Home » » Sergai Soft Launching e-Government, 16 Aplikasi Siap diTerapkan

Sergai Soft Launching e-Government, 16 Aplikasi Siap diTerapkan

Written By Faktaonlline.net on 11 Juli 2017 | 17.27


Sergai,FaktaOnline.Net - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi melaksanakan soft launching sistem pemerintahan berbasis elektronik atau aplikasi e-government di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (11/7).
Penerapan e-Government ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubsu Ir. H. T Erry Nuradi, M.Si yang didampingi Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH, Wabup Sergai Darma Wijaya.
Turut hadir juga dalam acara tersebut Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres Sergain AKBP Eko Suprohanto, SH, SIK, MH, Kajari Jabal Nur, SH, MH,  Anggota DPRD Sergai, Ketua TP PKK Provsu Ny. Hj. Evi Diana Erry, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Sokirman, Ketua DWP Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Bupati Banyuwangi yang diwakili Kadis Kominfo Budi Santoso, S.Sos, Bupati/Walikota maupun perwakilan dari kabupaten/kota se-Sumut, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Kasdim 0204/DS, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD Sergai.
Tak tanggung-tanggung, meski bukan yang pertama melaunching e-Government (setelah sebelumnya Pemko Binjai, Medan dan Kabupaten Pak-pak Barat), namun Sergai mampu menerapkan 16 aplikasi berbasis e-government yaitu ke-1 Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) yang merupakan aplikasi yang terintegrasi dari sistem perencanaan (e-planning), penganggaran badgeting dan sistem e-pelapor. Ke-2, Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPINTER) merupakan sebuah aplikasi untuk mempermudah pelayanan perizinan secara oline. Ke-3, e-Kinerja yaitu untuk mengukur dan memonitoring tingkat kinerja PNS, ke-4 Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), ke-5 Go-Jak (Go-Pajak) merupakan sebuah aplikasi untuk penyampaian pelaporan pajak secara online dan real time. Kemudian ke-6 Go-Sip (Go-Sistem Informasi Pajak) yang bertujuan untuk melakukan pembayaran, pelunasan dan penunggakan PBB, ke-7 Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (SISUMAKER) adalah aplikasi berbasis Webuntuk membantu dalam melakukan pengolahan surat masuk dan surat keluar beserta proses distribusinya dan juga dapat dilakukan sebagai pengarsipan dokumen.
Selanjutnya ke-8 aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), ke-9 Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Sedangkan untuk memudahkan masyarakat memperolah informasi, Pemkab Sergai juga menghadirkan Media Center yang masuk dalam urutan ke-10. Ke-11 Untuk menampung berbagai aspirasi dari masyarakat juga tersedia aplikasi Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SAPA), ke-12 adalah aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), ke-13 aplikasi Sistem Informasi Geografis Integrasi Sergai (SIGIS), ke-14 e-Dokumen, ke-15 Sistem Informasi Managemen Kepegawaian Administrasi Pembayaran -Tunjangan Profesi Guru (SIKAP-TPG) dan ke-16 adalah aplikasi Absensi Online.
Dalam sambutannya Bupati Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa tujuan penerapan e-Governtmen adalah untuk menciptakan pemerintahan yang efektif, efesien dan akuntabel, mudah terpantau secara elektronik. Selain itu juga penerapan e-Government untuk monitoring evaluasi dan sistem pelaporan dilingkup Pemkab Sergai karena segala bentuk informasi data dari setiap OPD dapat dikomunikasikan melalui email masing-masing OPD, segala bentuk laporan kegiatan bahkan absensi pegawai dapat dilakukan secara digital sehingga pelaksanaan tupoksi masing-masing OPD dapat terpantau secara cepat.
Bupati Soekirman juga mengucapkan terimakasih kepada Walikota Tangerang dan Bupati Banyuwangi yang telah hadir dan memberikan dukungan penuh hingga aplikasi berbasis elektronik ini dapat dilaunching.
Pada Kesempatan yang sama Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH dalam sambutannya sangat mendukung atas dilaunchingnya aplikasi e-Government ini. “kini tidak ada lagi study banding, yang ada study tiru. Apa yang telah diterapkan di Tangsel kini telah diterapkan di Sergai. Dengan diterapkannya aplikasi SISUMAKER di kabupaten ini pejabat publik dapat melaksanakan tugasnya tanpa mengenal batasan tempat dan waktu. Beberapa waktu lalu juga Pemkot Tangsel dengan Pemkab Sergai telah mengikat MoU untuk aplikasi e-Government ini . Oleh karenanya mari kita  tingkatkan kinerja sesuai dengan tupoksi dan kerjasama dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.
Sementara itu Gubsu Erry Nuradi dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Bupati Sergai beserta jajarannya terkait penerapan aplikasi e-Government dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Ini merupakan babak baru bagi terciptanya pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat dan dunia usaha di Tanah Bertuah Negeri Beradat melalui pelayanan yang modern dan inovatif, transparan dan lebih interaktif.
Penerapan e-Governmnet merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan jaringan elektronik berbasis online. Upaya ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam mendekatkan pelayanan publik sehingga kehadiran pemerintah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan memberikan kemudahan dalam pelayanan serta efesiensi waktu. Gubernur berharap aplikasi ini terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah ini, harapnya.
Acara yang dirangkai dengan halal bi halal (HBH) Idul Fitri 1438 H Pemkab Sergai didahului dengan tausiyah yang disampaikan oleh Al_Ustadz H. Ifran Yusuf atau yang biasa disapa Ustadz Rahul. Dalam siraman rohaninya dengan tema “ Bersihkan hati, bersikan diri untuk kembali Fitri” menganjak seluruh hadirin untuk senantiasa membersihkan hati dari berbagai penyakit hati. Bulan Syawal ini mari kita manfaatkan untuk saling bermaaf-maafan dan menjaga tali silaturahmi dengan sesama, ujarnya.
Secara terpisah, diruangan e-Government Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan, AP saat memaparkan aplikasi SISUMAKER kepada tamu undangan mengemukakan bahwa aplikasi ini mempermudah dalan menjalankan tupoksi terutama mengenai alur informasi surat menyurat maupun mendisposisinya tanpa harus berada dikantor.(putra)

Posting Komentar