Home » » Zainuddin Mars Buka Gebyar PBB Expo 2017

Zainuddin Mars Buka Gebyar PBB Expo 2017

Written By Faktaonlline.net on Friday, December 15, 2017 | Friday, December 15, 2017

PBB EXPO 2017 - Wabup H Zainuddin Mars meninjau kesiapan petugas pelayanan PBB usai membuka Gebyar PBB Expo 2017 di Kompleks MMTC Medan Estate, Kecamatan Percut Seituan, Jum'at (15/12/2017)

Percut Sei Tuan I Faktaonline.net - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang melalui Badan Pendapatan Daerah menggelar Gebyar PBB Expo Tahun 2017 di Kompleks MMTC Desa Medan Estate Kecamatan Percut Seituan, Jum’at (15/12).
Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars itu dihadiri Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab.Deliserdang Drs Raslan Sitompul, Asisten III Administrasi Umum H Jentralim Purba,SH, Kasat Pol PP Drs Suryadi Aritonang,MSi, Kadis Perindag M Tahir Siagian, para Camat bersama Kepala UPT Badan Pendapatan daerah dan wajib pajak. Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Deliserdang Drs Raslan Sitompul melalui Kabid PBB Andriza selaku panitia dalam laporannya menjelaskan Gebyar PBB Expo Tahun 2017 dengan thema “ Apresiasi, edukasi dan entertainment dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retrbusi Daerah, Perda Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak daerah, Peraturan Bupati Deliserdang Nomor 508 Tahuin 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan PBB Perdesaan dan Perkotaan serta Peraturan Bupati Deliserdang Nomor 514 Tahun 2017 tentang Pemberian pengurangan pokok piutang dan penghapusan sanksi administrasi piutang PBB Perdesaan dan Perkotaan Kabupaten Deliserdang. Dikatakannya, gebyar PBB Expo ini dilaksanakan bertujuan memberikan penghargaan kepada wajib pajak potensial dan tepat waktu sebagai upaya dalam penyelesaian tunggakan piutang PBB Pedesaan dan Perkotaan melalui program kebijakan keringanan pokok dan penghapusan sanksi administrasi piutang PBB P2 sehingga masyarakat sebagai wajib pajak dapat melunasinya.
 "Ini merupakan kegiatan pertama kali dilakukan oleh Pemkab Deliserdang sejak PBB P2 dilimpahkan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratamata Lubukpakam Tahun 2012"jelas Andriza seraya menambahkan kegiatan akan berlangsung sampai 16 Desember 2017. Terkait kebijakan sanksi administrasi pihaknya memberikan keringanan kepada wajib pajak berupa pengurangan yang bervariasi masing-masing tahun 1994-2008 diberikan pengurangan 75 persen, untuk tahun 1994-2008, 60 persen untuk tahun 2009-2010, 40 persen untuk tahun 2011-2012 dan khusus untuk penghapusan denda diberikan dari tahun 1994 s/d 2017. Melalui kesempatan itu, ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan momentum untuk segera melunasi piutang pajak yang belum dilunasi sehingga dengan demikian PAD dari sektor ini akan lebih meningkat dalam upaya menunjang pembangunan Kabupaten Deliserdang.
Sementara itu, Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars menyambut baik dan apresiasi kepada jajaran Badan Pendapatan daerah Kabupaten Deliserdang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.
Menurut Wabup, kegiatan ini memiliki manfaat cukup besar dan kontribusi dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Deliserdang. Dikatakan, sejak PBB dilimpahkan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Lubukpakam Pemkab Deliserdang terus berupaya mencari solusi bagi pelunasan semua tunggakan yang terjadi sejak tahun 1994 dengan beberapa keringanan yang diberikan kepada wajib pajak. Wabup menjelaskan, APBD Deliserdang tahun 2018 mencapai Rp.3,7 triliun yang merupakan angka terbesar di Propinsi Sumatera Utara yang didalamnya terdapat PAD diproyeksikan sekitar Rp 650 miliar. Menurut Wabup, angka ini tidak cukup untuk sebuah Kabupaten Deliserdang yang memiliki potensi luar biasa.
"Kabupaten Delisedang harus mampu meningkatkan PAD dari kondisi yang ada menjadi lebih besar lagi yakni sebesar Rp. 1 triliun untuk menyahuti berbagai tuntutan kebutuhan yang dihadapi. Semua ini bisa tercapai bila kita memiliki tekad yang sama untuk memiliki kepedulian dalam membangun Kabupaten Deliserdang ini salah satunya melalui kesadaran masyarakat dalam membayar kewajibannya yakni PBB" tegas Wabup. ( DS 01)

Post a Comment