Home » » KPU Sumut Buka Pendaftaran Caleg Dan DPD RI

KPU Sumut Buka Pendaftaran Caleg Dan DPD RI

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, July 4, 2018 | Wednesday, July 04, 2018


Medan I Faktaonline.net - Calon Anggota Legislatif (Caleg) asal Partai Gerinda Sumut, Subandi AS meminta kepada Kepolisian Sumatera Utara (Poldasu) untuk mempermudah pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan pihak kepolisian Sumut,pasalnya keberadaan SKCK ini merupakan salah satu syarat untuk melengkapi syarat adminitrasi menjadi caleg mendatang. "Rumitnya proses memperoleh SKCK menjadi keluhan sejumlah para caleg yang akan mendaftar di Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten/Kota di Sumut," kata Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut ini kepada wartawan usai menghadiri acara sosialisasi syarat dan ketentuan PKPU nomor 20 tahun 2018 di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan Medan. Rabu (4/7/2018). Dalam hal pengurusan surat SKCK ini, menurut Subandi yang juga sebagai Wakil Ketua Bidang Hubungan DPD Partai Gerindra Sumut, berharap untuk pengurusan caleg propvinsi dilakukan di Mapoldasu, sementara itu caleg kabupaten/kota mengurus masing-masing di Polres setempat. "Ini biar efesien dan tidak memakan waktu yang panjang dalam pengurusan surat SKCK tersebut." tuturnya.
Ditempat terpisah Ketua DPD Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan, tidak mempersoalkan pengurusan SKCK, yang di keluarkan Poldasu, karena saya sendiri yang mengurus surat SKCK tersebut tanpa menggunakan jasa orang lain untuk mengurusnya. "Saya sendiri mengurus SKCK sesuai prosedur mulai dari surat rekomendasi dari Polres untuk selanjutnya dibawa ke Poldasu, urusaan pengurusan SKCK itupun tidak rumit," sebutnya.
Dirinya, heran mengapa caleg lain mempersoalkan masalah rumitnya pengurusan surat SKCK itu. sebutnya seraya menambahkan kemungkinan caleg lain belum mempersiapkan sejak jauh hari sebelum dibukanya pendaftaran caleg.
Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang Caleg PAN yang enggan disebutkan namanya kepada wartawan,mengatakan, dirinya mendukung sistem pengurusan SKCK di Poldasu dan dalam pengurusan tersebut caleg yang bersangkutan yang harus mengurusnya. "Nantinya bila terpilih sebagai anggota legislatif tentunya sebagai pelayan masyarakat, bukan untuk dilayani oleh masyarakat."ujarnya
Selain dihadiri, utusan Partai Politik (Parpol), acara tersebut juga diikuti calon anggota DPD RI utusan Sumatera Utara. sebagai narasumber acara itu tersebut, diisi oleh utusan Poldasu, Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga, staf KPU Sumut Maruli Pasaribu dan Harry Dharma Putra.
Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari KPU Sumut, untuk pendaftaran calon legislatif (Caleg) Propinsi Sumatera Utara dan Calon Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Utusan Sumatera Utara Priode 2019-2024 Pendaftarannya dibuka dalam dua kelompok, yakni untuk pendaftaran Caleg Provinsi pendaftaran mulai dibuka tanggal 4 s/d 17 Juli 2018, dimulai pukul 08.00 WIB s/d 16.00.WIB dan pada hari terakhir pendaftaran ditutup pukul 24.00 WIB. .
Sementara itu, untuk pendaftaran DPD RI utusan Sumatera Utara, dibuka mulai tanggal 9 s/d 11 Juli 2018. di Kantor KPU Sumut (amd)

Post a Comment