Home » » BB POM Lampung Temukan 27 Produk Makanan Kaleng Mengandung Cacing

BB POM Lampung Temukan 27 Produk Makanan Kaleng Mengandung Cacing

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, April 4, 2018 | Wednesday, April 04, 2018


Lampung Faktaonline,net - Terkait dengan beredarnya makanan kaleng yang mengandung cacing dipasaran, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) Lampung, Syamsuliani mengatakan, pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) kepada distributor dan retail-retail, dengan menggandeng stakeholder, baik dari Dinas Kesehatan, Ketahanan Pangan, dan Disperindag.
Dikatakannya, dalam sidak yang dilakukan, BB POM Provinsi Lampung menemukan 27 produk makanan kaleng yang mengandung cacing, dari berbagai merek, baik produk luar negeri maupun dalam negeri, Senin (02/04/2018)
 "BBPOM telah melakukan respon cepat, dan kami telah menyita 27 produk makanan kaleng yang mengandung cacing," ujarnya
" Untuk itu selain telah melakukan penarikan produk tersebut, pihaknya telah meminta kepada distributor maupun mini market dan swalayan, untuk melarang peredaran berbagai merek makanan kaleng yang diduga mengandung cacing yang dapat membahayakan kesehatan" terang Syamsuliani.
Syamsuliani meminta kepada msyarakat agar tidak panik dalam menanggapi adanya peredaran makanan kaleng yang mengandung cacing tersebut.
" Masyarakat hanya perlu lebih waspada dan teliti dalam membeli makanan siap saji yang ada di warung maupun mini market dan swalayan." tegasnya.
Beberapa cara yang harus dilakukan masyarakat ketika membeli makanan kaleng siap saji adalah dengan memperhatikan tanggal kadaluwarsa, kondisi kaleng dalam keadaan baik, tidak rusak dan berkarat, serta memasak dengan suhu tinggi yang dapat membunuh cacing yang ada pada kemasan jika ada parasit dalam makanan tersebut,paparnya .(PerLam99)

Post a Comment