Home » » Cegah Wabah DBD , Puskesmas Tanjung Rejo Lakukan Fogging

Cegah Wabah DBD , Puskesmas Tanjung Rejo Lakukan Fogging

Written By Faktaonlline.net on Thursday, November 29, 2018 | Thursday, November 29, 2018


Percut Seituan - Mengantisipasi merebaknya wabah Demam Berdarah (DBD) di Dusun XI Desa Percut yang telah mengambil korban nyawa seorang ibu rumah tangga, Masitah (31) dan anaknya Maulana (12) juga terindikasi DBD (masih tertolong), anggota DPRD DS H Rahmadsyah SH bersama Puskesmas Tanjung Rejo langsung melakukan tanggap darurat kelokasi. Walaupun sang ibu (Masitah) tidak sempat tertolong lagi namun berkat kesigapan dan keuletan anggota DPRD Deliserdang. Rahmadsyah bersama Puskesmas Tanjung Rejo melalui Kapustu Percut Syahril Amk, putranya (Maulana), berhasil tertolong yang sampai saat ini masih dalam perawatan medis Pustu Percut disalah satu klinik terdekat dilokasi tersebut. Bukan itu saja, kepiawaian anggota dewan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersama Puskesmas Tanjung Rejo itu pun langsung mengambil tindakan cepat melakukan foging di Dusun XI sampai Dusun XIII, dibantu kader kader dari keluarga besar PKB Percut, Rabu (28/11), sehingga wabah DBD tidak sampai menyebar. Anggota dewan H Rahmadsyah disela sela foging mengatakan, pengasapan DBD oleh Puskesmas Tanjung Rejo tidak hanya sebatas foging saja, kita juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat supaya menjaga lingkungan rumahnya agar tetap bersih termasuk selokan saluran pembuangan air. Juga mengeringkan wadah tempat penampung air agar tidak tergenang, terutama kesadaran masyarakat supaya membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak lagi menimbulkan sarang nyamuk baru tempat bertelurnya jentik jentik nyamuk Aides Agepsi.

Pada kesempatan itu politisi PKB ini menghaturkan terimakasih kepada Bupati Deli Serdang bapak H Ashari Tambunan beserta Kadis Kesehatan Deli Serdang yang kemarin melalui fraksi PKB sudah menyikapi permohonan masyarakat dan mengijinkan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Tanjung Rejo melakukan pengasapan DBD. Selain itu, lanjutnya, juga mengatakan rasa terimakasihnya kepada KaUPT Puskesmas Tanjung Rejo dr.H.Budi Afrian Mkes dan Kapustu Desa Percut Syahril Amk yang mewakili Puskesmas Tanjung Rejo dalam kegiatan foging ini. Ucapan terimakasih juga ditujukan kepada seluruh kader PKB yang turut membantu terlaksannya foging tersebut.

Dilokasi, dari pagi tampak Kapustu Desa Percut Syahril AMK memberikan komando kepada dua petugas foging Subandi dan Ramlan menuju tempat yang akan disemprot asap, selain  Rahmadsyah juga tampak beberapa kepala dusun dan Ketua BPD Percut M Haqi bersama seratusan masa kader PKB yang turut membantu pengasapan itu.

Kepala Puskesmas Tanjung Rejo dr H Budi Afrian Mkes melalui Kapustu Desa Percut Syahril AMK yang akrap disapa pak Ying mengatakan, kita hanya menjalankan program tugas dari dinas kesehatan Deli Serdang guna mengantisipasi dan menetralisir menyebarnya wabah DBD didaerah Percut. Ini juga sebagai menindaklanjuti adanya warga yang positif kena DBD dengan hasil lep nya. Jadi pihak dinkes Deli Serdang melalui Puskesmas Tanjung Rejo memberikan foging untuk daerah setempat dan diharapkan kepada masyarakat agar bergotong royong, karena foging ini hanya untuk memutus mata rantai saja. “Dengan bergotong royong itulah untuk membasmi nyamuk demam berdarah sehingga tidak menyebar ke dusun dusun lainnya”, ungkap Syahril. (bp/ft).

Post a Comment