Home » » Unit Reskrim Polsek Sunggal Berhasil Ringkus 3 Pelaku Pembobol Toko Ponsel

Unit Reskrim Polsek Sunggal Berhasil Ringkus 3 Pelaku Pembobol Toko Ponsel

Written By Faktaonlline.net on Jumat, 22 Desember 2017 | Jumat, Desember 22, 2017


Medan I Faktaonline.net - Petugas Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Sunggal berhasil meringkus 3 orang pelaku pembobol Rumah Toko (ruko) pedagang toko ponsel Andi di Jalan TB Simatupang, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (20/12).
Setelah ditangkap,pelaku mengaku sudah 7 kali beraksi diberbagai daerah di Kota Medan,saat penangkapan,ketiga orang pelaku terpaksa ditembak petugas karena melakukan perlawanan.
Tiga pelaku yang ditembak adalah Aiman Yusmizar alias Gabus (27), Candra Gunawan alias Encol (27) dan Ilham Syahputra alias Kodok (27).
Selain menangkap pelaku, petugas juga berhasil menangkap penadahnya, yaitu M Afri Yansyah (23), Roga Sudewa Ginting (34) dan Irwansyah (37).
 “Ketiga pelaku kita diberi tindakan tegas terukur dengan menembak kakinya, karena saat ditangkap melakukan perlawanan,” sebut Kapolrestabes Medan, Kombes Dadang Hartanto didampingi Kapolsek Sunggal, Kompol Wira Prayatna, Rabu (20/12/2017).
Dadang menjelaskan, penangkapan pelaku berawal dari laporan korban Andi,dimana korban mengaku toko ponsel miliknya telah di bobol dan korban kehilangan sekira 200 unit HP.
Setelah menerima pengaduan korban, petugas pun melakukan penyelidikan dan menangkap penadahnya,dari pengakuan penadah barang curian tersebut,berasal dari tiga tersangka.
 “Petugas kemudian melakukan pengembangan dan menangkap pelaku Aiman Yusmizar alias Gabus, Candra Gunawan alias Encol (27) dan Ilham Syahputra alias Kodok (27),”,ujarnya.
Dari pelaku dan penadah kita menyita 1 buah obeng, 1 unit sepeda motor Yamaha Mio Soul BK 3425 ADG, 1 unit sepeda motor Mio BK 4008 AAV, belasan Hp berbagai merk, TV kompor gas dan lainnya. “Dari hasil interogasi pelaku masuk melalui rumah kosong yang berada persis disamping toko ponsel milik korban. Pelaku lalu masuk melalui ventilasi udara yang berada di lantai 3 toko tersebut,” ucapnya.
Dadang mengatakan, dua dari tiga pelaku merupakan resedivis dalam kasus perampokan. “Pelaku Aiman Yusmizar alias Gabus dan Chandra Gunawan Harahap merupakan resedivis yang pernah mendekam di Lapas Tanjung Gusta, Medan,” tambahnya.
 Saat ini pelaku dan penadahnya masih dalam pemeriksaan petugas.”Pelaku kita jerat dengan Pasal 363 ayat (2) KUHPidana dengan ancaman 9 tahun penjara. Untuk penadahnya kita jerat dengan Pasal 480 KUHPidana,” pungkasnya. (Kadri)

Posting Komentar