Home » » Kegiatan TMMD ke-99 Tahun 2017 Di Lampung Utara Ditutup

Kegiatan TMMD ke-99 Tahun 2017 Di Lampung Utara Ditutup

Written By Faktaonlline.net on 01 Agustus 2017 | 23.08

Komandan Kodim 0412/LU  Letkol Inf  R D Bahtiar K,, S.IP
 

Lampung Utara I Faktapnline.net - Berbagai Rangkain kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di jajaran Kodim 0412 Lampung Utara (Lampura) resmi ditutup.
Acara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di jajaran Kodim 0412 Lampung Utara Dilaksanakan Di Lapangan Depan Pondok Pesantren Selasa (01-08-17)
Sementara Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) Wira Kartika sebagai rangkain kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di jajaran Kodim 0412 Lampung Utara telah resmi ditutup. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Kubuhitu, Kecamatan Sungkai Barat itu ditutup Pasiter Kodim setempat Kapten Inf.Suroto mewakili Dandim Letkol.Inf. Raden Daniel Bachtiar, pada Minggu (30/7/17).
Hasil Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di jajaran Kodim 0412 Lampung Utara Tahun 2017 yaitu Pembangunan Jalan Tembus Penghubung Antara Desa Gunung Maknibai dan Desa Kubuhitu.sekaligus Pembangunan Jembatan Permanen.Dan sebuah Tugu Desa Gunung Maknibai.Serta Pembangunan Masjid AL-ANUR yang juga terletak Di desa Gunung Maknibai.pada Upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di jajaran Kodim 0412 Lampung Utara dihadiri oleh Wakil Bupati Lampung Utara,Ketua DPRD Lampung Utara.para Kepala Badan,Kepala Dinas,Sekretaris Badan,DanDim 0412 Lampung Utara dan Personilnya.Danramil.Babinsa dan Jajarannya.Kapolrel Lampung Utara beserta Jajaran Personilnya.Para Camat.Kepala Desa Se-Kecamatan Sungkai Barat.LSM/OKP serta para Media Cetak Dan Electronic Kabupaten Lampung Utara.Forkofimda Kabupaten Lampung Utara.dan Ibu-Ibu satuan TNI-AD lampung Utara.
Sedangkan Tim dari Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabes TNI AD) datang ke Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Senin (31/7/17). Kedatangan tim tersebut untuk melakukan pengawasan dan evaluasi (wasev) terhadap pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 yang dilakukan jajaran Kodim 0412. Tim tersebut dipimpin Pabandya-1/Binsat Spaban III/Siapsat Sopsad Letkol. Inf. Choirul Anwar.
Sebelum menuju lokasi TMMD di Desa Kubuhitu dan Desa Gunung Maknibai, tim terlebih dahulu singgah di Makodim 0412 dan langsung disambut Komandan Kodim (Dandim) Letkol. Inf. Raden Daniel Bachtiar beserta jajaran.
Usai bertemu Dandim, Tim Mabes TNI AD yang dipimpim Letkol Inf. Choirul Anwar langsung meninjau lokasi pelaksanaan TMMD.
Dalam peninjauan tersebut, Tim Mabes AD didamping Pasi Bakti Korem 043 Garuda Hitam Mayor Inf, Asrin dan Pasi Intel Kodim setempat Kapten Andi Budiman.
Di lokasi TMMD, Tim Mabes AD disambut Kasdim 0412 Mayor Inf. Afrizal dan Pasiter Kapten Inf. Suroto serta Komandan Satgas TMMD Kapten Inf. Basuni. Setelah melihat langsung hasil kegiatan, Ketua Tim Mabes TNI AD Letkol Inf. Choirul Anwar menyatakan hasil kegiatan TMMD cukup baik. Dan bermanfaat bagi masyarakat setempat
"Hasilnya cukup baik dan membanggakan. Kegiatan sudah selesai seratus persen. Terimakasih buat semuanya, khususnya masyarakat yang telah mendukung jalannya program TMMD ke 99 ini," kata Choirul. Sementara, Dandim 0412 dalam arahan tertulis yang dibacakan Kapten Suroto dihadapan 150 siswa anggota Pramuka mengatakan Perjusami merupakan kegiatan yang positif untuk membangun wawasan dan pembentukan karakter anak bangsa sebagai generasi penerus dimasa depan.
Acara itu juga dihadiri oleh Kasdim 0412, Mayor. Inf. Afrizal, seluruh perwira Kodim setempat dan seluruh pendamping Saka Wira Kartika.
Dalam kesempatan itu juga diisi dengan pemberian hadiah pemenang lomba paduan suara,SMAN 2 Kotabumi juara satu, SMAN 1 Kotabumi juara dua, dan SMA Al-Hidayah Sungkai Barat yang memperoleh juara tiga
Tujuan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program TNI yang terpadu dan dilaksanakan oleh TNI dengan instansi terkait bersama dengan masyarakat.
Tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat dalam berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.
Adapun titik berat sasarannya, program TMMD menitikberatkan pada desa Gunung Maknibai dan Desa Kubuhitu Kecamatan Sungkai Barat Lampung Utara, yang masih sedikit terisolir dan terpencil, serta daerah kumuh perkotaan. Program TMMD yang telah berlangsung selama ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu sangat membantu sekali. Seirama dengan tekad pemerintah untuk memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan, maka pola pendekatan TMMD tersebut, sungguh sangat sejalan dan sekaligus selaras dengan upaya pemerintah mengembangkan pembangunan yang sangat signifikan dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Dalam hubungan dengan Rakyat, TNI yang lahir dari rahim rakyat memiliki hubungan emosional yang sangat tinggi. Kemudian lebih dari itu adalah bagaimana masyarakat desa bisa mendefinisikan keperluan dan kepentingannya sendiri, sehingga proses pembangunan benar-benar dari, oleh dan untuk masyarakat yang kesemuanya itu akan memberi dampak positif bagi pembangunan pertahanan negara yang tangguh. Dalam proses TMMD ini adalah untuk mendukung terwujudnya pertahanan negara di daerah yang tangguh. TNI melaksanakan kegiatan TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian yang luhur, di samping sebagai upaya TNI melestarikan nilai sejarah, terutama nilai Kemanunggalan TNI – Rakyat. Selain itu juga sebagai suatu bentuk ikatan lahir dan batin antara TNI dengan Rakyat Gunung Maknibai dan Desa Kubuhitu Kecamatan Sungkai Barat Lampung Utara TNI bersama Rakyat akan Kuat, dan Rakyat bersama TNI akan Aman Sejahtera. (Herman/Jumain)

Posting Komentar