Home » » Penyaluran Logistik Pilgubsu , Tiga Kecamatan di Langkat Sulit Dijangkau

Penyaluran Logistik Pilgubsu , Tiga Kecamatan di Langkat Sulit Dijangkau

Written By Faktaonlline.net on Monday, June 11, 2018 | Monday, June 11, 2018

Hasil gambar untuk gambar kpu langkat

Medan I Faktaonline.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat sudah memetakan tiga kecamatan yang paling sulit dijangkau untuk pendistribusian surat suara. Yakni di Kecamatan Pangkalansusu, Tanjungpura dan Gebang. “Ya, tiga kecamatan tersebut yang sulit terjangkau sampai ke lokasi (tempat pemungutan suara) yakni harus menyebrang laut. Jadi untuk menuju lokasi atau TPS harus naik kapal atau sejenisnya. Untuk antisipasinya petugas kami mendahulukan distribusinya ke tiga kecamatan itu dibanding kecamatan lain,” ujar Ketua KPU Langkat, Agus Arifin didamping Komisioner Adlina Sarah kepada wartawan di kantornya Jl. Kartini, Kabupaten Langkat, Rabu (7/6/2018).
Hal itu diungkapkan Agus Arifin dalam rangka presstour Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Unit KPU Sumut monitoring surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) pada 27 Juni 2018.
Dia menyebutkan, logistik surat suara Pilgubsu sudah sampai dan diterima pihaknya pada 4 Juni sekitar pukul 07.00 WIB. Dimana langsung diarahkan ke gudang penyimpanan di Gedung Serba Guna Manunggal Langkat Berseri. “Nah, mulai 6 sampai 8 Juni kita lakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara,” katanya.
 Adapun jumlah surat suara untuk Kabupaten Langkat sebanyak 693.887 lembar sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Langkat. “Ditambah surat suara cadangan 2,5 persen sehingga kebutuhan kita disini sebanyak 712.148 lembar ditambah 2000 lembar untuk pemilihan suara ulang,” terangnya seraya menyebut untuk pekerja yang melipat surat suara diberi upah Rp150 per lembar. Kesempatan itu turut hadir Komisioner KPU Sumut Iskandar Zulkarnain beserta staf, ikut meninjau gudang penyimpanan surat suara. Dimana kondisinya sudah disegel dan dikunci yang dipegang pihak KPU, Panwaslih dan kepolisian Langkat. “Yang rusak ada cuma kita belum rekap berapa jumlahnya. Disamping surat suara Pilgubsu juga sedang dalam perjalanan surat suara untuk Pilkada Langkat,” imbuh Aslinya Sarah.
Sementara itu, Iskandar Zulkarnain mengharapkan tidak ada kendala dalam hal pendistribusian surat suara Pilgubsu ke seluruh TPS di Kabupaten Langkat. “Insyaallah dalam minggu ini surat suara Pilgubsu sudah tiba di semua kabupaten/kota di Sumut. Dan lebih lanjut kita akan melihat sekaligus distribusi kotak suara ke TPS di Kabupaten Langkat ini,” katanya.
Sedangkan di Kota Binjai, sesuai pengamatan wartawan dan KPU Sumut, terdapat kekurangan sebanyak 600 surat suara Pilgubsu. “Kekurangan surat suara tersebut diketahui setelah dilakukan sortir oleh petugas kami yang akan berlangsung sampai besok,” kata Komisioner KPU Binjai, Zulfan Effendi didampingi Sekretaris Syariful Azmi.
Dijelaskannya, jumlah surat suara untuk KPU Binjai sebanyak 174.997 lembar, dan yang sudah dilipat 174.383 lembar. Sedangkan surat suara yang rusak ada 14 lembar. “Kekurangan surat suara ini sudah kami sampaikan ke KPU Sumut. Kami harap pihak KPU Sumut segera akan menambah kekurangan tersebut,” harapnya.
Sekretaris KPU Binjai, Syariful Azmi menjelaskan pihaknya menerima surat suara pada 4 Juni, selanjutnya dilakukan penyortiran oleh 44 orang yang berlangsung sejak 6-8 Juni. “Setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan, surat suara disimpan di dalam gudang yang kuncinya dipegang oleh tiga pihak, pertama pihak kepolisian, kedua pihak Panwaslu Binjai dan ketiga oleh KPU Binjai,” katanya. Soal keberadaan kotak suara Azmi menegaskan sejauh ini kotak suara yang dipakai terbuat dari alumunium karena kondisinya masih baik dan masih cukup untuk seluruh TPS di Kota Binjai.(amd)

Post a Comment