Home » » KPU Sumut Gelar Cek DPT Pemilu 2019 Kabupaten/Kota

KPU Sumut Gelar Cek DPT Pemilu 2019 Kabupaten/Kota

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, October 17, 2018 | Wednesday, October 17, 2018


Medan I Faktaonline.net - Ketua KPU Sumut Yulhasni SS, MSi. membuka secara resmi kegiatan Cek Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu 2019 mendatang,secara serentak di Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara yang di Pusatkan di Halaman Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan No 35 Medan, Rabu (17/10/2018).
Acara turut dihadiri, Perwakilan Poldasu, Polrestabes Medan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumut, mewakili Kadis Dukcapil Kota Medan, Katua Bawaslu Sumut, Komisioner KPU Medan, Panwaslu Kota Medan,Utusan Partai Politik (Parpol), Calon Anggota DPD RI Utusan Sumut, Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-kota Medan.
Usai acara pembukaan, Komisioner KPU Sumut melakukan kunjungan ke beberapa kelurahan di Kota Medan sebagai contoh (sampel) yakni Kelurahan Sidodadi Kecamatan Medan Timur, Kelurahan Durian Kecamatan Medan Timur, dan Kelurahan Perintis Medan Timur.
Komisioner KPU Sumut Divisi Bidang Data, Herdensi Adnin bersama Kadis kependudukan dan catatat sipil Sumut M Ismail Sinaga melakukan kunjungan ke Kelurahan Sidodadi yang diterima langsung Sekretaris Kelurahan (Seklur) Surya S Harahap.
Setelah selesai memantau penempatan pengumuman DPT pemilih , rombongan meninggalkan kelurahan tersebut kembali ke kantor KPU.
Hardensi Adnin mengatakan, kegiatan cek DPT pemilih berdasarkan surat edaran (SE) dari KPU RI tentang nama-nama pemilih apakah sudah terdaftar di DPT yang dapat dilihat di kelurahan masing-masing,
" Jika namanya belum terdaftar untuk segera mendaftarkannya ke posko pendaftaran pemilih di kantor kelurahan domisili masing-masing.Posko dibuka mulai tanggal 17 s/d 28 Oktober 2018, cek DPT pemilih dapat diperpanjang hingga 6 Nopember 2018. "katanya.
Kadisdukcapil Sumut, M Ismail Sinaga mengatakan, pihak kelurahan diimbau untuk menempatkan pengumuman DPT di ketahui khalayak masyarakat dan harus ditempatkan pada tempat yang strategis sehingga dapat terlihat. "Pengumuman daftar DPT pemilih jangan tempatkan pada rungan tertutup yang pada akhirnya tidak terakses masyarakat,"tuturnya.
Ketua PPK Kecamatan Medan Timur, mengatakan, DPT pemilh pada pemilu 2019 di Kelurahan Sidodadi kecamatan Medan Timur,berjumlah 5128, sedangkan pemilih disabilitas satu orang, namun telah keluar dari kelurahan Sidodadi. "Pada Pilgubsu 2018, tercatat 20 pemilih ganda, untuk pemilu 2019, pemilih ganda tersebut telah diperbaiki,"katanya.(amd)

Post a Comment