Home » » SMKN 1 PERCUT SEI TUAN RAIH PENGHARGAAN ADIWIYATA MANDIRI TINGKAT NASIONAL

SMKN 1 PERCUT SEI TUAN RAIH PENGHARGAAN ADIWIYATA MANDIRI TINGKAT NASIONAL

Written By Faktaonlline.net on 01 Agustus 2017 | 18.09

ADIWIYATA MANDIRI -Suasana lingkungan sekolah yang Asri dan pepohonan yang terawat dengan bagus di  SMKN 1 Percut Sei Tuan,hingga menghantarkan sekolah tersebut memperoleh Adiwiyata Mandiri tingkat Nasional

Percut Sei Tuan I Faktaonline.net - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berlokasi di Jalan Kolam nomor 3 Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang,meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2017. 
Sebanyak 6 kepala sekolah diundang ke Jakarta tepatnya di Auditorium Manggala Wanabhakti, pada 2 Agustus 2017 untuk menerima penghargaan tersebut dan akan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.
Demikian disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Drs Kasni, MPd kepada wartawan saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (31/7),
Dikatakan Kasni,SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan merupakan 1 dari 6 sekolah dari Deli Serdang yang meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri yakni yakni SDN No. 104257 Sekip Lubuk Pakam, SDN No. 105335 Kebun Sayur Tanjung Morawa, SDN 105357 Cemara Lubuk Pakam, SDN No. 105358 Sekip Lubuk Pakam, SDN 101900 Lubuk Pakam, SMKN 1 Percut Sei Tuan. Sedangkan untuk Sumut, ada 11 sekolah dan 6 dari Deli Serdang.
“Ini prestasi yang sangat membanggakan bagi sekolah. Dengan luas lahan 4.8 hektar dengan 2400 an siswa, dibagi dalam 81 Rombongan Belajar (Rombel). Tidak semua berada di sekolah, sebagian ada mengikuti pendidikan system ganda (PSG),” katanya.
Keberhasilan meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri, katanya tidak terlepas dari peran semua warga sekolah, mulai dari wakil kepala sekolah, guru, staf dan siswa. Peran mereka menjaga lingkungan yang asri dan tetap bersih dan ini sebagai kado dalam menyambut Hut Kemerdekaan RI.
Sedangkan penilaian Adiwiyata Mandiri, katanya tidak hanya penampilan fisik sekolah saja, tetapi juga berbagai program dan tentunya perhatian terhadap sekolah binaan. “Perhatian kita terhadap sekolah binaan Adiwiyata SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan menjadi penilaian dan kita konsisten menjaganya,” ucap Kasni.
Menurutnya, ada satu yang membuat sekolah berhasil meraih Adiwita Mandiri karena program yang jelas terhadap pengurangan energi listrik di sekolah. Dimana dibuktikan dengan data rekening listrik. “Jadi, ada kita buat program terkait penghematan energi, dan berhasil. Itu sangat membantu sekali,” katanya.
Kasni mengaku, keberhasilan meraih Adiwiyata Mandiri juga tidak terlepas dengan kerja sama dengan mitra baik dunia usaha/dunia industry serta kerja sama saling menguntungkan dengan kampus-kampus yang menjadi mitra sekolah.  
 “Saya akan menjaga kepercayaan ini. Konsistensi yang sangat dibutuhkan maka semua warga sekolah saya ajak untuk tetap perhatian dan peduli dalam  mendidik para siswanya menjadi seorang individu yang mencintai dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup,” jelas Kasni.(Akd)

Posting Komentar