Home » » Zainudin Mars Hadiri Pelantikan Pengurus Parsadaan Masyarakat Tabagsel Deliserdang Priode 2015-2020

Zainudin Mars Hadiri Pelantikan Pengurus Parsadaan Masyarakat Tabagsel Deliserdang Priode 2015-2020

Written By Faktaonlline.net on Minggu, 28 Januari 2018 | Minggu, Januari 28, 2018

Wabup Deliserdang H.Zainuddin Mars memberi ucapan selamat kepada HM.Ali Yusuf Siregar yang dilantik sebagai ketua PM.Tabagsel Deli Serdang Periode 2015 - 2020 di lapangan reformasi Bandar Klippa Minggu (28/1/2018)

Percut Sei Tuan I Faktaonline.net - Pengurus Parsadaan Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (PM Tabagsel) Kabupaten Deliserdang priode 2015-2020 dilantik oleh H.Tongku Mustafa Kamal Harahap selaku Natobang Na Toras pemangku adat masyarakat Tapsel yang dituakan, Minggu (28/1) di Lapangan Reformasi Bandar Klippa Kec.Percut Seituan.
Pelantikan pengurus PM Tabagsel Deliserdang yang dihadiri Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars selaku Dewan Penasehat PM Tabagsel Deliserdang, Wakil Ketua TP PKK Deliserdang Hj Asdiana Zainuddin, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan diwakili Kepala Dinas Pemuda olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Deliserdang H Faisal Arif Nasution, tokoh adat, ini juga dirangkai dengan pelantikan pengurus cabang PM Tabagsel kecamatan masing-masing Percut Seituan, Batangkuis, Galang dan Kecamatan Beringin priode 2018-2023.
Bupati Deliserdang dalam sambutan tertulis disampaikan H Faisal Arif Nasution antara lain mengatakan kita cukup beruntung Kabupaten Deliserdang memiliki beragam aneka budaya yang tentu untuk memelihara serta mempertahankannya dibutuhkan peran dari seluruh lapaisan masyarakat. Selain itu, Indonesia juga merupakan Negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan dan keanekaragaman budaya, ras, bahasa daerah, suku bangsa, agama dan kepercayaan.
Lebih lanjut dikatakannya, membentuk lembaga atau wadah perkumpulan adalah merupakan upaya kita untuk memperkaya dan memperluas wawasan tentang apa arti kebersamaan sehingga merangsang nilai-nilai kehidupan masyarakat untuk bersemi dan berkembang bersama dalam taman bunga masyarakat yang sedang membangun. Seperti perkumpulan etnis lain,
Bupati berharap agar kepengurusan PM Tabagsel mempunyai kontribusi untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan dengan semangat kebersamaan dan tidak mengeksklusifkan diri sebagai wadah yang terbatas kepada asyarakat Tabagsel semata akan tetapi harus terbuka kepada setiap anggota masyarakat sehingga tidak terkesan primordial dan menjadi wadah yang dapat mengayomi siapa saja.
”Harus direnungkan bahwa membentuk perkumpulan bukan hanya demi kepentingan perkumpulan agar diperlakukan istimewa sehingga keberadaan wadah Tabagsel ini memberi warna tersendiri dan dirasakan manfaatnya ditengah-tengah masyarakat”pesan Bupati.
Sementara itu, Ketua PM Tabagsel Deliserdang priode 2015-2020 Drs HMA Yusuf Siregar,MAP, menyampaikan bahwa masyarakat Tapanuli Bagian Selatan yang menganut kekerabatan dalihan natolu, suhut, anak boru dan mora selalu mengedepankan Tappal Marsipagodangan, Udut marsipaginjangan (selalu menanamkan rasa kebersamaan dan tutur sapa sesuai adat dan tradisi yang kita anut secara turun temurun). Dikatakannya, pengurus baru PM Tabagsel Deliserdang yang baru ini merupakan keterwakilan dari Tapsel, Madina, Padangsidimpuan, Palas dan Paluta yang dipilih secara selektif. Mengingat beratnya tantangan yang sedang dan akan dihadapi oleh PM Tabagsel diantaranya menjalin kebersamaan untuk eksisnya jalinan silaturahmi maka dibutuhkan personil yang kuat dan tangguh dilandasi spirit mengabdi kepada organisasi sebagaimana yang menjadi tujuan bersama sebab PM Tabagsel ini adalah organisasi kemasyarakatan. “Pengurus tidak memiliki gaji tetapi sebaliknya dituntut tanggungjawab dan loyalitas tinggi oleh organisasi dan siap mengorbankan waktu, tenaga fikiran untuk menjalankan sekaligus membesarkan roda organisasi kita ini”tegas Yusuf Siregar.
Ketua panitia pelantikan pengurus PM Tabagsel Deliserdang Ir Hasan Basri Harahap dalam laporannya menjelaskan pelantikan pengurus PM Tabagsel ini berdasarkan hasil rapat pengurus yang digelar pada tanggal 18 November 2017 di Lubuk Pakam yang tujuannya melaksanakan program sebagaimana yang diamanatkan dalan Anggaran dasar/Anggaran Rumah Tangga organisasi yakni melestarikan adat budaya Tabagsel.
Ditambahkannya, dalam pelantikan pengurus PM Tabagsel Deliserdang dirangkai dengan pelantikan pengurus PM Tabagsel Kecamatan priode 2018-2023 masing-masing Percut Seituan, Batangkuis, Galang dan Kecamatan Beringin juga diberikan santunan kepada anak yatim.
Susunan pengurus PM Tabagsel Deliserdang priode 2015-2020 yang dilantik itu masing-masing Ketua Umum : Drs HM Ali Yusuf Siregar, Wakil Ketua Umum : Marasutan Siregar, Zul Rasyad Harahap, H Gustur Husin Siregar, H Barita Siregar, Ridwan Said Siregar, M Hanawi Nasution dan Ir Hasan Basri Harahap. Sekretaris Umum : Jahar Effendi Rambe, Wakil Sekretaris : Indrawansyah Putra Harahap, Ahmad Turmuji Tanjung, Burhan Hasibuan, Muharram Daulay, Bahriman Siregar, Dedi Affandi Hasibuan, Harles Harahap, Khairul Saleh Siregar, M Juhum Siregar, Iskandar Sahyuti Siregar. Bendahara Umum : Siti Eslin Harahap, Wakil Bendahara H.Hanafi Nasution, Ir.Linda Lubis dan Abdul Muin Nasution dan dilengkapi bidang-bidang lainnya. (DS 01)

Posting Komentar