Home » » Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S Sos : Pemkab Deli Serdang tetap peduli terhadap Budaya tradisional

Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S Sos : Pemkab Deli Serdang tetap peduli terhadap Budaya tradisional

Written By Faktaonlline.net on 25 September 2017 | 22.19

Tokoh Wayang - Usai memberikan bimbingan dan arahan Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S Sos didampingi Camat Percut Sei Tuan TM.Zaki Aufa  S Sos MAP,anggota DPRD Ir Irawan para Kepala secara simbolis menyerah tokoh Wayang Onto Rejo kepada Ki Dalang Suripno SH MH yang juga Kades Bandar Klippa pada pagelaran Wayang Kulit dalam Rangka Suroan bersih Desa Bandar Klippa,Sabtu (23/9/2017).

Percut sei Tuan I Faktaonline.net - Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sampai saat ini tetap peduli dengan keberadaan dan perkembangan Budaya Tradisional,melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melalui APBD telah mengalokasikan dana untuk membina keberadaan kesenian tradisioanal melalui kelompok seni atau sanggar seni. Sejak tahun 2016 keberadaan dan perkembangan budaya tradisional setiap tahun terus bertambah dengan jumlah 144 kelompok seni atau sanggar seni dari 380 Desa yang ada di Kabupaten Deli Serdang yang mayoritas didominasi Kesenian Jawa seperti Wayang Kulit,Ludruk,Ketoprak dor,Kuda Kepang dan Angguk telah mendapat bantuan.
Pemaparan tersebut disampaikan Bupati Deli Serdang yang diwakili Sekdakab Darwin Zein S Sos dihadapan warga Bandar Klippa pada acara Suroan bersih Desa yang dilaksanakan di lapangan Pasar II Bandar Klippa,Sabtu  (23/9) yang juga dihadiri Kepala Badan Pebanggulangan Bencana Daerah Drs.Zainal Abidin Hutagalung MAP,Camat Percut Sei Tuan TM.Zaki Aufa S Sos MAP,tokoh masyarakat yang juga Anggota DPRD Ir.Irawan MAP,Kepala Desa hadir diantaranya Kades Amplas Edi Purwanto,Kades Bandar Setia Sugiato, Kades Sei Rotan Suwandi MS dan Seluruh Kepala Dusun.
Lebih lanjut Darwin berharap agar kelompok seni atau sanggar seni ini tetap terus bisa berkembang agar generasi muda cinta akan budaya tradisional dan ini harus kita tanamkan agar budaya tradisional ini tidak punah akibat pengaruh globalisasi dan tidak ada lagi Negara luar mengklaim kebudayaan tradisional kita. Pemkab Deli Serdang sangat memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Pemerintahan Kecamatan Percut Sei Percut Sei Tuan khususnya Warga Desa Bandar Klippa yang telah membuat kegiatan ini yang juga melibatkan etnis diluar suku Jawa ikut bersama sama menggelar acara bersih Desa ini. Ini membuktikan kekompakan dan kebersamaan yang dibangun Masyarakat sangat luar biasa sesuai motto Deli Serdang "Bersatu dalam Kebhinnekaan". Mudah mudahan acara seperti ini tetap terus bisa berlanjut terus untuk tetap dipertahankan agar Kesenian budaya tradisional terus bisa berkembang khususnya kesenian Wayang kulit yang menceritakan tentang tokoh tokoh yang baik dan jahat yang disampaikan Ki Dalang bukan saja sebagai tontonan tapi merupakan tuntunan untuk kita jabarkan dalam kehidupan kita sehari hari di tengah tengah masyarakat sehingga tali silaturahmi terjalin dengan baik. Kita tetap harus semangat,terutama para pelaku seni untuk tetap berkarya melalui seni tradisional agar budaya peninggalan dari nenek moyang kita tetap lestari sesuai dengan perkembangan zaman yang kedepan merupakan warisan bagi anak cucu kita yang tidak ternilai harganya.(Akd)

Posting Komentar