Home » » Gala Dinner Bersama 33 Rektor PTN , Wagubsu Pastikan Sumut Aman dan Kondusif

Gala Dinner Bersama 33 Rektor PTN , Wagubsu Pastikan Sumut Aman dan Kondusif

Written By Faktaonlline.net on Saturday, May 5, 2018 | Saturday, May 05, 2018


Medan I Faktaonline - net - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung SH MH, menyampaikan, bahwa Sumatera Utara (Sumut) yang berbilang kaum dalam keadaan aman dan kondusif. Itu ditandai banyaknya even nasional di laksanakan di daerah ini. Seperti yang dilaksanakan baru-baru ini, yaitu Paskah Nasional yang pembukaannya di Sigulati Kabupaten Samosir dan penutupannya di Balige Kabupaten Toba Samosir berjalan dengan aman dan lancar. Pada bulan Agustus 2018 nantinya juga akan dilaksanakan kegiatan nasional PWI di Sumut. Juga pada Bulan Oktober 2018 akan dilaksanakan MTQ tingkat nasional di Kota Medan. "Ini menunjukkan bahwa Sumut itu kondusif, aman dan nyaman. Kami meyakinkan kepada bapak/ibu bahwa Sumut, yang pas untuk dikunjungi," ujar Wagubsu.
Hal tersebut disampaikan Wagubsu pada saat menghadiri Gala Dinner bersama peserta Seminar Rapat Tahunan (Semirata) International Conference on Science and Technology (ICST) Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Wilayah Barat Bidang MIPA Tahun 2018 di aula Raja Inal Siregar Lt. 2 Kantor Gubsu,Jum'at (4/5/2018) malam.
Dikesempatan tersebut, Wagubsu juga mengharapkan dengan adanya forum ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran antar perguruan tinggi, untuk mengembangkan kemajuan pengelolaan program studi MIPA, maupun sains dan teknologi Indonesia. Apalagi lanjut Nuhajizah, bidang-bidang MIPA masih perlu perhatian khusus, karena di sini dibutuhkan interaksi komunikasi yang terjalin antar sesama peneliti dari berbagai daerah di Indonesia, yang nantinya menghasilkan ide dan kolaborasi riset yang mampu memecahkan masalah yang dihadapi dalam bidang sains dan pendidikan MIPA.
"Semirata ICST ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan suatu rumusan, keputusan dan rekomendasi terbaik bagi kepentingan internal maupun eksternal, sebagai kontribusi perguruan tinggi kepada bangsa dan negara, khususnya untuk Sumatera Utara,” katanya.
Wagubsu juga mengajak para peserta untuk meluangkan waktu melihat potensi wisata alam yang ada di Sumatera Utara, seperti Danau Toba, Brastagi dan juga menikmati kulinernya. “Kalau saya mengetahui sebelumnya, saya usulkan untuk pelaksanaan kegiatan Semirata ini bukan hanya di Medan. Tempatnya kita buat di Parapat, lebih sejuk, danaunya indah, jadi lebih enjoy. Untuk lain kali lah," ucapnya.
Ketua BKS PTN Wilayah Barat Prof Dr Syafsir Akhlus mengatakan, BKS PTN Wilayah Barat sampai saat ini beranggotakan 32 universitas dan satu perguruan tinggi yang tersebar dari Aceh, seluruh Sumatera dan kepulauannya, Jawa Barat dan sebagian Kalimantan. Dari 33 tersebut, jelasnya, memiliki 10 bidang ilmu, yang terakhir baru saja dibuka bidang ilmu keolahragaan dan juga punya lima forum.
“Malam hari ini kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan dari bidang ilmu MIPA. Dan dari tahun ke tahun kegiatan BKS ini semakin semarak,“ sebutnya, seraya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan seperti ini, menurut Syafsir, sangat baik karena kegiatan Semirata ini juga dirangkaikan dengan ICST.
“ Kegiatan ini yang pertama, diharapkan kedepannya sudah bisa dirancang Semirata ICST yang kedua dan seterusnya, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua dan orang banyak. Karena falsafah kita di BKS PTN Wilayah Barat ini adalah semangat kebersamaan, persaudaraan dan saling mengisi satu sama lain,” kata dia.
Turut Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan Setdaprovsu Jumsadi Damanik, dan Kadispora Provsu Baharuddin Siagian, Ketua BKS PTN Wilayah Barat Bidang MIPA Dr Tengku Muhammad Iqbalsyah MSC, Wakil Rektor III USU Dr Mahyudin, Dekan MIPA USU Dr Krista Sebayang MSi, pemakalah dan ratusan peserta Semirata ICST 2018.(amd)

Post a Comment