Home » » Herdensi Adnin : DPS Kota Medan 1.513.835 di Pilgubsu 2018

Herdensi Adnin : DPS Kota Medan 1.513.835 di Pilgubsu 2018

Written By Faktaonlline.net on Jumat, 16 Maret 2018 | Jumat, Maret 16, 2018


Medan Faktaonline.net - Berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktahiran dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kota Medan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2018, DPS Kota Medan sebesar 1.513.835 orang. dengan perincian untuk pemilih laki-laki sebanyak 744.360 dan pemilih perempuan 769.475 orang.
"Jadi memang ada pengurangan jumlah pemilih tetap pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota pada tahun 2015 lalu yang jumlahnya sebanyak 1,9 juta pemilih ." kata Ketua KPU Medan Herdensi Adnin (poto) kepada wartawan usai menggelar rapat pleno terbuka yang digelar di LJ Hotel Jalan Perintis Kemerdekaan Medan Jumat (16/3).
Dikatakannya, pada pelaksanaan Pilgubsu, terdapat 3.024 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada 151 kelurahan dan 21 Kecamatan di kota Medan.
"Nantinya TPS ini akan diumumkan setelah tanggal 24 Maret 2018, makanya KPU mengharapkan adanya masukan dari masyarakat terhadap TPS yang telah ditetapkan ini." katanya
Bagi masyarakat kota Medan yang belum terdaftar di DPS,agar membawa identitas diri berupa kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) di kantor kelurahan tempat domisili masyarakat setempat, agar dapat didaftar DPS.
Disebutkan, untuk pemilih non kartu tanda penduduk eletronik di kota Medan jumlahnya mencapai 26. 073 dengan perincian pemilih laki 13.203 dan pemilih perempuan 12.870. sejauh ini pihaknya (KPU-Medan) sudah melakukan koordinasi dengan dinas pendudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) kota Medan. kalau ada perbedaan akan dilakukan sikronisasi, begitu juga dengan penghuni lapas dan rutan untuk mendatangi langsung kesana untuk mendata kembali.
Disinggung mengenai jumlah pemilih baru di kota Medan, Herdensi mengungkapkan, untuk pemilih baru ini terbagi atas dua yakni pemilih pemula dan, pemilih yang belum tercatat di AKWK dan dicatatkan di formulir AKWK, 156.857, dan yang tidak memenuhi syarat (TMS) jumlahnya ada sebanyak, 641.238 orang.
Adapun yang dinyatakan tidak memenuhi syarat adalah, mereka yang telah meninggal dunia, sudah pindah alamat, belum menikah, double domisili, pemilih tidak dikenal, bukan lagi warga kota medan dan lain-lain
Berdasarkan pantauan, acara rapat pleno terbuka terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktahiran dan penetapan daftar pemilih sementara tingkat kota Medan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018, dihadiri anggota komisioner KPU Medan, Pandapotan Tamba, Yenni Chairiah Rambe, Agussyah Ramadhani Damanik dan Edy Suhartono serta Sekretaris KPU Medan Nirwan SE,juga tampak hadir Walikota Medan diwakili Kepala Dinas Disdukcapil OK Zulfi, Kesbangpol Medan, mewakili Kapolrestabes Medan, Ketua Panwas Kota Medan Henry Sitinjak, dan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) . (amd)

Posting Komentar