Home » » Abdul Fikri Faqih : Kembangkan Pariwisata, Aksesibilitas Harus Diperhatikan

Abdul Fikri Faqih : Kembangkan Pariwisata, Aksesibilitas Harus Diperhatikan

Written By Faktaonlline.net on Thursday, April 12, 2018 | Thursday, April 12, 2018


Faktaonline.net - Wakil Ketua Komisi X DPR RI,Abdul Fikri Faqih, mendorong agar aksesibilitas untuk pengembanagan pariwisata terus dibangun.
 “Aksesibilitas adalah salah satu kunci dalam pengembangan wisata, bagaimana agar orang mudah untuk menuju ke suatu obyek ataupun atraksi wisata tertentu,” katanya dalam Bimbingan Teknis Promosi Pengembangan Pasar Australia, New Zealand, dan Oceania, Kamis (12/04) di Brebes.
Fikri mengatakan, hendaknya Dinas Pariwisata setempat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar memperhatikan ketersediaan infrastruktur yang mampu menjadikan akses kepada atraksi wisata semakin mudah.
 “Terlebih tidak lama lagi Bandara Kertajati yang letaknya sekitar 85 km dari pintu tol Pejagan akan beroperasi,” lanjut anggota legislatif yang terpilih dari Dapil Jawa Tengah IX ini.
Ia berharap, masalah konektivitas ini bisa menjadi perhatian sehingga pengembangan pariwisata ini dapat dilakukan secara maksimal dan sektor ini dapat terus berkontribusi pada ekonomi. Tercatat, dalam beberapa kurun waktu terakhir, kontribusi pariwisata terhadap perolehan devisa negara semakin meningkat dan menjadi nomor dua setelah perolehan devisa dari kelapa sawit pada tahun 2016 lalu.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Amin Budi Raharjo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes mengatakan, pariwisata di daerahnya kini mulai bergeliat.
Menurutnya, saat ini daerah di pesisir utara Pulau Jawa itu sudah cukup layak untuk dipromosikan mengingat daerahnya memiliki potensi khususnya dalam hal sumber daya alam (SDA) dan didukung kelembagaan yang cukup solid.
“Karenanya, kami menjadikan pariwisata ini sebagai sektor unggulan, bersama dengan UMKM dan pertanian,” paparnya.
Dalam kesempatan tersebut, selain Abdul Fikri dan Amin Budi Raharjo, hadir pula Tati Apriyani dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah serta Titik Lestari, Kabid Pemasaran IV Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. (r/red).

Post a Comment