Home » » MENKUMHAM RI Yasonna Laoly Hadiri Hari Jadi Kabupaten Nias Ke 147

MENKUMHAM RI Yasonna Laoly Hadiri Hari Jadi Kabupaten Nias Ke 147

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, December 6, 2017 | Wednesday, December 06, 2017

PUKUL GONG - Menteri Hukum dan HAM RI,Dr. Yasonna H Laoly, SH, M.Sc memukul gong pada perayaan hari jadi Kabupaten Nias yang ke-147.yang diseleranggakan di Kecamatan Gido Kabupaten Nias,Senin (4/12/2017)

Nias I Faktaonline.net - Puncak perayan hari jadi Kabupaten Nias yang pertama kali dirayakan ,dihadiri Menteri Hukum dan HAM RI,Yasonna Laoli, di Kota Kabupaten Nias Kecamatan Gido, Senin (4/12). Rombongan Menkumham, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili dr. Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes (Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumut), dari kementerian Pariwisata RI disambut Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM,Wakil Bupati Arosikhi Waruwu, SH, MH, Sekda Kabupaten Nias Drs. F Yanus Larosa, MAP,seluruh kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, para ASN, dan ribuan masyarakat Nias yang datang merayakan hari jadi Kabupaten Nias ini.
"Atas nama Pemerintah Kabupaten Nias dan segenap Masyarakat Nias, saya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada rombongan Kemenkumham RI atas kehadirannya pada perayaan hari jadi Kabupaten Nias yang ke 147" Ucap Sokhiatulo saat menyampaikan sambutannya.
Disampaikannya, bahwa sejarah telah mencatat 147 tahun yang lalu, tepatnya 4 Desember 1870 J.F.A de ROOIJ sebagai kontroler pertama diwilayah Kepulauan Nias dengan LUITENANT DER CHINEZEN bernama SO GHIE, peristiwa menjadi tonggak sejarah berdirinya pemerintahan di Kepulauan Nias yang dikenal Kabupaten Nias dan menjadi cikal bakal terbentuknya 4 Kabupaten dan 1 Kota di Kepulauan Nias. Penelusuran terhadap hari jadi Kabupaten Nias telah di mulai beberapa tahun yang lalu melalui beberapa kajian, baik kajian secara akademik dan analisa secara sejarah budaya dan sejarah Pemerintahan di Nias, bebernya. Tindak lanjut dari hal itu melalui pembahasan antara panitia khusus DPRD Kabupaten Nias serta pembinaan dan klarifikasi dari Gubernur Sumatera Utara, menetapkan hari jadi Kabupaten Nias yaitu pada hari Minggu tanggal 4 Desember 1870, sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Nias nomor 2 tahun 2017 tentang hari jadi Kabupaten Nias, maka pada hari ini tepat tanggal 4 Desember 2017 kita merayakan hari jadi Kabupaten Nias yang pertama kalinya dalam sejarah, Ujar Sokhiatulo. “Penyelenggaraan peringatan hari jadi Kabupaten Nias ke 147 tahun 2017 ini dirangkaikan dengan pelaksaan Festifal Pesona Bahari Nias 2017 yang telah dimulai sejak tanggal 1 Desember sampai dengan 3 Desember 2017 di kawasan Soziona yaitu Pantai Bozihona dan Pantai Tagaule dan diakhiri acara puncak yang kita laksanakan pada hari ini”, Kata Sokhiatulo.
Lebih lanjut disampaikan, kawasan Soziona ini merupakan kawasan ekonomi cepat tumbuh disisi Timur Pulau Nias yang membentang sepanjang 48 KM, kawasan ini menawarkan potensi pariwisata dan potensi kelautan yang menjadi sumber daya yang dapat kita manfaatkan bersama untuk kemajuan Kabupaten Nias. Sementara itu Menteri Hukum dan HAM, Dr. Yasonna H Laoly, SH, M.Sc dalam arahan dan bimbingannya mengatakan 147 tahun yang lalu merupakan satu perjalanan yang amat panjang. Sekarang ini Kepulauan Nias sudah memiliki 4 Kabupaten dan satu Kota. Namun kita masyarakat Nias masih memimpikan Kepulauan Nias menjadi sebuah Provinsi, dan untuk mewujudkan cita-cita ini harus didukung kerja keras dari seluruh elemen masyarakat Nias.
“saya mengajak seluruh masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat Nias, dan seluruh kepala daerah di Kepulauan Nias ini agar terus bekerja keras tidak patah semangat bersatu padu membulatkan tekad serta meninggalkan ego agar cita-cita yang besar ini dapat terwujud”ujar Yasonna.
Dia menjelaskan bahwa Pemerintahan yang sekarang ini masih fokus membangun infrastruktur serta adanya moratorium antara Pemerintah dan DPR RI untuk sementara pemekaran tidak dilakukan. Untuk itu dia mengajak agar masyarakat Nias jangan menyerah, karena pihaknya juga masih terus melakukan upaya-upaya dalam meyakinkan Pemerintah untuk memberi kesempatan membuka moratorium.
Acara perayaan Kabupaten Nias ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Dr. Yasonna H Laoly, SH, M.Sc, penandatanganan prasasti hari jadi Kabupaten Nias oleh Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM, pelepasan balon, dan pemotongan kue ulang tahun.
Turut hadir pada acara ini : Anggota DPR RI Marinus Gea, Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, M Si, Tokoh Masyarakat Nias Mayjend (Purn) TNI Cristian Zebua, Tokoh adat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, unsur forkopimda dan undangan lainnya.(A.Laoly)

Post a Comment