Home » » KPU Sumut Buka Penerimaan Persyaratan Paslon Perseorangan Pilgubsu

KPU Sumut Buka Penerimaan Persyaratan Paslon Perseorangan Pilgubsu

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, November 29, 2017 | Wednesday, November 29, 2017


Medan I Faktaonline.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara membuka tahapan penerimaan berkas persyaratan pasangan calon (Paslon) perseorangan di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018.
Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga (foto) mengatakan, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017, mulai 22-26 November 2017, KPU Sumut membuka penerimaan berkas persyaratan Paslon perseorangan yang hendak maju dalam Pilgubsu tahun depan.
 "Hari ini kami membuka penerimaan berkas persyaratan Paslon perseorangan dan sesuai PKPU Nomor 1/2017, penerimaan ini dibuka sampai empat hari ke depan (26 November 2017)," kata Benget Silitonga , Rabu (22/11).
Dikatakannya, para Paslon perseorangan harus menyerahkan jumlah minimal persyaratan dukungan sejumlah 765.048 pemilih. Dukungan tersebut berupa salinan foto copy KTP elektronik atau surat keterangan (Suker) dari Disdukcapil.
Lanjutnya, jumlah dukungan tersebut harus tersebar minimal di 17 dari 33 kabupaten/kota se-Sumatera Utara.
 "Selanjutnya berkas dukungan Paslon perseorangan ini akan diverifikasi secara administrasi untuk menganalisis dukungan ganda. Verifikasi administrasi ini dimulai 22 November sampai 5 Desember," tambahnya. Setelah jumlah dan administrasinya terpenuhi, maka berkas dukungan akan diturunkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk diverifikasi secara faktual. Verifikasi secara faktual dilakukan untuk memastikan keabsahan dukungan yang diserahkan. KPU Sosialisasi Paslon Perseorangan Pilgubsu 2018 Dalam Pilgubsu kali ini, ada satu perbedaan yang cukup mendasar dalam penyerahan berkas persyaratan Paslon perseorangan, yakni aplikasi Sistem Informasi pencalonan (Silon). Tim Paslon perseorangan diwajibkan menginput data dukungan ke Silon. Silon akan mendeteksi otomatis kegandaan internal maupun kegandaan eksternal. Kegandaan internal adalah satu orang mendukung lebih dari satu kali pada satu Paslon dan Silon akan otomatis menghitung satu dukungan. Sementara kegandaan eksternal adalah satu orang memberikan dukungan pada lebih dari satu Paslon.
"Apabila ditemukan kegandaan ini, diverifikasi secara faktual kepada pendukung yang bersangkutan kemana dukungannya," tuturnya.
Ia menegaskan, tahapan 22-26 November ini adalah tahapan penyerahan persyaratan dukungan Paslon perseorangan dan bukan pendaftaran. Setelah penyerahan ini, akan ada rekapitulasi berjenjang hingga tingkat provinsi.
 "Kemudian akan ada perbaikan atas kekurangan syarat dukungan. Setelah Paslon perseorangan dinyatakan memenuhi syarat, maka Paslon perseorangan bisa mendaftar bersama dengan Paslon yang diusung partai politik pada 8-10 Januari 2018 mendatang," tandasnya.(am)

Post a Comment