Home » » Atap Sekolah Ambruk, Disdik Lampung Utara Hanya Bergantung Pada Bantuan Pusat

Atap Sekolah Ambruk, Disdik Lampung Utara Hanya Bergantung Pada Bantuan Pusat

Written By Faktaonlline.net on Friday, September 7, 2018 | Friday, September 07, 2018


Lampung Utara I Faktaonline.net - Dinas Pendidika (Disdik) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) tampaknya tidak dapat berbuat banyak atas pristiwa ambruknya atap Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Kelibalangan, kecamatan Abung Selatan. Akibat dari pristiwa tersebut, aktivitas belajar mengajar di SD yang memiliki 131 murid tersebut terganggu.
Kepala Seksi (Kasie) SD Disdik setempat, Dian Ratna Hapsari mengatakan, untuk melakukan perbaikan atau rehap gedung SD yang diperkirakan dibuat pada tahun 2011 yang lalu, pihaknya hanya mengandalkan bantuan pemerintah pusat (Bantah) baik dalam bentuk DAK maupun blogreen, Karena menurut dia, tahun 2018 ini APBD tidak dialokasikan. Pihak sekolah melalui dinas pada tahun 2017 yang lalu telah mengusulka ke kementerian untuk mendapatkan bantah dan DAK khusus SD 4 Kalibalangan, Namun hingga kini belum membuahkan hasil. " Akhir 2017 kita ajukan agar mendapat bantah atau DAK. Akan tetapi nama SD 4 Kalibalangan tidak masuk dalam SK penerima bantuan," terangnya saat meninjau di lokasi, Jum'at (7/9/2018).
Di tahun 2018, lanjut dia, kembali diusulkan hingga akhir Agustus ini kejadian ambruknya atap gedung SD terjadi belum juga mendapatkan kepastian dari pusat. " Kita berupaya dengan koordinasi dan melaporkan kejadian ini disertai bukti dan foto-foto ke kementerian. Kita berharap tahun 2019 bisa disetujui usulan SD 4 ini karena ini telah memenuhi syarat yakni rusak berat," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SD setempat, Tarini,.S. Pd.sangat berharap agar sekolah yang dipimpinnya itu segera dapat diperbaiki agar aktivitas pendidikan dapat berjalan normal sebagaimana biasanya. " Saya berharap sesegera mungkin mendapatkan bantuan rehab, Dari tahun 2017 diusulkan bahkan telah dilakukan survei tapi hingga kini belum ada kabar, Semoga saja segera bisa mendapatkan bantuan, Sementara kegiatan ngajar mengajar kami bagi dua sip yakni sip pagi dan siang," harap Tarini.

Di tempat yang sama, Seketaris Camat (Sekcam) Abung Selatan Habibie, menyatakan selaku unsur pemerintahan di tingkat kecamatan sudah sepatutnya turut andil dalam melakukan upaya solusi atas kejadian ambruknya atap gedung sekolahan yang mengganggu aktivitas ngajar mengajar di SD 4 Kalibakangan. " Bupati mendapat info ini merasa kaget dan langsung mengunjungi lokasi. Dia meminta untuk dicarikan solusi secepat dan semaksimal mungkin agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan baik. Saya tadi bersama Kasie SD, Kepsek sudah mendapatkan rumah warga sekitar yang bisa dipakai sementara untuk kegiatan belajar. Meski sememtara juga anak sekolah dibagi menjadi sip pagi dan siang. Kemudian juga pihak sekolah akan segera melakukan musyawarah dengan wali murid untuk membahas permasalahan ini juga. Yang pasti kita juga minta pihak sekolah agar memasang plang atau pengumuman agar siswa ataupun lainnya tidak mendekati bangunan sebagai bentuk antisipasi ketika terjadi yang tidak kita harapkan," ujarnya. Senada yang disampaikan Sekcam. Kepala Desa (Kades) Kalibalangan, Husein yang juga ikut meninjau lokasi mengatakan, pihaknya di tahun 2017 yang lalu telah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah prihal usulan bantuan tehab gedung yang kondisinya rusak berat. " Tadi pak Bupati memerintahkan kita segera dicarikan solusi cepat agat kegiatan ngajar mengajar bisa maksimal," terangnya (syah99)

Post a Comment