi juara - I Duta Anti Korupsi Sumatera Utara tahun 2017. (fajaruddin batubara)

Posting Komentar