Home » » Prof Dr H A Ya’kub Matondang, MA : UMA, Tetap Berorientasi Pada Peningkatan Mutu

Prof Dr H A Ya’kub Matondang, MA : UMA, Tetap Berorientasi Pada Peningkatan Mutu

Written By Faktaonlline.net on Rabu, 27 Desember 2017 | Rabu, Desember 27, 2017


Medan I Faktaonline.net - Rektor Universitas Medan Area (UMA) Prof Dr H A Ya’kub Matondang, MA menegaskan UMA sebagai lembaga pendidikan tinggi telah melaksanakan fungsinya dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi selama 34 tahun.
“ Sebagai perguruan tinggi, usia 34 tahun adalah usia yang cukup dewasa dalam menjalankan fungsinya. Dalam rentang waktu tiga dasawarsa, UMA semakin meningkatkan peran pengabdiannya di dunia pendidikan tinggi. Pengembangan UMA ke depan, tetap berorientasi pada pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing serta penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik,”tegas Prof Dr H A Ya’kub Matondang, MA, di saat memberikan kata sambutan di acara wisuda para alumni UMA, di kampus UMA, Medan Estate, Sabtu (23/12/2017).
H A Ya’kub Matondang, MA, menjelaskan saat ini UMA telah memiliki lima guru besar yaitu Prof Ir Zulkarnain Lubis, MS, PhD, Prof Dr Ir H Ahmad Rafiqi Tantawi, MS, Prof Dr Ir Hj Retna Astuti Kuswardhani, MS, Prof Dr Dadan Ramdan, MSc, Meng dan Prof Dr Ir Hj Yusniar Lubis, MMA.
Dalam rangka peningkatan mutu SDM, di 2017 ini ada dua dosen UMA yang berhasil menyelesaikan program Doktor (S3) yakni Dr Isnaini, SH, Mhum dan Dr Taufik Siregar, SH, Mhum.Sebayak 24 dosen UMA kini sedang melanjutkan pendidikan doktor di dalam dan luar negeri.
Wisuda sarjana dan pasca sarjana UMA, priode II 2017 berjumlah diikuti 560 wisudawan.Terdiri dari lulusan strata satu (S1) berjumlah 411 orang dan berasal dari tujuh Fakultas yaitu Teknik, Pertanian, Ekonomi, Ilmu Sosial Politik, Psikologi dan Biologi.
Untuk strata dua (S2) berjumlah 149 orang dan berasal dari program studi Magister Administrasi Publik, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Hukum dan Magister Psikologi.
Ya’kub Matondang mengatakan pendidikan pada dasarnya adalah usaha untuk mencerdaskan dan menjadikan alumni insan yang kompetitif serta relevan bagi kebutuhan masyarakat global. Selama mengikuti perkuliahan di UMA, para wisudawan telah dibekali dengan kompetensi utama yang terdiri tiga komponen yaitu keilmuan, kepribadian dan kewirausahaan.
Acara wisuda UMA di warnai dengan berbagi kegiatan. Salah satu kegiatan di sela-sela acara wisuda yakni Expo Wirausaha Mahasiswa 2017 UMA. Expo tersebut mendapat respon dari kalangan civitas akademika, masyarakat luas dan para undangan yang hadir di acara wisuda.(fajaruddin batubara)

Posting Komentar