Home » » Dengan Membaca Dapat Menambah Ilmu Dan Wawasan

Dengan Membaca Dapat Menambah Ilmu Dan Wawasan

Written By Faktaonlline.net on Friday, March 30, 2018 | Friday, March 30, 2018


Lamunng Utara I Faktaonline.net - Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Lampung Utara ,H. Efrizl Arsyad, SH., menghadiri Safari gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2018, dengan tema “Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilsasi Pengetahuan Dalam Rangka Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat”, di Aula Pertanian Kabupaten Lampung Utara. Kamis (29/03/2018).
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lampung Utara, Mahendra, SH.,MM., melaporkan tujuan dilaksakannya Safari membaca ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan umum dan kecerdasan masyarakat, sebagai media penerangan terhadap perkembangan masyarakat, menumbuhka sikap kritis serta sebagai media penyampaian gagasan baru yang berguna untuk meningkatkan perkembangan masyarakat.
Mahendra juga menjelaskan, peserta safari gemar membaca terdiri dari masyarakat umum, Guru/Kepala sekolah, penggiat perpusatakaan, pengelola berbagai jenis perpustakaan, para siswa, Karang Taruna, Tokoh Pemuda dan OPD terkait.
Sambutan Plt Bupati Lampung Utara yang disampaikan oleh Asisten III menjelaskan,dengan safari membaca tentu dapat menambah ilmu dan wawasan yang dapat dijadikan sebagai salah satu modal dalam membangun bangsa dan Negara ini.
"Membaca adalah jantung pendidikan dan merupakan pintu menuju gerbang ilmu pengetahuan, karena membaca bisa menjadikan hal yang tidak dimengerti menjadi dapat dimengerti. Dan siapapun yang ingin maju dalam berbagai kesempatan harus memulai membiasaka diri dengan gemar membaca. " katanya.
“Mari kita membangun dan menumbuhkembangkan budaya Gemar Membaca sebagai solusi terbaik dalam mencegah terjadinya perilaku dan perhaulan yang tidak baik.” lanjut  Asisten III.
Sementara,Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI, Deni Kurniadi, M.H,dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupate Lampung Utara yang telah bersedia menjadi tuan rumah pada kegiatan Safari Gemar membaca pada Tahun ini.
Diungkapkannya, saat ini minat baca masyarakat masih rendah, tetapi melihat kondisi di lapangan, apabila tersedia perpustakaan keliling dapat membangkitkan semangat antusias masyarakat untuk membaca,
 “Itu menandakan sebenarnya minat baca masyarakat sebenarnya ada, tetapi hanya keterbatasan sarana dan prasarana saja.” Katanya.
Ditambahkannya, setiap Kabupaten harus menyediakan perpustakaan baik perpustakaan keliling maupun perpustakaan disetiap sekolah bahkan akan memberi dana alokasi kepada Provinsi, kabupaten/Kota demi dapat meningkatkan minat baca masyarakat.
 “Keinginan dan semangat untuk menggerakkan masyarakat gemar membaca sudah menajdi tekad kita bersama Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota.” ujarnya. Diakhir acara, penyerahan Cinderamata oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI diberikan kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lampung Utara dan penyerahan bantuan berupa 1 unit mobil perpustakaan dan buku. Dilanjutkan dengan Talkshow yang dibawakan oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI dan Angota DPR RI dan Penulis Buku “Tuk-Tuk Bing”
Turut menghadiri acara gemar membaca tersebut, Anggota DPR RI, Ir. Dwita Ria Gunadi, Anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara, Kepala Perpustakaan Nasional RI diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI, Deni Kurniadi, M.H., Penulis Buku “Tuk-Tuk Bing”, Trie Eka Fitri, S.E., peserta Talkshow Safari Gemar Membaca. (ril/Syah99)

Post a Comment