Home » » Diikuti Mahasiswa UISU ,KPU Medan Gelar Kursus Kepemiluan Gelombang III Tahun 2018

Diikuti Mahasiswa UISU ,KPU Medan Gelar Kursus Kepemiluan Gelombang III Tahun 2018

Written By Faktaonlline.net on Monday, October 15, 2018 | Monday, October 15, 2018


Medan I Faktaonline.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan kembali menggelar kursus kepemiluan gelombang ke-3 tahun 2018. yang berlangsung di Aula RPP Lantai II KPU Kota Medan Jalan Kejaksanan Nomor 37 Medan, Senin (15/10/2018).
Kursus kepemiluan gelombang ketiga ini, Dibuka Ketua KPU Medan Agussyah Damanik dengan menghadirkan narasumber Dosen FISIP USU Adil Arifin Sos dan dihadiri Kabag Teknis Karnomen Purba dan staf serta pagawai Se-lingkungan KPU Medan.
Komisioner KPU Medan Devisi Partisipasi Masyarakat (Parmas), Edy Suhartono, mengungkapkan, kursus gelombang ke-3 kepemiluan ini, menghadirkan peserta empat perguruan tinggi (PT) Kota Medan. Keempat PT tersebut, yakni, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Dhamawangsa dan Universitas Pancabudi. "Sayangnya, dari empat (PT) tersebut, hanya UISU saja yang mengirimkan mahasiswanya untuk berpartisipasi guna mengikuti kegiatan tersebut,"kata Edy Suhartono
Edy menambahkan, selain mahasiswa, kursus kepemiluan ini juga diikuti oleh kelompok marginal, kelompok masyarakat dan lain-lain. "Dari lima gelombang kursus kepemiluan yang di selenggarakan KPU Medan, kita menargetkan sebanyak 100 orang stekeholder yang nantinya bisa menjadi penyelenggara pemilu mulai di KPPS dan TPS."ujarnya.
Disebutkannya, kursus kepemiluan bagi stekeholder dilaksamakan, sebagai momentum penting menyangkut konsep dasar kepemiluan, dalam kerangka tahapan pemilu tahun 2018 ini,
Sementara itu, Ketua KPU Medan Agussyah Damanik, memberikan apresiasi kepada peserta yang mengikuti kursus kepemiluan tahun 2018, dengan menghadirkan peserta dari kalangan perguruan tinggi (PT) Kota Medan. "Saya berharap, dengan mengikuti kursus kepemiluan mahasiswa/i UISU mendapatkan pengalaman berharga tentang kepemiluan dan terpenting bisa jadi penyelenggara pemilu 2019 mendatang di domisilinya masing-masing."ungkap Aguussya Damanik yang juga alumni UISU .
Pada kesempatan itu, Agussyah, mengimbau agar mahasiswa selalu intens berkomunikasi dengan KPU Kota Medan apabila ingin bertanya soal kepemiluan tersebut. Kita selalu Wellcame, apabila ada yang ingin dipertanyakan terutama soal kepemiluan,"tuturnya.
Dosen Fisip USU Adil Arifin Sos, menjelaskan, pemberian kursus pelatihan bagi stekeholder dinilai sangat positif, pasalnya dengan pendidikan politik dapat meningkatkan partisipasi warga negara yang semakin kuat sehingga dapat peningkatan partisipasi pemilih. "Lemahnya pertisipasi pemilih, karena kurangnya diikut sertakan stekeholder didalam pendidikan politik," bebernya.(amd)

Post a Comment