Home » » JELANG PILGUBSU 2018 SAT LINMAS KABUPATEN NIAS DILANTIK

JELANG PILGUBSU 2018 SAT LINMAS KABUPATEN NIAS DILANTIK

Written By Faktaonlline.net on Monday, December 4, 2017 | Monday, December 04, 2017

SAT LINMAS - Salah seorang calon anggota Sat-Linmas, berfoto sesaat sebelum acara pelantikan Sat-Linmas Kabupaten Nias, di aula Kantor Camat Sogaeadu.Selasa,(28/11/2017).

Nias I Faktaonline.net - Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat-Linmas) adalah perpanjangan tangan dalam menunjang program Pemerintah Daerah di bidang keamanan, ketentraman dan ketertiban, penanggunglangan bencana, kegiatan sosial, penyelenggaraan Pemilu serta membentu upaya pertahanan Negara.
Hal itu disampaikan Bupati Nias Drs. Sokhiatulo laoli, MM pada pelaksanaan pelantikan anggota Sat-Linmas se-Kabupaten Nias Tahun 2017 khususnya di Rayon satu meliputi : Kecamatan Gido, Kecamatan Sogaeadu, Kecamatan Ma’u dan Kecamatan Somolo-molo, diaula Kecamatan Sogaeadu,Selasa,(28/11). Bupati Sokhiatulo berharap kepada anggota Sat-Linmas yang baru dilantik untuk meningkatkan kesiap-siagaan di desa agar dapat tercipta situasi yang kondusif serta terwujudnya rasa aman dan ketenteraman di tengah-tengah masyarakat, terutama dalam menghadapa pesta demokrasi penyelenggaraan Pemilu Gubernur Sumatera Utara pada tahun 2018 mendatang.
 “Saya himbau kepada saudara-saudara anggota Sat-Linmas se-Kabupaten Nias, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai peraturan dan ketentuan serta bekerjasama dengan aparat perangkat desa dan sesama anggota Linmas” pesan Sokhiatulo.
Sebelumnya ketua panitia Nasochi Gulo, SE melaporkan pada perekrutan Sat-Linmas tahun 2017 ini, menemui beberapa kendala yakni rendahnya antusias serta kurangnya rasa memiliki oleh masyarakat di tingkat desa dalam mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan untuk menjadi anggota Sat-Linmas. Hal ini dapat dilihat pada proses perekrutan syarat pendidikan minimal yang sudah ditentukan oleh panitia, beberapa diantaranya yang mengajukan lamaran belum memiliki pendidikan formal, dan bahkan belum tamat Sekolah Dasar (SD). Kemudian berkas administrasi tidak lengkap tanpa lampiran berkas-berkas yang sudah ditentukan. Ketua panitia melaporkan khusus di Rayon satu berkas lamaran yang sudah diterima sebanyak 158 berkas, namun 48 berkas tidak dapat mengikuti pelantikan dikarenakan tidak memenuhi persayaratan. Mengingat tugas-tugas anggota Sat-Linmas yang begitu kompleks serta merupakan Garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Serta filosofi keberadaab anggota Sat-Linmas dari desa oleh desa dan untuk desa.
 “Untuk itu kiranya Pemerintahan desa dapat mendukung pengadaan perlengkapan dan peralatan operasional anggota Sat-Linmas melalui Anggaran Dana Desa (ADD)” Harap Nasochi.
Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia Sat-Linmas Kabupaten Nias, perlu dilakukan pelatihan agar dapat profesional dalam mengemban tugas pokok serta fungsi utama yang dimilikinya.
“Biaya pelatihan ini kiranya dapat dianggarkan melaui APBD Kabupaten Nias pada anggaran SKPD Satuan Polisi Pamong Praja Tahun Anggaran 2018”Kata Nasochi. 
Nasochi berharap kepada seluruh anggota Sat-Linmas Kabpaten Nia yang baru dilantik agar dapat memahami tugas dan tanggungjawab dalam melaksnakan tugas serta mampu meningkatkan kapasitasnya agar lebih berkualitas dalam memberikan pelayanan yang cepat dan tepat di tengah-tengah masyarakat. “Selalu bangga dan menjunjung tinggi kehormatan Sat-Linmas sebagai bentuk pangabdian kepada Bangsa dan Negara dalam melaksanakan tugas, senantiasa mengutamakan sentuhan humanis yaitu : Salam. Sapa dan Senyum atau “3S”. Untuk menunjukan bahwa anggota Sat-Linmas adalah pribadi yang ramah yang mampu memberikan ketulusan pelayanan kepada masyarakat dengan ikhlas dan tanpa pamrih”harapnya.(laoli)

Post a Comment