Home » » Bupati Deli Serdang Tabur Benih Padi Jarwo Super di Desa Cinta Damai Percut Sei Tuan

Bupati Deli Serdang Tabur Benih Padi Jarwo Super di Desa Cinta Damai Percut Sei Tuan

Written By Faktaonlline.net on Thursday, November 2, 2017 | Thursday, November 02, 2017



Percut Sei Tuan I Faktaonline.net - Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Percut Sei Tuan diawali di Desa Cinta Damai dengan menabur benih Jajar Legowo (Jargo) super tanda dimulainya musim tanam dirangkai dengan penyerahan berbagai bantuan alat pertanian kepada Kelompok Tani, menyaksikan pengoperasian Hend traktor Roda dua yang dimodifmikasi memiliki tempat duduk selanjutnya meninjau pengoperasian kilang padi / Vertikal drayer kelompok Tani Lestari Tanjung rejo serta penyerahan berbagai alat pertanian Selasa (31/10)
Bupati H Ashari Tambunan menyampaikan,bahwa, Kabupaten Deli Serdang merupakan lumbung pangan/ swasembada beras dan disebut sebagai sentra produksi beras di Provinsi Sumatera Utara,dengan produksi beras sebesar 307.858 ton, melebihi kebutuhan beras kita sebesar 264.216 ton,disamping itu, produktifitas persawahan sebesar 59.59 kwintal per hektar melampaui rata-rata produktifitas nasional dan tertinggi di Sumatera Utara. Inilah alasannya mengapa sektor pertanian menjadi salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Deli Serdang, karena sektor ini memiliki peluang dan potensi yang cukup besar, kendatipun demikian kita masih terus berupaya meningkatkan produksi pertanian kita dengan cara memanfaatkan teknologi baru yang dikenal dengan nama “Jajar Legowo Super”, Ini adalah implementasi terpadu teknologi budidaya padi dengan lima komponen teknologi, yaitu cara bertanam padi dengan jarak tanam 2:1 atau 4:1, penggunaan varietas unggulan baru inpari 30 atau inpari 32, penggunaan bio decomposer, penggunaan pupuk hayati dan penggunaan mekanisasi pertanian dengan menggunakan alat mesin pertanian yaitu menggunakan traktor untuk pengolahan tanah, menggunakan rice transplanter untuk penanaman, serta menggunakan combine harvester pada saat panen. Pada tahun 2016 dan 2017, pemerintah telah memberikan bantuan kepada para petani khususnya yang ada di Kecamatan Percut Sei Tuan berupa 1 unit combine harvester besar (alat panen), 2 unit combine harvester sedang, 2 unit combine harvester kecil, 1 unit traktor roda 4, 15 unit hand tracktor, 2 unit pompa air dan khusus untuk Desa Cinta Damai berupa 1 unit combine harvester besar, 1 unit combine harvester kecil, serta 3 unit hand traktor. Hal ini dilakukan karena Kecamatan Percut Sei Tuan ini memiliki luas lahan persawahan 5.361 ha dengan produksi padi sebesar 65.776 ton dan berhasil melakukan tanam padi 3 kali setahun (ip3) seluas 2.600 ha. tentunya hal ini sangatlah menggembirakan, karena para petani di tempat ini telah berhasil melaksanakan pola tanam IP3 dan berharap hal ini menjadi ikutan dan kedepannya seluruh petani khususnya di desa Cinta Damai ini, dapat melaksanakan pola ip3 tersebut, ini sangat dimungkinkan karena air irigasi kita memang tersedia dengan cukup baik.
Bupati berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dan dipergunakan dengan sebaik – baiknya dan Pemkab Deli Serdang akan terus mendukung dengan memfasilitasinya.
Adapun bantuan yang diberikan berupa berupa 1 unit pompa air, benih padi varietas inpari 32 sebanyak 1.250 kg, agrimeth sebanyak 500 bungkus, bio decomposer sebanyak 200 bungkus, bio protektor sebanyak 90 botol dan induk bebek petelur sebanyak 540 ekor untuk 6 KK.
Tokoh Masyarakat Jaresman Sitanggang yang juga anggota DPRD Deli Serdang menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah yang telah banyak memberi perhatian kepada masyarakat tani sehingga kesejahteraan mereka mulai meningkat.
Dikatakannya bahwa seluruh petani telah bertekad untuk mempertahankan lahan subur ini tidak beralih fungsi meskipun sudah dikelilngi pekotaan.
Demikian juga Testimoni yang disampaikan Wan Khairi Nasri anggota PKH ( Program Keluarga Harapan ) warga masyarakat Desa Durian Kecamatan Pantai labu mengatakan mereka bersama 28 PKH lainnya sudah berhasil mengembangkan ternak bebek petelur sebanyak 50 ekor/PKH bantuan dari Pemerintah sehingga menunjang penghasilan tambahan mencapai Rp 25.ribu hingga Rp 30 ribu perhari.
Pada Kunjungan Kerja sehari Bupati ini turut didampingi Kepala Dinas Pertanian Ir. H. Syamsul Bahri MMA,Kadis PU Ir Donald PL Tobing,Dinas Perukim Khoirum Rizal ST, Kadis Ketahanan Pangan Ir. Hj.Syarifah Alwiyah,MMA, Kadis Koperasi H. Ahmad Tarmiji, SH, Kadis Perindag M Tahir Siagian, SE, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mahruzar SH, Dinas Kominfo Drs. Haris Binar Ginting, Camat Percut Sei Tuan H Timur Tumanggor MSi berserta muspika, Tokoh Masyarakat , Kepala Desa J Josevina Tambunan. (DS01)

Post a Comment