Home » » KOMISI A DPRD KOTA SEMARANG KUNKER KE PEMKO MEDAN

KOMISI A DPRD KOTA SEMARANG KUNKER KE PEMKO MEDAN

Written By Faktaonlline.net on 03 Agustus 2017 | 23.38


Medan I Faktaonline.net - Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Tunggar, SH, menyambut Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi A DPRD Kota Semarang di Ruang Rapat I Kantor Walikota Medan, Kamis (3/8).
Kunker Anggota DPRD Kota Semarang ke Pemerintah Kota Medan ini dalam rangka persiapan menyambut proses tahapan pemilihan umum kedepan, sehingga dapat bertukar pikiran terkait penyelenggaraan pemilu yang baik di daerahnya.
Walikota Medan mengungkapkan selama ini Pemko Medan terus berupaya melaksanakan pemilu sebaik mungkin dengan berkoordinasi bersama KPUD Kota Medan, agar tahapan-tahapan pemilu bisa terlaksana dengan baik.
 “Meskipun saat ini sedang tidak dalam tahapan Pemilu, namun komunikasi terus dibangun dengan KPU, tentu untuk mempersiapkan pemilu kedepan, terutama terkait pendidikan dan pembinaan politik masyarakat karena saat Pilkada lalu minimnya kesadaran pemilih masih menjadi kendala, yakni di bawah 50 persen.” ujarnya.
 Menurutnya inilah yang terus dibangun bersama KPUD agar dalam pemilu kedepan partisipasi bisa meningkat diantara membangun program melalui penguatan sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat.
Sementara itu Ketua KPUD Kota Medan, Herdensi menjelaskan salah satu bentuk pembinaan kepada masyarakat adalah penyediaan Rumah Pintar Pemilu. Disana masyarakat bisa memperoleh pemahaman mendalam terkait pemilu.
“Selain itu, kita juga melakukan pemantauan ke SMA dan SMP terhadap pelaksanaan Pemilihan Osis (Pemilos), menurutnya cara tersebut diyakini mampu memberikan pandangan politik kepada pemilih pemula agar memiliki pemahaman pemilu yang baik,” ujar Herdensi.
Sedangkan untuk Partai Politik, tambah Kepala Kesbangpol, Pemko Medan masih tetap memberikan dana bantuan parpol untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi partai politik tersebut didukung dengan prosedur pertanggungjawaban yang jelas dari partai politik, sebagaimana yang dituntut oleh BPK RI. Berkaca pada kondisi yang ada di Kota Medan, Sekretaris Komisi A DPRD Kota Semarang, Suharto Masni selaku pimpinan rombongan menganggap bentuk-bentuk pembinaan masyarakat melalui Rumah Pintar Pemilu dan Pemilos bisa memberikan warna baru dalam program pembinaan dan pendidikan politik masyarakat di daerahnya. “Upaya ini terus kami lakukan sebagai upaya kami dalam merespon Undang-undang pemilu yang digunakan dalam pemilu tahun mendatang, sehingga kami berharap masyarakat di daerah kami semakin cerdas dalam berpolitik dan menentukan pilihan politiknya,” ujar Suharto Masni yang dalam kesempatan tersebut hadir bersama 14 orang lainnya. (am)

Posting Komentar