Home » » KPU Sumut Gelar Rapat Pengelolaan PAW

KPU Sumut Gelar Rapat Pengelolaan PAW

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, December 12, 2017 | Tuesday, December 12, 2017


Medan I Faktaonline.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan rapat dalam rangka pengelolaan dokumen pergantian antar waktu anggota DPRD provinsi dan KPU kabupaten/kota yang ada di Sumut,
Rapat ini digelar guna memahami mekanis-mekanisme yang digunakan dalam proses PAW dan menyamakan persepsi antara KPU kabupaten/kota dengan KPU Sumut.
Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Sumut Mulia Banurea di aula KPU Sumut dalam kata sambutannya pada Jumat, 8 Desember 2017. Ada tiga hal yang menyebabkan terjadinya PAW, anggota dewan yang meninggal dunia, mengundurkan diri dari keanggotaan legislatif, dan diberhentikan sebagai anggota legislatif. Dalam hal ini KPU memiliki otoritas untuk mengusulkan nama-nama baru kepada pimpinan dewan dan proses penerbitan surat keputusan di Kemeterian Dalam Negeri (Kemendagri).
Komisoner KPU Sumut Benget Manahan Silitonga mengatakan tahun ini ada perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang mengatur tentang mekanisme PAW. PKPU baru lebih rinci jika dibandingkan dengan PKPU yang baru.
 “Perincian ini dilakukan supaya proses PAW bisa berjalan lebih baik,” ujarnya. Dirincikan oleh Benget, hingga saat ini ada 16 PAW yang terjadi di Sumut pada periode 2014-2019. Sebanyak 5 orang mengundurkan diri, 2 orang diberhentikan, 3 orang meninggal dunia, dan 6 orang yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan untuk kabupaten/kota, ada sebanyak 46 PAW,18 orang mengundurkan diri, 4 orang diberhentikan, 14 orang yang meninggal dunia, dan 10 orang yang tidak memenuhi syarat.(am)

Post a Comment