Home » » Wali Kota Beri Penghargaan WP Patuh Pajak

Wali Kota Beri Penghargaan WP Patuh Pajak

Written By Faktaonlline.net on 31 Agustus 2017 | 22.34



Medan I Faktaonline.net - Pemko Medan memberikan penghargaan kepada wajib pajak (WP) Potensial Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai bentuk apresiasi sekaligus rasa terima kasih. Sebab, mereka dinilai telah turut berpartisipasi mendukung pembangunan dengan membayar PBB tepat waktu. Diharapkan langkah ini bisa memotivasi dan mengispirasi masyarakat lainnya untuk patuh pajak sehingga pembangunan di Kota Medan berjalan dengan lancar.
Penghargaan ini diberikan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dalam acara Pertemuan dan Silaturahmi Pemko Medan dengan WP PBB Potensial se-Kota Medan di Regale International Convention Centre Jalan H Adam Malik Medan, Rabu (30/8) malam.
Selain penghargaan, Wali Kota juga memberikan sejumlah doorprize, termasuk hadiah utama berupa dua unit sepeda motor kepada WP Potensial PBB yakni PT Pelindo I dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Selain mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Medan dari sektor pajak, pembayaran PBB yang tepat waktu ini tentunya mendorong percepatan pembangunan di ibukota Provinsi Sumatera Utara. Ada dua WP Potensial PBB yang mendapatkan penghargaan dari Pemko Medan tersebut. Pertama, WP Potensial PBB dari masing-masing kecamatan di Kota Medan. Sedangkan kedua, WP Potensial PBB objek khusus. Wali kota menyerahkan penghargaan itu didampingi Ketua DPRD Kota Medan Henry Jhon Hutagalung, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, mantan Wakil Wali Kota Medan, Ir Maulana Pohan, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan, Zularnain serta Direktur Operasional Bank Sumut, Didi Duharsa.
Usai penyerahan penghargaan, Wali Kota ketika memberikan sambutannya mengatakan, masalah dan tantangan pembangunan kota tentunya cukup berat dan kompleks, sehingga tidak dapat diselesaikan seluruhnya sekaligus dalam waktu yang sama. Oleh karenanya harus menetapkan skala prioritas, terutama di bidang infrastruktur dan pelayanan publik yang semakin berkualitas. Untuk tahun ini, Wali Kota mengungkapkan Pemko Medan telah mengalokasikan anggaran APBD sebesar Rp.1,8 trilyun untuk membiayai program - program infrastruktur dan utilitas kota seperti di sektor Bina Marga (PU), Perumahan dan Penataan Ruang, Perhubungan serta Kebersihan dan Pertamanan.
 “Di samping itu kita juga mengalokasikan dana yang cukup besar untuk sektor kesehatan dan pendidikan. Kita berharap melalui program-program pembangunan yang tengah dilaksanakan saat ini, Kota Medan sebagai Rumah Kita akan semakin layak, serta menjadi tempat tinggal yang semakin aman dan nyaman bagi kita semua,” kata Wali Kota.
Sedangkan sumber dana untuk pengalokasian anggaran tersebut, jelas Wali Kota, salah satunya berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), di samping yang bersumber dari bantuan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Diungkapkannya, Pemko Medan saat ini mengelola 9 jenis pajak daerah termasuk PBB dan retribusi lainnya.
 “Dari sektor PBB, kontribusinya terhadap pajak daerah diharapkan mencapai Rp.420 Milyar atau kurang 30 persen. Untuk mewujudkan kontribusi ini, tentunya sangat membutuhkan kesadaran dan kepatuhan perpajakan yang tinggi dari seluruh masyarakat dan stake holder, agar membayar pajak dan retribusi daerah dengan baik dan tepat waktu,” harapnya. Untuk itulah bilang Wali kota, Pemko Medan mencanangkan 2017 sebagai Tahun Patuh Pajak Daerah. Artinya, semua harus berpartisipasi dalam pembangunan kota. Sebab, membangun kota itu dari masyarakat dan untuk masyarakat. Partisipasi itu salah satunya bisa diwujudkan dengan membayar retribusi daerah tepat waktu, termasuk PBB. Melalui forum ini, Wali Kota yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat selaku wajib pajak yang telah melaksanakan kewajiban perpajakan. Hal itu dinilainya mencerminkan tanggung jawab bersama untuk membangun Kota Medan.
Usai memberikan arahan, Wali Kota selanjutnya menyaksikan langsung WP membayarkan PBB di lokasi acara yang disediakan khusus oleh Bank Sumut. Sebagai bentuk terima kasih dan penghargaan, para WP ini pun mendapatkan kupon lucky draw. Jelang penarikan hadiah, para WP pun dihibur dengan penyanyi asal ibu kota, Vina Panduwinata. Penyanyi yang dikenal dengan sebutan Mama Ina ini, membawakan lagu - lagu terbaiknya. Kemudian, Mama Ina juga mengajak Ketua TP PKK Kota Medan bernyanyi bersama membawakan lagu berjudul Aku Makin Cinta yang mendapat aplaus cukup meriah dari seluruh pengunjung. Sementara itu, Kepala BPPRD Kota Medan, Drs Zulkarnaen MSi, menjelaskan, pemberian penghargaan ini dilakukan sebagai upaya untuk membangun silaturahmi dan dengan WP PBB Potensial yang ada di Kota Medan. Pasalnya, PBB merupakan salah satu motor pembangunan di Kota Medan. "Sekitar 30 persen PAD Kota Medan berasal dari PBB. Untuk itu lah kita menggugah kesadaran masyarakat untuk membayarkan PBB-nya tepat waktu. Sebab, PBB yang dibayarkan itu selanjutnya digunakan untuk mendukung percepatan pembangunan di Kota Medan,” terang Zulkarnain. (am)

Posting Komentar