Home » » Kecamatan Kotabumi Gelar kegiatan Kampung KB

Kecamatan Kotabumi Gelar kegiatan Kampung KB

Written By Faktaonlline.net on 28 Agustus 2017 | 22.55

KAMPUNG KB - Camat Kotabumi Nujum Masya.SE.MM serta kepala Dinas KB Menggelar kegiatan Kampung KB

Lampung Utara I Faktaonline.net -  Kecamatan Kotabumi mengadakan kegiatan pokok untuk masyarakat dalam Program Keluarga Berencana(KB) Serta Sosialisali keberadaan Kampung KB Dikecamatan Kotabumi yang dipusatkan diujung kecamatan yaitu bertempat di Desa Kotabumi Tengah Barat Rabu (23/08/2017)
Kegiatan tersebut bertujuan untuk memprogramkan setrategis Keluarga Berencana(KB) serta mengajak masyarakat kecamatan kotabumi menciptakan keluarga yang Harmonis dengan Dua Anak saja. Dalam kegiatan Kampung KB diDesa Kotabumi Tengah Barat Dihadiri oleh Kepala Dinas KB.Sutikno.Camat Kotabumi Nujum Masya.SE.MM .para Bidan Desa.serta Kabid Penyelenggara Keluarga Berencana.beserta jajarannya.dan kegiatan tersebut disambut oleh Kepala Desa Kotabumi Tengah Barat Mirwan Aidi.serta Perangkat Desa dan Juga masyarakat Desa Kotabumi Tengah Barat.Tokoh Adat.Tokoh Masyarakat.Tokoh Agama.Tokoh Pemuda serta Uspika Kecamatan dan Ibu-Ibu PKK Desa kotabumi Tengah Barat. Semua menyambut Program Keluarga Berencana(KB)
“Camat Kotabumi Nujum Masya.SE.MM Mengatakan Program Tersebut merupakan Program pemerintah Pusat Hingga Daerah.tentunya sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Ini merupakan Program kecamatan yang dipusatkan di Desa Kotabumi Tengah Barat. Dengan adanya penyuluhan tersebut masyarakat tidak ada keraguan lagi untuk mengenali Program KB dan Langsung menggunakannya, karena dengan adanya program tersebut di kecamatan Kotabumi yang kita pusatkan di ujung kecamatan yaitu Didesa Kotabumi Tengah Barat agar masyarakat tau dengan jelas.bagaimana penggunaannya dengan baik.yang nantinya sangat bermanfaat bagi masyarakat.Tegasnya”
Lanjutnya kegiatan ini bukan hanya sosialisasi secara materi.tapi disertai dengan Praktek.agar masyarakat bisa paham dan mengerti tujuan pemerintah cukup Dua anak saja”Pungkasnya.
Kepala Dinas DPP-KB Lampung Utara Sutikno Memaparkan dalam sambutannya Program Keluarga Berencana telah diterima oleh masyarakat secara luas di Indonesia. Semula program keluarga berencana adalah program pengaturan kelahiran. Dalam perkembangannya ditujukan untuk melembagakan norma keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera (NKKBS). Dalam paradigma baru Program KB, visi pelembagaan NKKBS disempurnakan menjadi visi melembagakan keluarga berkualitas dengan ciri sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis serta bertaqwa kepada Tuhan YME. Untuk mewujudkan visi tersebut perlu berbagai upaya yang komprehensif, bukan sekedar pengaturan kelahiran saja. Pada awalnya program KB dan kependudukan lebih menitik beratkan tujuan penurunan kelahiran, sehingga kegiatan KB melalui pelayanan kontrasepsi sering memberikan dampak negatif. Atas dasar hal tersebut maka pada konferensi kependudukan di Kairo tahun 1994 menyepakati bahwa pelayanan kontrasepsi adalah dalam kerangka pencapaian tujuan kesehatan reproduksi serta pemenuhan hak reproduksi. Yang dimaksudkan dengan kesehatan reproduksi adalah kesehatan secara fisik, mental dan kesejahteraan sosial pada semua hal yang berhubungan dengan sistem dan fungsi reproduksi dan bukan hanya terbebas dari penyakit dan kecacatan. Sedangkan yang dimaksud dengan hak reproduksi adalah hak setiap individu dan pasangan untuk menentukan kapan akan melahirkan, berapa jumlah anak yang dimiliki serta upaya untuk mewujudkan hak tersebut melalui pemakaian kontrasepsi atau cara lain. Hak pria dan wanita untuk mendapatkan informasi dan pelayanan Kontrasepsi keluarga berencana yang aman, efektif dan terjangkau serta cara lain yang menjadi pilihan amereka yang tidak bertentangan dengan undang-undang dan agama. Hak untuk mendapatkan derajat kesehatan reproduksi dan seksual. Demikian pula hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sehingga para wanita dapat hamil dan melahirkan dengan selamat.”Pungkasnya(R-H)

Posting Komentar