Home » » Ratusan Massa Aliansi Umat Islam Minta Bawaslu Sumut Cabut Surat Larangan Kampanye di Tempat Ibadah

Ratusan Massa Aliansi Umat Islam Minta Bawaslu Sumut Cabut Surat Larangan Kampanye di Tempat Ibadah

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, May 22, 2018 | Tuesday, May 22, 2018


Medan I Faktaonline.net - Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ratusan massa bernama Aliansi Umat Islam Sumatera Utara di Kantor Bawaslu Sumut Jalan Adam Malik Senin (21/5) meminta agar Bawaslu mencabut kembali surat bernomor B-1601/K.BAWASLU-Prov.SU/PM.00.01/05/2018 yang melarang paslon Gubenur-wakil Gubernur Sumut melakukan kampanye di tempat ibadah selama bulan Ramadhan yang dianggap mendiskreditkan umat Islam.
Berdasarkan pantauan dilapangan, dengan menggunakan kenderaan roda empat dan roda dua massa mendatangi kantor Bawaslu Sumut jalan Adam Malik Medan.
Dalam orasinya para pengunjuk rasa meminta Bawaslu Sumut agar mencabut surat Nomor B-1601/K.BAWASLU Prov SU/PM.00.01/05/2018 yang dianggap bertentangan dengan pasal 29 UUD 1945 tentang kebebasan menjalankan ajaran agama.
Usai berorasi akhirnya sepuluh perwakilan Aliansi Umat Islam diperkenankan untuk membicarakan tuntutan Aliansi Umat Islam dengan Komisioner Bawaslu Sumut Aulia Andre. Tak lama kemudian perwakilan kembali kerombongan aksi unjukrasa dan menyatakan Bawaslu Sumut belum dapat memutuskan apa yang menadi tuntutan para pengunjukrasa.
" Tadi kita minta surat Bawaslu itu segera dicabut.' ujar Indra Syafii salah seroang pengunjukrasa yang ikut berunding.
Menurut Indra Syafii dalam surat itu juga disebutkan relawan paslon gubenur-wakil gubernur dilarang menyempaikan ucapan selamat menyambut Ramadhan, ucapan selamat Idul Fitri dalam bentuk iklan ditelevsi, , radio dan media cetak. paslon juga dilarang membagikan infaq , sadaqoh , Tentu saja hal ini bukan kewenangan Bawaslu Sumut dan ini jelas melanggar UUD 1945, oleh karena itu Aliansi Umat islam mendesak Bawaslu Sumut agar segera mencabut surat tersebut karena telah menyinggung persaan umat Islam
Sementara itu Komisioner Bawaslu Sumut Aulia Andre mengatakan dalam pertemuan itu belum dapat memastikan apakah surat Bawaslu itu akan dicabut karena pencabutan surat itu harus melalui mekanisme rapat pleno yang dihadiri oleh tiga komisioner Bawalsu Sumut sedangkan dua komisioner lainnya tidak berada ditempat.
" Kalau rapat pleno menyatakan dicabut ya dicabut kalau tidak ya tidak." ujar Aulia Andre

Diminta Mundur 

Dalam beberapa poin tuntutan lainnya, mereka juga meminta agar Komisioner Bawaslu Sumut, Aulia Andre mundur dari Bawaslu Sumut. Alasannya yakni karena Aulia menurut mereka merupakan anak dari Jumiran Abdi selaku Ketua Tim Pemenangan Pasangan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss). Menanggapi tuntutan para pengunjuk rasa Aulia Andre mengatakan mundurnya seorang komisioner Bawaslu itu ada mekanismenya
" Kalau mundur sendiri tidaklah dan tak ada urusanya selama ini orang pun sudah tahu hubungan saya dengan bapak Jumiran Andi .yang penting kita punya integritas." tegas Aula Andre (amd)

Post a Comment