Home » » Wakil Bupati Nias Buka Festival Pesona Bahari Nias Tahun 2017

Wakil Bupati Nias Buka Festival Pesona Bahari Nias Tahun 2017

Written By Faktaonlline.net on Monday, December 4, 2017 | Monday, December 04, 2017

PHOTO BERSAMA  - Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, Kapolres Nias AKBP. Erwin Horja H Sinaga, dan unsur Forkopimda lainnya, foto bersama di Pantai Tagaule, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias. usai pembukaan Festival Pesona Bahari Nias 2017 dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Nias yang ke-147 tahun 2017,Jum'at (1/12/2017).

Nias I Faktaonline.net - Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Nias yang ke-147 tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Nias menggelar Festival Pesona Bahari Nias 2017, serta mendatangkan artis dangdut ibu kota Seruni bahar.
Acara pembukaan festival ini secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH didampingi unsur Fokopimda, dipantai Tagaule-Onolimbu Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias. (Jumat, 1/12).
Wakil Bupati Nias dalam arahannya menyampaikan acara dan kegiatan Festival Pesona Bahari Nias 2017 ini merupakan terobosan perdana dalam mempromosikan serta memperkenalkan objek wisata unggulan Kabupaten Nias dikawasan Bahari Soziona.
 “Untuk itu wajib kita apresiasi dalam mendukung program/kegiatan pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nias dikawasan ini”Ujar Wakil Bupati.
Wabup menjelaskan bahwa sesuai Perda Kabupaten Nias Nomor 2 tahun 2017 tentang hari jadi Kabupaten Nias yang jatuh pada tanggal 4 Desember 1870.
 “Penetapan hari jadi Kabupaten Nias ini telah melalui proses yang panjang melalui tahapan pembentukan tim pelaksana, tim kajian dilanjutkan dengan forum publikasi, pembentukan pansus hingga penetapan bersama melalui sidang DPRD Kabupaten Nias.
 “Peringatan hari jadi Kabupaten Nias 4 Desember 2017 ini merupakan peringatan perdana sejak Kabupaten Nias lahir di bumi Indonesia”, Kata Wabup menambahkan.
Dia mengakui bahwa pembangunan kepariwisataan di wilayah Kepulauan Nias khususnya di wilayah Kabupaten Nias masih relatif tertinggal dibanding Kabupaten/Kota diwilayah Provinsi Sumatera Utara. “Kondisi ini kita harapkan menjadi motivasi sekaligus menginspirasi Pemerintah Daerah dan segenap elemen masyarakat Kepulauan Nias, baik yang berada di Kepulauan Nias maupun yang berada di perantauan, untuk terus melaksanakan event kepariwisataan guna memajukan pariwisata dan kebudayaan, demi terwujudnya masyarakat Kepulauan Nias yang Maju, Mandiri, Berdaya Saing dan Sejahtera” harapnya.
Menurut Wabup dalam mengembangkan kepariwisataan di wilayah Kabupaten, Pemerintah Daerah Kabupaten Nias telah merencanakan satu program unggulan dan strategis pengembangan kawasan ekonomi cepat tumbuh yakni pengelolaan, pemanfaatan dan pengembangan kawasan bahari pantai Somi-Bozohona-Onolimbu/Tagaule-Nalawo atau lebih dikenal dengan sebutan “SOZIONA”. Kawasan ini menyusuri pantai timur Kabupaten Nias sepanjang 48 Km.
Kadis Pariwisata Kabupaten Nias Drs. Kharisman Halawa kepada Faktaonline.net menjelaskan,Festival Pesona Bahari Nias 2017 ini akan diisi berbagai perlombaan dan dilaksanakan di dua tempat, yakni,untuk pertandingan Volly Pantai dilaksnakan di Pantai Bozihona, sementara lomba Lari Pantai, lomba Burung berkicau, perlombaan layang-layang berornamen Nias, dayung perahu tradisional Nias, lomba kuliner berbahan siput, serta lomba vocal grup Nias Pulau Impian digelar di Pantai Tagaule Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias.
Lebih lanjut, Halawa juga menjelaskan untuk setiap jenis perlombaan, selain mendapatkan Tropi para peserta lomba akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, namun nominalnya tidak disebutkan.
“Kita akan berikan Tropi dan uang pembinaan, nominalnya saya tidak ingat, yang penting untuk semua peserta lomba pasti dapat”Pungkasnya.
Menurut Kadis, pantai Tagaule ini memiliki keindahan yang unik dan sangat bagus untuk para wisatawan khususnya bagi penggemar wisata bahari.
“Pantainya luas dengan pemandangan alam yang bagus didepannya ada 4 buah pulau kecil, yakni pulau Onolimbu. Kedepan kita akan fokus mengembangkan kawasan ini, untuk menjadi salah satu destinasiwisata terbaik di Kepulauan Nias, maupun tingkat Nasional”Kata Halawa.
Sementara itu Yulius Zai, selaku ketua umum panitia pelaksanaan hari jadi kabupaten Nias yang ke-147 tahun 2017, mengatakan selain Festival Pesona Bahari Nias 2017, pada acara puncak penutupan di Kota Kabupaten Nias yakni Kecamatan Gido pada hari Senin Tanggal 4 Desember 2017, akan dilaksanakan Festifal Lagu Tano Niha, upacara, kemudian sore harinya, masyarakat akan dihibur oleh Artis dangdut Ibu Kota Seruni Bahar. Yulius Zai yang juga Kadis BPMDes Kabupaten Nias ini, menjelaskan kedatangan artis ibu kota ini merupakan dukungan dari Kementerian Pariwisata RI dalam mendukung promosi destinasi Wisata yang ada di Kepulauan Nias, khususnya di wilayah Kabupaten Nias.
“Karena mereka yang menyodorkan tentu pembiayaan kedatangan artis ini ditanggung oleh Kementerian Pariwisata RI, “Bebernya. (adi laoli)


Post a Comment